fbpx

Kucing Berasal dari Harimau dan Singa – Asal Usul Kucing dan Evolusinya

Kucing Berasal dari Harimau dan Singa

Studi mengungkapkan bahwa kucing berasal dari harimau dan singa.

Kemajuan dalam genetika dan teknologi terkait memungkinkan para ilmuwan untuk menganalisis DNA dan mengurutkan genom (kumpulan gen lengkap) dari beberapa anggota keluarga kucing, termasuk harimau, singa, macan tutul salju, jaguar, macan tutul, kucing liar dan kucing peliharaan. Studi mereka menghasilkan beberapa temuan menarik.

Kucing peliharaan memiliki DNA harimau sebanyak 95,6%.
Sebuah tim ilmuwan internasional telah mengurutkan genom harimau, singa, dan macan tutul salju, dengan tujuan melestarikan kucing. Sebagai perbandingan, manusia berbagi sekitar 99% DNA mereka dengan simpanse, yang menjadikan primata itu kerabat terdekat kita.

Temuan ini menunjukkan bahwa F. s. lybica (alias kucing liar Afrika) adalah leluhur umum dari semua kucing rumah. Kejutan nyata? DNA kucing liar Afrika – yang dikumpulkan dari gurun terpencil di Israel, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi – hampir tidak dapat dibedakan dari DNA kucing peliharaan. Baca juga: Anjing Berasal dari Serigala – Asal Usul Anjing dan Evolusinya
 

Kucing berasal dari harimau

Kucing Berasal dari Harimau dan Singa – Asal Usul Kucing dan Evolusinya. Searah jarum jam dari kiri atas: harimau (Panthera tigris), Kanada lynx (Lynx canadensis), kucing pemancing atau fishing cat (Prionailurus viverrinus), kucing liar Eropa (Felis silvestris), ocelot (Leopardus pardalis), kucing emas Asia (Catopuma temminckii), serval (Leptailurus serval) ) dan cougar (Puma concolor). Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Kapan pertamakali kucing liar dijinakkan?

Menurut sejarawan, kucing liar pertama dijinakkan sekitar 4000 tahun yang lalu oleh orang Mesir kuno. Mereka menggunakan kucing untuk mengendalikan hama dan melindungi makanan mereka, seperti yang mereka lakukan hari ini!

Kucing rumahan yang suka diemong yang sangat kita cintai saat ini sebenarnya adalah keturunan singa dan harimau, yang merupakan penerus karnivora awal yang dikenal sebagai miacid. Dari sini, kucing liar modern berevolusi menjadi tiga spesies utama – kucing liar Eropa, kucing liar Afrika, dan kucing gurun Asia. Ilmuwan hewan percaya tanda-tanda kucing pada kucing domestik menunjukkan garis keturunan kucing liar Afrika.
 

Evolusi kucing

Nenek moyang mirip panther untuk keluarga kucing pertama kali muncul di Asia Tenggara, sekitar 10,8 juta tahun yang lalu. Sebelum menggunakan studi DNA pada kucing, sulit untuk melacak sejarah keluarga Felidae, karena fosil kucing jarang, dan sulit untuk dipisahkan.

Pada tahun 1997, Warren E. Johnson dan Stephen J. O’Brien melakukan analisis DNA dari 37 spesies kucing hidup, yang memungkinkan mereka untuk membagi kucing hari ini menjadi 8 garis keturunan.

Kucing besar (singa, macan tutul, jaguar, harimau) adalah yang pertama kali bercabang, sekitar 6,4 juta tahun yang lalu. Nenek moyang kucing domestik modern adalah yang terakhir muncul, sekitar 3,4 juta tahun yang lalu. Spesies kucing liar kecil pertama kali didomestikasi di negara Timur Tengah sekitar 8.000 hingga 10.000 tahun yang lalu.

Saat permukaan laut naik dan turun, kucing bermigrasi ke benua baru dan mengembangkan spesies baru. Diperkirakan kucing bermigrasi ke Amerika Utara dari Asia melintasi jembatan darat Bering yang menghubungkan Siberia dan Alaska sekitar 9 juta tahun yang lalu. Belakangan, beberapa garis keturunan kucing Amerika kembali ke Asia. Dengan setiap migrasi, kucing berevolusi lebih lanjut dan berubah menjadi berbagai ukuran dan jenis kucing yang terus bertambah. Berdasarkan bukti DNA dan fosil, tim Johnnson-O’Brien mampu menunjukkan serangkaian setidaknya 10 migrasi antarbenua kucing selama 10 juta tahun terakhir, di mana kucing dapat menjajah dunia.

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Wikipedia, IFL Science, National Geographic, CS Monitor, Springer Nature, Labmate Online, Scientific American, Killarney Cat Hospital, New York Times
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-12-07T22:36:55+07:00 Desember 7th, 2019|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment