fbpx

Kekurangan Zat Besi – Iron Deficiency Anemia – Penjelasan, Penyebab, Pengobatan

Kekurangan Zat Besi

Iron deficiency anemia (dalam bahasa Inggris) atau kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah.

Apa yang terjadi ketika Anda kekurangan zat besi?

Ketika Anda menderita anemia, tubuh Anda tidak memiliki cukup sel-sel darah ini. Anda mendapatkan anemia defisiensi besi ketika tubuh Anda kekurangan zat besi.

Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin – protein yang membantu sel darah merah membawa oksigen. Tanpa cukup oksigen dalam darah Anda, dan Anda mungkin merasa lelah, lemah, dan napas pendek.


Diet Anda rendah zat besi. Berapa banyak zat besi yang Anda butuhkan tergantung pada usia dan jenis kelamin Anda. Pria membutuhkan setidaknya 8 miligram (mg) setiap hari. Wanita usia 50 dan lebih muda membutuhkan lebih banyak – 18 mg.

Tubuh Anda tidak dapat menyerap zat besi. Zat besi dari makanan yang Anda makan diserap di usus kecil Anda. Kondisi seperti penyakit seliaka, kolitis ulserativa, atau penyakit Crohn dapat mempersulit usus Anda untuk menyerap zat besi.

Operasi seperti bypass lambung yang menghilangkan bagian dari usus Anda, dan obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan asam lambung juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi.

Apa yang bisa terjadi jika anemia defisiensi besi dibiarkan tidak diobati?

Jika tidak diobati, anemia defisiensi besi atau kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Terlalu sedikit oksigen dalam tubuh dapat merusak organ.
Dengan anemia, jantung harus bekerja lebih keras untuk menebus kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Pekerjaan ekstra ini dapat membahayakan jantung.
 

Kekurangan Zat Besi - Iron Deficiency Anemia - Penjelasan, Penyebab, Pengobatan

Titan memodelkan sel darah merah dan sel tumor yang bersirkulasi (hijau) bepergian melalui perangkat penyortiran sel mikrofluida sebagaimana disimulasikan oleh uDeviceX. Kredit gambar: Yu-Hang Tang, Brown University / Flickr

 

Bagaimana saya bisa meningkatkan kekurangan zat besi saya?

Konsumsi makanan kaya vitamin C: Konsumsilah makanan kaya vitamin C selama makan untuk meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (zat besi dari tanaman). Misalnya, beberapa jus lemon yang diaduk di atas sayuran hijau akan meningkatkan jumlah yang Anda serap. Hindari kopi, teh, atau susu di dekat waktu makan: Hindari makanan yang mengandung makanan kaya zat besi selama ini.

Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun

Contohnya seperti: makanan kaya besi, kaya vitamin B12, kaya folat… Klik disini untuk membaca lebih lanjut.

Minuman apa yang baik untuk kekurangan zat besi?

Buah jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber folat yang baik. Saat makan sayuran hijau gelap untuk besi, ada tangkapan. Beberapa sayuran hijau tinggi zat besi, seperti bayam dan kangkung, juga kaya akan oksalat. Oksalat adalah senyawa yang mencegah penyerapan zat besi nonheme (zat besi dari tanaman).

Bagaimana kekurangan zat besi dapat mempengaruhi tubuh?

Zat besi adalah komponen penting dari hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru Anda untuk mengangkutnya ke seluruh tubuh Anda… Jika Anda tidak memiliki cukup zat besi, tubuh Anda tidak dapat membuat cukup sel darah merah pembawa oksigen yang sehat. Kekurangan sel darah merah disebut anemia defisiensi besi.

Apakah saya tetap bisa mengonsumsi suplemen zat besi sebelum tidur?

Anda mungkin perlu mengonsumsi zat besi dengan sedikit makanan untuk menghindari masalah ini. Susu, kalsium dan antasid (zat yang berfungsi untuk menetralisir asam lambung) TIDAK boleh dikonsumsi bersamaan dengan suplemen zat besi. Anda harus menunggu setidaknya 2 jam setelah mengonsumsi makanan ini sebelum mengonsumsi suplemen zat besi. Baca juga: Besi adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Fe dan nomor atom 26

Bisakah kekurangan zat besi membunuhmu?

Ketika Anda kehilangan darah, Anda bisa kehilangan banyak sel darah merah, dan itu bisa menyebabkan anemia. Hilangnya sel darah merah juga menyebabkan rendahnya tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh Anda akan membuat sel darah merah lebih sedikit dari yang dibutuhkan, dan sel darah merah yang dihasilkannya akan memiliki hemoglobin yang lebih sedikit dari biasanya. Itu pun bisa memicu anemia.

Seberapa cepat setelah mengonsumsi suplemen zat besi, saya akan merasa lebih baik?

Kebanyakan orang mulai merasa lebih baik dalam beberapa hari setelah memulai perawatan. Meskipun Anda merasa lebih baik, Anda perlu terus minum pil selama beberapa bulan untuk membangun zat besi Anda. Kadang-kadang dibutuhkan hingga 6 bulan pengobatan dengan suplemen zat besi sebelum kadar zat besi kembali normal.
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Sumber bacaan: Web MD, Office on Women’s Health in the Office of the Assistant Secretary for Health at the U.S. Department of Health and Human Services, Health Line, Intermountain Healthcare, Medline Plus

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-02T22:13:11+07:00 Juni 4th, 2019|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment