PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Cryptocurrency | Mengapa begitu sukses untuk mata uang kripto?

3 min read

Cryptocurrency

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang ada secara elektronik. Dalam panduan ini, temukan cara kerjanya dan bagaimana hal itu dapat merevolusi (atau tidak) dalam dunia keuangan.

Saat ini, cryptocurrency ada di mana-mana. Jika Anda baru mengetahui apa itu cryptocurrency, jangan panik, ikuti panduannya! Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang dimana Anda dapat membeli barang atau jasa. Mereka dapat diperdagangkan atau diinvestasikan, tetapi sangat fluktuatif, jadi Anda perlu sedikit keberanian. Anda juga dapat melihat produk-produknya di Clubswan.

Bedanya dengan mata uang asking yang lebih tradisional seperti Euro atau Dolar? “Crypto” berasal dari teknik kriptografi yang menjamin keamanan transaksi uang kripto. Teknik-teknik ini menggantikan pekerjaan bank dan pihak ketiga dalam manajemen transaksi.

Ini adalah salah satu daya tarik utama cryptocurrency: ini adalah sistem keuangan “ter-desentralisasi” yang tidak bergantung pada bank atau lembaga besar mana pun untuk beroperasi, jauh lebih murah dan lebih cepat, adil dan transparan. Tetapi sistem ini memiliki beberapa kekurangan, membuat pengguna meragukan kebenaran dengan janji ini. Mari kita lihat lebih dekat…

Bagaimana cara kerja mata uang kripto?

Banyak yang didasarkan pada blockchain, sebuah teknologi yang memungkinkan jaringan terdesentralisasi untuk meninjau dan menyetujui transaksi. Blockchain mirip dengan register digital: semua aktor dalam jaringan menerima salinan register ini dan dapat menolak segala upaya untuk memodifikasinya.

Blockchain sebenarnya bertindak sebagai database, memungkinkan sejumlah besar informasi disimpan yang tidak dapat dimodifikasi. Namun, dengan mengandalkan jaringan peer-to-peer untuk memverifikasi setiap transaksi baru yang ditambahkan ke blockchain, pendekatan untuk mempercayai cryptocurrency berbeda dari mata uang tradisional.

Yang terakhir ini sebenarnya diatur oleh bank atau otoritas pusat. Sebaliknya, mata uang kripto seperti Bitcoin atau Ethereum tidak dikelola oleh institusi pusat mana pun. Demikian pula, tidak ada pihak ketiga yang disetujui (misalnya bank) yang mengawasi transfer mata uang kripto. Aspek cryptocurrency inilah yang menarik banyak pengguna, tetapi juga dapat memperumit pembayaran.

Bayar dengan cryptocurrency

Ya, Anda tidak sedang bermimpi: Anda dapat membayar dengan mata uang kripto, yang tetap merupakan bentuk mata uang. Banyak situs web dan toko online menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran. Bahkan terdapat jenis pembayaran, seperti kartu kredit yang dapat mengkonversi mata uang digital di dompet Anda ke mata uang tradisional. Dengan cryptocurrency, Anda dapat membeli semuanya, mulai dari NFT hingga sebidang tanah dalam video game.

Untuk melakukan pembelian virtual dengan uang kripto, Anda memerlukan dompet uang kripto untuk menjaga keamanan uang kripto Anda. Setiap dompet berisi kunci publik dan pribadi, yang dapat Anda gunakan untuk membelanjakan dan menerima mata uang. Kunci publik adalah kode yang diketahui semua orang dalam suatu sistem. Kunci pribadi hanya diketahui oleh pengguna dan memungkinkan dia untuk memvalidasi transaksinya.

Ada berapa mata uang kripto?

Terdapat lebih dari 6.000 cryptocurrency yang berbeda dalam sirkulasi aktif. Namun, hanya 20 dari cryptocurrency ini yang digunakan oleh 90% pasar dunia.

Menyiapkan mata uang kripto relatif mudah, itulah sebabnya peningkatan kuat dalam penggunaannya telah diamati dalam beberapa tahun terakhir (misalnya, ada kurang dari 70 mata uang kripto pada tahun 2013). Cryptocurrency paling populer adalah Bitcoin, Ethereum dan Litecoin.

Bagaimana nilai setiap cryptocurrency ditentukan?

Dibandingkan dengan pasar keuangan lainnya, pasar cryptocurrency relatif tidak stabil, jika tidak sangat tidak stabil. Nilai mata uang kripto dapat meroket hanya dalam beberapa hari atau jam, dan jatuh dengan mudah.

Banyak dari uang kripto ini, seperti Bitcoin, tidak memiliki nilai intrinsik (nilai yang sesungguhnya), karena nilainya sebenarnya bergantung pada penawaran dan permintaan. Jadi, jika banyak yang ingin membeli uang kripto tetapi ketersediaannya terbatas, maka nilainya akan meningkat. Untuk mencegah pasokan melebihi permintaan, banyak uang kripto, seperti Bitcoin, memiliki jumlah token yang terbatas. Setidaknya untuk saat ini.

Mengapa begitu sukses untuk mata uang kripto?

Setiap orang tertarik pada cryptocurrency karena alasan yang berbeda, tetapi mereka juga memiliki bagian yang skeptis. Berikut adalah beberapa alasan untuk lebih memahami kenaikan popularitas mata uang ini:

Tanpa biaya

Tidak adanya biaya yang relatif sebagian merupakan kunci keberhasilan cryptocurrency. Dibandingkan dengan biaya bank tradisional, biaya cryptocurrency lebih rendah karena tidak ada otoritas pusat untuk mengelola transaksi.

Efisiensi

Ketersediaan dan kecepatan transaksi berkontribusi pada atraksi ini. Transaksi dapat diselesaikan hanya dalam hitungan menit, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun. Tidak ada keterbukaan atau batasan pemrosesan pihak ketiga. Oleh karena itu mereka mudah digunakan dan sangat mudah diakses.

Keamanan

Teknologi Blockchain adalah sistem yang mengeluarkan banyak cryptocurrency dan mempersulit modifikasi data transaksional yang dimasukkan ke dalam sistem. Fitur keamanan inilah yang menyebabkan peningkatan permintaan.

Tanpa campur tangan manusia, risiko kesalahan berkurang, karena jaringan komputer menyetujui informasi yang dikirimkan dalam database.

Kurangnya keterlibatan pemerintah

Kurangnya regulasi oleh pemerintah juga merupakan poin positif di mata beberapa pengguna. Cryptocurrency yang berbeda kemudian dapat dianggap lebih stabil dan kurang berisiko jika wilayah tertentu di dunia mengalami pergolakan.

Profitabilitas spekulatif

Last but not least, uang kripto dapat menghasilkan keuntungan. Pasar uang kripto sangat aktif dan, karena bank berinvestasi dalam proyek untuk mengadopsi teknologi blockchain, mudah untuk mengatakan bahwa kehadiran uang kripto di lanskap keuangan akan terus tumbuh.

Perlu diperhatikan, bahwa setiap investasi memiliki risiko dengan tingkatkan yang berbeda.


Mining Crypto | Bagaimana cara mining cryptocurrency? (Panduan Lengkap)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Kaspersky, Investopedia, NerdWallet

Sumber foto: TheDigitalArtist / Pixabay

Informasi: semua investasi melibatkan risiko. Sebagai aturan umum, Anda hanya boleh menjual dan membeli atau memperdagangkan produk keuangan yang Anda kenal dan memahami risiko yang terkait dengannya. Anda harus mempertimbangkan dengan cermat pengalaman investasi Anda, situasi keuangan, tujuan investasi, tingkat toleransi risiko dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan independen Anda mengenai kesesuaian situasi Anda sebelum melakukan investasi apa pun.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.