Idul Adha – Hari Raya Haji – 10 Dzulhijjah

3 min read

Idul Adha

10 Dzulhijjah

10 Hari di awal bulan Dzulhijjah menjadi momen yang penting bagi umat Islam, jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Di antara waktu tersebut, ada dua hari di mana umat Muslim dianjurkan berpuasa, yakni puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Kedua puasa dilakukan sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh 10 Dzulhijjah.

Dalam bahasa Arab , الأضحى [ ‘id el-Adha ]), yang bisa diterjemahkan sebagai perayaan Qurban.

Apa Yang Dilakukan Pada Saat Idul Adha?

Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada 3 tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Makna

  • Memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Isma’il oleh ayahnya, Nabi Ibrahim.
  • Tanda puncaknya rangkaian ritual ibadah Haji ke Mekkah.

Perayaan

  • Salat Id.
  • Mengunjungi keluarga dan sanak saudara.
  • Makan besar bersama).
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Memberi uang kepada anak-anak
  • Menolong fakir miskin dengan memberikan makanan, uang, daging dan pakaian yaitu dari zakat.

Kegiatan Idul Adha

  • Salat Id.
  • Menyembelih kambing, domba, sapi, kerbau atau unta.
  • Memberikan seppertiga daging kurban kepada teman dan tetangga.
  • Memberikan sepertiga daging kurban kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan.
Idul Adha

Contoh Ucapan Selamat Idul Adha

  • Ya Allah… Jadikanlah setiap helaan nafas kami sebagai bukti cinta kepada’Mu… dan pengorbanan kami sebagai bukti kami mendekati’Mu.
    Selamat Hari Raya Idul Adha…
  • Idul Adha adalah saat untuk merayakan semangatmu dalam berkurban, harapanmu pada ampunan, dan keteguhanmu dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  • Selamat hari raya Idul Adha..
    Jangan sampai lupa berbagi rejeki dengan sesama.
  • Di setiap tetes darah kurban yang anda berikan mengandung lautan pahala yang sangat bernilaidari Allah SWT.
  • Di hari Idul Adha tibalah waktunya merayakan. Semangat kita dalam berkurban. Untai harapan untuk ampunan.
    Serta keteguhan dalam beriman.
  • Selamat Idul Adha teman-teman. Semoga kita bisa meneladani ketaatan dan ketulusan Nabi Ibrahim dalam berkorban. Untuk mendekatkan diri pada Allah.
  • Ya Allah.. Jadikanlah setiap helaan nafas kami sebagai bukti cinta kepada-Mu. Dan pengorbanan kami sebagai bukti kami mendekati-Mu. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  • Memaafkan memang takkan bisa mengubah masa lalu, tetapi dengan memaafkan masa depan yang penuh persaudaraan akan terlahir. Selamat Idul Adha.

Mengapa kita menyembelih domba atau kambing untuk Idul Adha?

Untuk mengenang ketakwaan Ibrahim kepada Tuhannya, keluarga Muslim menyembelih seekor hewan (domba yang berumur enam bulan atau kambing yang berumur dua tahun atau sapi yang berumur dua tahun dan telah memasuki tahun ketiga Hijriyah atau unta yang telah berumur dua tahun). selesai lima tahun) menurut peraturan yang berlaku.

Tradisi Muslim untuk Idul Adha

Pengorbanan hewan

Merupakan kebiasaan bagi umat Islam yang taat untuk mengorbankan seekor hewan untuk merayakan festival jika mereka mampu secara finansial. Daging hewan itu dimakan dalam lingkaran keluarga, yang biasanya mencakup kerabat dan teman dekat (tetangga); bagian dari daging secara tradisional didistribusikan di antara orang miskin dan lapar. Namun, ada perbedaan pendapat di antara para cendekiawan Muslim tentang kewajiban pengorbanan ini (thisaḍya). Sementara beberapa ulama, seperti al-Kāsān, mengkategorikan pengorbanan sebagai wajib (wāǧib), yang lain melihatnya hanya sebagai “kebiasaan mapan” ( sunna muʾakkada). Merupakan kebiasaan untuk memberikan harapan terbaik kepada semua teman dan kerabat di Festival Pengorbanan dan memberi mereka sebagian daging juga. Terkadang orang hanya berkorban untuk berterima kasih kepada Tuhan.

Tergantung pada ketersediaan daerah, domba, tetapi juga hewan peliharaan lainnya seperti kambing, sapi, unta, disembelih di daerah gersang atau kerbau seperti di Indonesia. Secara umum, hanya artefak yang disembelih secara ritual, kecuali babi, yang dianggap najis.

Doa yang khusyuk

Baik pada pagi hari pertama Hari Raya Kurban maupun pada pagi pertama Hari Raya Buka Puasa, masjid atau – jika tersedia – tempat terbuka yang ditunjuk khusus ( musallā atau eidgah ) dikunjungi untuk melakukan ibadah bersama dan doa khusus (salat) hari raya ini, yang mana dari dua rakaat di sana dan ciri khusus bahwa tanggapan (khutbah) – biasanya melalui Imam – setelah shalat selesai, dan tidak, seperti pada shalat Jumat, sebelum shalat. Partisipasi dalam shalat adalah wajib bagi kaum Sunni; Pengecualian berlaku untuk orang percaya yang sedang berhaji ke Mekah.

Mengunjungi kerabat

Kunjungan ke masjid biasanya diikuti dengan kunjungan ke kuburan untuk mengenang kerabat dan kenalannya yang telah meninggal dan membaca ayat-ayat Alquran dan doa untuk mereka, yang, bagaimanapun, tidak sesuai dengan Sunnah Nabi, tetapi merupakan tradisi di jalannya Perayaan telah ditetapkan di berbagai negara. Sisa hari digunakan untuk mengunjungi kerabat dan kenalan. Berbagai hidangan dan minuman biasanya ditawarkan dalam kelompok besar. Anda saling memberi hadiah dan sering juga kepada mereka yang membutuhkan. Baik pria maupun wanita mengenakan pakaian yang sangat bagus atau baru. Rumah juga benar-benar dirapikan dan dirapikan.

Anak-anak

Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa hadiah diberikan kepada anak-anak selama festival pengorbanan; Di kota-kota besar ada juga hiburan anak-anak seperti komidi putar dan permen kapas, dll.


Surah AlQuran | Daftar Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan Indonesia


Bacaan Lainnya

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tempat Terkenal di Gran Canaria Kepulauan Canary Spanyol dan…

Gran Canaria, Kepulauan Canary Spanyol Apakah Anda akan pergi ke Kepulauan Canary, ke “musim semi abadi”? Temukan hal-hal penting yang harus dilakukan saat mengunjungi...
PinterPandai
10 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *