fbpx

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dan Bisnis Anda Lancar

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Berhasil sebagai pengusaha yang sukses membutuhkan kerja keras dan ketekunan karena, sayangnya, tidak ada “peri” bisnis yang secara memberikan keajaiban pada kesuksesan untuk usaha kecil dan pemiliknya. Menjadi pengusaha sukses membutuhkan semangat, ketekunan dan sikap positif cenderung membuat pengusaha sukses menjadi tidak tahan. Menumbuhkan atribut ini membutuhkan ketrampilan bawaan dan beberapa tips untuk memulainya.

Sebagian besar pengusaha sukses mengikuti pola yang sebanding dan memiliki karakteristik dasar perbisnisan yang serupa. Ratusan artikel online dan buku-buku yang diterbitkan mengklaim mengetahui rahasia kesuksesan dalam bisnis, namun untuk sebagian besar, mereka memiliki poin-poin utama yang sama.

Jadi inilah cara menjadi pengusaha sukses yang perlu dipertimbangkan, jika Anda mencoba mengembangkan bisnis. Unsur-unsur ini akan mendukung strategi cerdas untuk menjadi pengusaha sukses:

 

1. Cintai apa yang Anda lakukan

Bersemangat dan tidak pernah bosan adalah kunci untuk menjaga strategi bisnis Anda untuk selalu bergerak. Jika Anda hanya memiliki setengah hati untuk menjadi pengusaha sukses, berarti Anda teleah menyingkirkan setengah dari kesuksesan Anda.

Ketekunan adalah satu hal yang dijamin bisa bergerak dari waktu ke waktu, entah itu seseorang, pekerjaan atau dari keseluruhan perusahaan. Abraham Lincoln gagal dalam sebagian besar usahanya sampai akhir hayatnya, tapi dia tidak pernah menyerah.

 

2. Ambil langkah demi langkah, seperti bayi

Melompat jauh dalam tahap pertama jarang pernah berhasil. Ada kisah sukses tentang orang-orang yang menginvestasikan semuanya sekali dan keluar menjadi pemenang setelah 6 bulan atau beberapa tahun saja, tapi  hal tersebut jarang terjadi.

Manajemen risiko merupakan faktor penting dalam startup apapun dan keseimbangan sangat penting. Anda bisa menyerap kerugian lebih mudah jika Anda mengambil risiko lebih kecil di awal. Mereka akan memberikan betapa pentingnya pelajaran dan produktifitas.

 

3. Belajar dari orang lain

Menjadi pengusaha sukses, mereka sering bekerja untuk orang lain di bidang pilihan mereka, sebelum sampai mendapatkan kesusesan pada dirinya sendiri.

Menghabiskan beberapa tahun di industri dengan mentor yang sangat baik akan memberikan landasan peluncuran yang baik. Belajarlah dari kesalahan dan brainstorm pendahulunya tentang bagaimana memperbaiki model mereka. Temukan seseorang yang mau mengajar dan pikirkan untuk memulai bisnis Anda di tempat lain saat Anda pergi.

 

4. Pelajari cara mempromosikan diri

Keyakinan dan cara berbicara yang baik bisa membawa Anda ke tingkat berikutnya. Luangkan waktu untuk belajar bagaimana berbagi visi tanpa tampil sebagai “penjual murahan”. Jangan takut untuk menjual, tetapi ingat, selalu fokus kepada klien.

 

5. Terus mengambil tindakan dan jangan berhenti

Para pengusaha adalah penggerak dan pelopor. Mereka tidak mampu untuk menganalisis setiap detail, jika iya, mereka tidak akan pernah bisa kemana-mana atau maju selangkah lebih cepat. Tidak ada tempat untuk menunda-nunda saat startup. Ini adalah jenis pekerjaan 24/7, tidak ada liburan dan tidak mengenal hari hari sakit, yang menuntut momentum maju yang konstan.

Lakukan penilaian singkat di setiap langkah dan pindahkan di atasnya. Percaya dengan naluri Anda!

 

6. Membuat rencana atau bisnis plan dan terapkanlah

Baca buku tentang bisnis atau pengusaha yang sukses. Ambillah kekayaan dari pengetahuan yang telah diberikan oleh pengusaha sukses seperti Steve Jobs dan tokoh-tokohnya. Rencana atau bisnis plan yang sukses tidak harus membuat buku tebal. 10 Halaman sudah bisa dicerna namun cukup lama untuk memasukkan semua yang anda butuhkan untuk memulai strategi.

Setelah Anda memiliki bisnis plan, monitorlah bisnis Anda sesering mungkin dengan bisnis plan yang Anda miliki. Jika ada sesuatu yang kurang cocok atau terjadi perubahan sedikit, rubahlah bisnis plan Anda dengan seksama.

 

7. Membangun reputasi

Lakukan apa yang Anda telah katakan bahwa Anda akan melakukannya. Kedengarannya sangat sederhana, tapi pikirkanlah: berapa kali Anda meminta bankir Anda untuk mengirimkan sesuatu kepada Anda, bahwa asisten Anda untuk menyelesaikan sebuah tugas, atau bahwa vendor Anda menghubungi Anda kembali, tidak berhasil?

Menunjukkan bukan berarti memberitahu, tetapi beraksi. Dengan demikian Anda dapat membangun reputasi dan kepercayaan. Mulailah dari sekecil apapun!

 

8. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu

Banyak pengusaha sukses mulai di kemudian hari. Seperti J. K. Rowling (penulis Harry Potter), Julia Child (koki) dan Sam Walton (Wal-Mart) semua memulai merek mereka yang sangat sukses setelah mereka merasa nyaman sepanjang hidup mereka.

Memiliki pengalaman yang datang dengan usia yang lebih, dapat memberi Anda pandangan unik tentang bisnis Anda. Pengalaman hidup membawa suatu “kedalaman”, yang dimana orang-orang muda berpendidikan, menurut sifatnya yang kurang mampu untuk melihat.

 

9. Bangun “Team” Anda

Menemukan ketrampilan dan sikap yang mendukung “budaya merek” yang ingin Anda promosikan akan mendorong inovasi dan meningkatkan reputasi Anda. Sertakan orang-orang dari luar perusahaan untuk menambah orang-orang yang Anda andalkan. Itu akan memulai “reaksi rantai” pemasaran yang bisa membangun kepercayaan dan pendapatan.

 

10. Waspadalah terhadap sikap Anda

Sikap sang pendiri akan mengatur “nada” untuk berbisnis. Nada negatif seperti: kemalasan, buang waktu dan uang yang dapat merusak reputasi Anda. Kesuksesan sangat tergantung pada membuat kesalahan dan menerima kesalahan dengan tenang. Memiliki dan menghadapi tantangan secara langsung adalah hal yang membuat seorang pemilik bisnis hanya menjadi pemimpin.

Memulai bisnis bisa mendatangkan malapetaka pada kehidupan pribadi sang pemilik. Sementara semua tips di atas diperlukan untuk menjadi pengusaha sukses, merawat diri sendiri secara mental dan fisik juga penting. Olahraga, tidur dan makan makanan sehat memainkan peran penting dalam memastikan Anda untuk menerapkan kebijakan ini dengan sukses. Semuanya sikap, motivasi dan relasi sangat berhubungan.

CEO yang sukses cenderung mengikuti jadwal harian (schedule) terstruktur, seperti: bangun pagi, berolahraga dan banyak bersosialisasi.

Untuk mendapatkan keseimbangan untuk menjadi pengusaha sukses dapat memerlukan waktu, tetapi jika Anda bekerja seperti apa yang disebutkan diatas, Anda akan merasakan perbedaannya. Pengusaha dapat merasakan tentang progresnya dan seberapa cepat progres tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Cara menjadi pengusaha sukses

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Entrepreneur

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-12T13:34:01+00:00 Mei 3rd, 2018|Lainnya, Top 10|2 Comments

2 Comments

  1. Ida 03/05/2018 at 5:36 pm - Reply

    Saya setuju dengan: CEO yang sukses cenderung mengikuti jadwal harian (schedule) terstruktur, seperti: bangun pagi, berolahraga dan banyak bersosialisasi. 👍😊

  2. AireNomada 05/05/2018 at 6:37 am - Reply

    Terima kasih atas infonya mas.

Leave A Comment