fbpx

Kaki Bergerak Tak Terkontrol atau Sindroma Kaki Gelisah (Restless Legs Syndrome) – Penjelasan, Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kaki bergerak tak terkontrol atau Sindroma kaki gelisah (Restless Legs Syndrome)

Restless Legs Syndrome (RLS), adalah gangguan tidur yang menyebabkan keinginan untuk menggerakkan tangan pada malam hari. Keinginan Tidur kaki bergerak terjadi pada saat tidur atau berbaring dan biasanya terjadi karena merasa tidak nyaman, kebas, nyeri, atau sensasi merinding.

Tidur kaki bergerak dengan sendirinya

Restless legs syndrome (RLS), atau sering disebut sebagai Penyakit Willis-Ekbom (Willis-Ekbom disease), adalah kondisi neurologis yang menyebabkan orang memiliki keinginan tidak terkontrol untuk menggerakkan kaki mereka, biasanya karena rasa tidak nyaman pada kaki. Menggerak-gerakkan kaki akan mengurangi perasaan tidak nyaman untuk sementara. Perasaan tidak nyaman ini juga dapat terjadi pada lengan.

RLS umumnya terjadi di malam hari pada waktu tidur atau saat seseorang mencoba untuk berelaksasi. Ini dapat mengganggu tidur —yang menyebabkan kantuk di siang hari— dan menyulitkan saat traveling.
 

Penyebab Tidur kaki bergerak tak terkontrol

RLS sering disebabkan oleh kekurangan zat besi (status total zat besi tubuh rendah) dan ini menyebabkan 20% kasus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007 mencatat bahwa fitur RLS diamati pada 34% orang yang kekurangan zat besi dibandingkan dengan 6% kontrol.

Kondisi terkait lainnya termasuk:

RLS juga dapat memburuk pada kehamilan.

Dalam penelitian 2007, RLS terdeteksi pada 36% orang yang menghadiri klinik flebologi (penyakit vena), dibandingkan dengan 18% pada kelompok kontrol.

Apa yang memicu sindrom kaki gelisah?

Restless legs syndrome (RLS), juga disebut Penyakit Willis-Ekbom, menyebabkan sensasi yang tidak menyenangkan atau tidak nyaman pada kaki dan keinginan yang tak tertahankan untuk menggerakkannya. RLS sedang hingga berat yang tidak diobati dapat menyebabkan penurunan sekitar 20% dalam produktivitas kerja dan dapat berkontribusi pada depresi dan kecemasan.
 

Kaki Bergerak Tak Terkontrol atau Sindroma Kaki Gelisah (Restless Legs Syndrome) – Penjelasan, Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kaki Bergerak Tak Terkontrol atau Sindroma Kaki Gelisah (Restless Legs Syndrome) – Penjelasan, Penyebab, Gejala, Pengobatan. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Pengobatan dan Perawatan untuk Tidur Kaki Bergerak Sendiri

Perawatan

Mandi air hangat adalah salah satu jenis pengobatan sederhana yang dapat membantu meringankan gejala.

Gunakan kompress hangat atau dingin. Penggunaan panas atau dingin, atau penggunaan keduanya secara bergantian, dapat mengurangi sensasi anggota tubuh Anda.

Jika seseorang tidak dapat mengelola gejala RLS sendirian, mereka mungkin butuh diresepkan obat dari dokter.

Obat

Obat akan tergantung pada individu tetapi mungkin termasuk:

  • Zat besi: Suplementasi dengan zat besi dapat membantu orang yang memiliki kadar besi rendah. Ini, pada gilirannya, dapat membantu memperbaiki gejala. Suplemen zat besi tersedia untuk pembelian online.
  • Agonis alpha 2: Ini dapat membantu dalam kasus RLS primer, tetapi mereka tidak akan mempengaruhi gerakan tungkai periodik selama tidur.
  • Obat penghilang rasa sakit: Ibuprofen, obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), dapat membantu dengan gejala ringan. Ibuprofen tersedia untuk pembelian online.
  • Antikonvulsan: Ini mengobati rasa sakit, kejang otot, neuropati, dan gejala siang hari. Neurontin, atau gabapentin, adalah antikonvulsan yang populer.
  • Benzodiazepin: Ini adalah obat penenang yang membantu orang dengan gejala persisten dan ringan untuk tidur melalui efek RLS. Restoril, atau temazepam, Xanax, atau alprazolam, dan Klonopin, atau clonazepam, adalah contohnya.
  • Agen dopaminergik: Obat-obat ini meningkatkan kadar dopamin, neurotransmitter, di otak. Mereka dapat mengobati sensasi kaki yang tidak menyenangkan yang terkait dengan RLS. Levodopa dan carbidopa adalah agen dopaminergik yang umum.
  • Agonis Dopamin: Ini juga meningkatkan kadar dopamin otak dan mengobati sensasi kaki yang tidak menyenangkan. Mereka dapat menyebabkan efek buruk pada pasien yang lebih tua, meskipun beberapa melaporkan lebih banyak efek samping dengan levodopa.
  • Opiat: Obati rasa sakit dan dapat meredakan gejala RLS. Dokter dapat meresepkan ini ketika obat lain gagal. Kodein dan propoksifen adalah opiat dosis rendah, sedangkan oksikodon hidroklorida, metadon hidroklorida, dan levorphanol tartrat adalah opiat dosis tinggi yang umum.
  • Penyakit Parkinson dan obat-obatan epilepsi: kadang-kadang digunakan untuk RLS karena mereka dapat mengurangi gerakan tak sadar.

Jika kondisi tertentu yang mendasarinya memicu RLS, dan kondisi tersebut diperlakukan, RLS dapat hilang atau membaik. Ini sering terjadi dengan defisiensi besi dan neuropati perifer. Baca juga: Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)
 

Baca Masalah atau Gangguan Tidur Lainnya

Gangguan atau masalah tidur dapat menyebabkan kesusahan dan ketidaknyamanan, fungsi siang hari terganggu dan komplikasi serius. Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur, baik karena tidak bisa tertidur, sering terbangun pada malam hari, atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun.

Contohnya: hipersomnia, parasomnia, insomnia, ketindihan, sleep apnea, narkolepsi, sexomnia, saat hamil, gerakan mata cepat (rem) jet lag, ngompol, teror malam, tidur berjalan, gerakan tubuh, tidur berlebihan, dll… Klik disini untuk membaca lebih lanjut.

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Sumber bacaan: NINDS, Mayo Clinic

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-01T22:48:06+07:00 Juni 6th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment