fbpx

Anjing Berasal dari Serigala – Asal Usul Anjing dan Evolusinya

Anjing Berasal dari Serigala

Dari anjing jenis Peking ke St. Bernard dan anjing bulldog, anjing datang dalam varietas yang berbeda-beda sehingga mudah untuk dilupakan bahwa mereka termasuk spesies yang sama. Banyaknya jenis anjing saat ini – setidaknya 150 – mencerminkan intens, tujuan kawin campur anjing dalam 150 tahun terakhir. Anjing berasal dari serigala, berikut asal-usulnya:

Konsekuensi dari kawin silang untuk membuat ras anjing murni dengan sifat individu yang berbeda

Salah satu konsekuensi dari kawin silang untuk membuat ras murni dengan sifat individu yang berbeda tajam adalah bahwa banyak gen penyebab penyakit telah terkonsentrasi pada keturunan ini. Karena meningkatnya kekhawatiran tentang masalah kesehatan dan ketersediaan metode yang kuat untuk memburu gen, para ilmuwan bekerja keras pada “proyek genom anjing.” Seperti halnya Proyek Genom Manusia, tujuannya adalah untuk menemukan dan memetakan gen taring, khususnya yang berperan dalam penyakit. Gen yang memengaruhi perilaku juga sangat menarik.

Pada saat yang sama, seluruh sejarah anjing dan hubungannya dengan manusia telah mengalami beberapa pemikiran baru-baru ini, sebagian besar berkat metode penanggalan molekuler berteknologi tinggi yang dapat menentukan hubungan evolusi dan kronologi.

Anjing Berasal dari Serigala – Canis familiari dan Canis lupus

Anjing, dari Canis familiaris, adalah keturunan langsung dari serigala abu-abu, Canis lupus: Dengan kata lain, anjing seperti yang kita kenal adalah serigala peliharaan. Tidak hanya perilaku mereka yang berubah; anjing domestik berbeda bentuknya dari serigala, terutama yang lebih kecil dan dengan moncong yang lebih pendek dan gigi yang lebih kecil.

Darwin salah tentang anjing. Dia pikir keragaman mereka yang luar biasa harus mencerminkan perkawinan campuran dengan beberapa jenis anjing liar. Tetapi temuan DNA mengatakan berbeda. Semua anjing modern adalah keturunan serigala, meskipun domestikasi ini mungkin telah terjadi dua kali, menghasilkan kelompok anjing yang diturunkan dari dua leluhur umum yang unik.

Domestikasi anjing (anjing peliharaan)

Bagaimana dan kapan domestikasi ini terjadi telah menjadi masalah spekulasi. Diperkirakan sampai baru-baru ini bahwa anjing liar sampai sekitar 12.000 tahun yang lalu. Tetapi analisis DNA yang diterbitkan pada tahun 1997 menunjukkan tanggal sekitar 130.000 tahun yang lalu untuk transformasi serigala menjadi anjing. Ini berarti bahwa serigala mulai beradaptasi dengan masyarakat manusia jauh sebelum manusia menetap dan mulai mempraktikkan pertanian.

Pengaturan waktu sebelumnya ini menimbulkan keraguan pada mitos yang telah lama ada bahwa manusia memelihara anjing untuk dijadikan penjaga atau sahabat untuk membantu mereka. Sebaliknya, kata beberapa ahli, anjing mungkin telah mengeksploitasi ceruk yang mereka temukan di masyarakat manusia purba dan membuat manusia membawanya keluar dari kedinginan.
 

anjing berasal dari serigala

Serigala Eurasia di Kebun Binatang Kutub di Bardu, Norwegia. Anjing Berasal dari Serigala – Asal Usul Anjing dan Evolusinya. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Smithsonian, Public Broadcasting Service (PBS)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-12-06T16:41:59+07:00 Desember 6th, 2019|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment