Ayam Kedu Hitam / Cemani

Ayam Cemani Atau Ayam Kedu Hitam

Ayam Cemani adalah ras ayam lokal yang dikembangkan di wilayah Kedu (Temanggung) & Kalikuto (Magelang). Terkenal dengan warna & daging hitam.

 

Jenis-Jenis Ayam Kedu

Saat ini dikenal empat macam tipe ayam kedu:

  1. Ayam kedu hitam, seluruh tubuh dan bulu berwarna hitam, hanya jengger dan kloaka masih kemerahan
  2. Ayam kedu cemani (Bahasa Sansekerta. cemani = hitam legam), seluruh tubuh dan bulu hitam tanpa kecuali, bahkan daging dan tulang pun kehitaman.
  3. Ayam kedu putih, warna bulu putih.
  4. Ayam kedu merah, berbulu hitam dan berjengger merah.


Morfologi Ayam Cemani / Ayam Kedu Hitam

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penampilannya. Belum ada bakuan resmi mengenai ukuran ini. Bobot babon/betina: 2–3 kg, jantan 3–4 kg; usian 6 sampai 8 tahun; berbulu keras; tubuh ukuran sedang; bulu ekor naik; jengger ukuran besar, untuk subtipe cemani berwarna sangat hitam; warna mata coklat gelap; tabiat suka berkelana, betinanya sangat melindungi anaknya; warna cangkang telur coklat; produksi telur 160 butir per tahun; mulai bertelur pada umur enam bulan.

Menurut catatan, ras lokal ini mulai ditangkarmurnikan oleh Tjokromihardjo pada tahun 1924, lalu dilanjutkan oleh dua anaknya. Khusus ayam cemani, yang paling bernilai sebagai bagian ritual atau pengobatan, terkait dengan legenda Ki Ageng Makukuhan.

 

Fisiologi Ayam Cemani / Ayam Kedu Hitam

Secara genetik, ayam kedu seperti halnya ayam peliharaan di Nusantara dan Oceania diduga memiliki keturunan ayam bekisar.

 

Ayam Kedu


Manfaat Ayam Cemani Untuk Kesehatan

Warna hitam ayam cemani dan harganya yang relatif mahal, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat ayam cemani untuk kesehatan diantaranya:

1. Menyembuhkan Luka Keseleo

Ayam cemani memiliki kandungan minyak yang berasal dari lemak daging ayam cemani. Minyak yang terkandung dalam ayam cemani ini mampu mengatasi luka dalam seperti terkilir dan keseleo. Cara mendapatkan minyak ayam cemani dapat dilakukan dengan mengukus daging ayam cemani. Meskipun belum ernah dilakukan penelitian secara medis tentang minyak ayam cemani, namun menurut kepercayaan masyarakat, minyak ayam cemani terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit dalam seperti terkilir dan keseleo.

2. Meningkatkan Vitalitas Pria

Menurut kepercayaan masyarakat, ayam cemani mampu mengkatkan vitalitas pria ketika berhubungan intim. Bagian ayam cemani yang dapat meningkatkan vitalitas pria yakni adalah darah dari ayam cemani. Dengan meminum darah ayam cemani, vitalitas pria akan meningkat.

Selain darah ayam cemani, telur ayam cemani memiliki manfaat yang sama, yakni meningkatkan vitalitas pria. Dengan menambahkan madu dan beras kencur telur cemani mampu meningkatkan vitalitas pria.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Feather SiteResearch GatePusat Penelitian & Pengembangan Peternakan

             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-12-18T13:40:12+07:00 September 1st, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment