fbpx

Apakah Astrologi Termasuk Ilmu Sains / Ilmiah?

Apakah Astrologi Termasuk Ilmiah?

Dalam beberapa hal, astrologi mungkin tampak ilmiah. Ini menggunakan pengetahuan ilmiah tentang benda-benda langit, serta alat-alat yang terdengar ilmiah, seperti grafik bintang, galaksi, nebula… Apakah Astrologi Termasuk Ilmiah?

Beberapa orang menggunakan astrologi untuk menghasilkan harapan tentang kejadian masa depan dan kepribadian orang, sama seperti gagasan ilmiah menghasilkan harapan. Dan beberapa mengklaim bahwa astrologi didukung oleh bukti – pengalaman orang-orang yang merasa bahwa astrologi telah berhasil untuk mereka. Tapi bahkan dengan perangkap sains ini, apakah astrologi dapat benar-benar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara ilmiah?

Berfokus pada dunia alami?

Dasar pemikiran Astrologi adalah bahwa benda-benda langit – matahari, bulan, planet dan rasi bintang – memiliki pengaruh atas atau berkorelasi dengan kejadian di bumi.

Bertujuan untuk menjelaskan dunia alam?

Astrologi menggunakan seperangkat aturan tentang posisi relatif dan pergerakan benda-benda langit untuk menghasilkan prediksi dan penjelasan untuk kejadian di Bumi dan ciri kepribadian manusia. Misalnya, beberapa bentuk astrologi memprediksi bahwa seseorang yang lahir tepat setelah ekuinoks musim semi sangat cenderung menjadi pengusaha.


Menggunakan ide yang bisa diuji?

Beberapa harapan yang dihasilkan oleh astrologi sangat umum sehingga setiap hasil dapat ditafsirkan sesuai harapan; Jika diperlakukan dengan cara ini, astrologi tidak dapat diuji. Namun, beberapa telah menggunakan astrologi untuk menghasilkan harapan yang sangat spesifik yang dapat diverifikasi terhadap hasil di alam.

Misalnya, menurut astrologi, tanda zodiak seseorang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menghormati dan memberi wewenang. Karena sifat-sifat ini penting dalam politik, kita dapat berharap bahwa jika astrologi benar-benar menjelaskan kepribadian orang, ilmuwan akan lebih cenderung memiliki tanda zodiak yang oleh para astrolog digambarkan sebagai “menguntungkan” terhadap sains.1 Jika digunakan untuk menghasilkan harapan spesifik seperti ini, astrologi Ide bisa diuji.


Bergantung pada bukti?

Dalam beberapa kasus di mana astrologi telah digunakan untuk menghasilkan harapan yang dapat diuji dan hasilnya diperiksa dalam penelitian yang cermat, bukti tersebut tidak mendukung validitas gagasan astrologi.

Pengalaman ini biasa terjadi dalam sains – ilmuwan sering menguji gagasan yang ternyata salah. Namun, salah satu ciri sains adalah bahwa gagasan dimodifikasi dan bila dijamin oleh bukti. Astrologi tidak mengubah idenya sebagai tanggapan atas bukti yang kontradiktif.


Melibatkan komunitas ilmiah?

Berbagi temuan dan penilaian kritis terhadap hasil orang lain bukanlah bagian integral dari praktik astrologi. Seorang astrolog bisa menjalani seluruh karirnya dan tidak menyajikan temuan di sebuah pertemuan ilmiah atau mempublikasikan satu artikel pun. Ketika para peramal mempublikasikan, artikel ini biasanya tidak ditinjau atau dipublikasikan di tempat di mana mereka akan diteliti secara kritis oleh komunitas ilmiah.


Membawa / memimpin penelitian yang sedang berlangsung?

Studi ilmiah yang melibatkan astrologi telah berhenti setelah mencoba dan gagal untuk menetapkan keabsahan gagasan astrologi. Sejauh ini, tidak ada kasus astrologi terdokumentasi yang berkontribusi terhadap penemuan ilmiah baru.


Peneliti berperilaku ilmiah?

Para ilmuwan tidak menunggu orang lain melakukan penelitian untuk mendukung atau bertentangan dengan gagasan yang mereka ajukan. Sebagai gantinya, mereka berusaha untuk menguji gagasan mereka, mencoba mengemukakan argumen balik dan hipotesis alternatif, dan akhirnya, melepaskan gagasan saat dibenarkan oleh bukti.

Astrolog, di sisi lain, tampaknya tidak menguji secara ketat gagasan astrologi yang mereka terima. Seperti tercermin dari minimnya tingkat penelitian di lapangan, mereka jarang mencoba untuk menguji argumen mereka dengan cara yang adil. Selain itu, komunitas astrologi sebagian besar mengabaikan bukti yang bertentangan dengan gagasannya.


Sekarang Terserah Anda. Apakah Astrologi Termasuk Ilmiah Atau Sains?

Astrologi bukanlah cara yang sangat ilmiah untuk menjawab pertanyaan. Meskipun para peramal berusaha untuk menjelaskan dunia alami, mereka biasanya tidak berusaha untuk menilai secara kritis apakah penjelasan tersebut valid -atau sah – dan ini adalah bagian penting dari sains.

Para komunitas ilmuwan mengevaluasi gagasannya melawan bukti dari alam dan menolak atau memodifikasi gagasan tersebut saat bukti tidak mendukungnya. Astrolog tidak dapat mengambil perspektif kritis yang sama pada gagasan astrologi mereka sendiri.

Yang menarik adalah informasi dari langit yang didapat oleh para astronom hanyalah berupa cahaya atau lebih tepatnya berupa gelombang elektromagnetik. Dari seberkas cahaya masa lalu ini para astronom akan menafsirkan apa yang terjadi pada objek langit tersebut dengan pendekatan fisika dan matematika yang kita pahami di Bumi. Hal pokok yang dipegang para astronom adalah prinsip-prinsip dan hukum-hukum fisika berlaku sama di seluruh alam semesta.

 

Apakah Astrologi Termasuk Ilmiah


Tanda Astrologi Zodiak Peringkat Dari Yang Terbaik Sampai Terburuk

Peringkat tanda astrologi zodiak ini N°1 yang terbaik dan N° 12 adalah yang terburuk. Konsep zodiak berasal dari astrologi Babilonia dan kemudian dipengaruhi oleh budaya Helenistik. Astrologi agak sulit dipercaya tetapi ini adalah 12 tanda astrologi zodiak yang digolongkan dari yang terbaik sampai yang terburuk.

Untuk membaca peringkatnya, mohon klik disini.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Open Library, Astrology News Service

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T23:42:52+07:00 Juni 28th, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment