PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Ethereum Ξ | Penjelasan, Bagaimana Cara Beli, Cara Kerja dan Dompetnya?

3 min read

Ethereum

Ethereum

Ethereum merupakan platform komputasi atau penghitungan ini yang menggunakan ETH (juga disebut Eter) untuk membayar biaya transaksi (atau “gas”). Pengembang dapat menggunakan Ethereum untuk menjalankan aplikasi (Aplikasi) terdesentralisasi dan mengeluarkan aset kripto baru, yang disebut token Ethereum.

Ini merupakan adalah sistem terdistribusi open source yang menawarkan pembuatan, pengelolaan, dan pelaksanaan program atau kontrak (kontrak pintar) di blockchainnya sendiri. Dengan demikian merupakan alternatif untuk arsitektur client-server klasik.

Hal ini menggunakan unit internal Ether (disingkat ETH, simbol: Ξ) sebagai alat pembayaran untuk pemrosesan transaksi pada blockchain yang diproses oleh komputer yang berpartisipasi.

Perbedaan antara Bitcoin dan Ethereum

Berbeda dengan Bitcoin, yang hanya fokus pada pembayaran peer-to-peer. Puluhan ribu pengembang sedang membangun aplikasi di Ethereum untuk industri keuangan, hiburan, cloud, dan real estat. Komunitas pengembang blockchain Ethereum adalah salah satu yang terbesar dan paling aktif di dunia.

Bagaimana cara membeli Ethereum?

Sebelum membeli Ethereum atau eter, penting untuk diingat bahwa, seperti halnya aset berisiko, Anda tidak boleh berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan. Untuk mendapatkan eter, Anda harus membuka akun di platform pertukaran mata uang kripto. Secara umum, dimungkinkan untuk membelinya dengan kartu atau melalui transfer bank.

Bagaimana cara kerja Ethereum?

Pengoperasian Ethereum terinspirasi oleh Bitcoin (penyimpanan riwayat transaksi jaringan) tetapi lebih kompleks karena memungkinkan untuk membangun aplikasi yang lebih kompleks.

Ethereum memungkinkan khususnya untuk membuat kontrak pintar, kontrak yang berjalan secara otomatis di jaringan mengikuti kondisi yang telah ditentukan. Mari kita ilustrasikan hal ini dengan kasus nyata: jika sebuah pesawat terlambat setidaknya 1 jam, maskapai akan secara otomatis mengganti 20% dari tiket pesawat berkat kontrak pintar.

Seperti blockchain Bitcoin, Ethereum memiliki cryptocurrency sendiri, Ether, juga disebut sebagai Ethereum di dalam komunitas. Itu tidak dikeluarkan oleh bank atau organisasi lain tetapi oleh protokol itu sendiri. Eter, seperti cryptocurrency lainnya, dibawa ke dalam sirkulasi melalui penambangan.

“Penambang” melakukan perhitungan matematis dengan perangkat keras mereka untuk jaringan guna mengonfirmasi dan mengamankan transaksi. Perlu juga dicatat bahwa Ethereum, seperti blockchain publik lainnya, bekerja dengan algoritma konsensus untuk memastikan bahwa semua pemain jaringan menyetujui satu versi data blockchain setiap saat.

Dompet Ethereum

Dimungkinkan untuk menyimpan eter Anda di bursa tempat Anda melakukan pembelian atau di dompet, dompet elektronik fisik atau digital. Ini menghindari risiko peretasan yang dapat menjadi korban platform cryptocurrency dan memungkinkan Anda untuk mengontrol dana Anda.

Dompet terdiri dari kunci publik, yang diketahui semua orang, yang sesuai dengan alamat Ethereum, dan kunci pribadi, yang hanya diketahui oleh pemegang dompet. Dompet fisik terlihat seperti kunci USB. Dua pemain bersaing untuk pasar, French Ledger dan Czech Trezor. Dompet digital, yaitu dompet perangkat lunak, dapat diakses di komputer dan ponsel. Beberapa contoh: ArcBit, BitGo, Electrum, Mycelium…

Apa itu Ethereum 2.0?

Ethereum 2.0, dijuluki Serenity, adalah pembaruan protokol utama Ethereum yang dimulai pada 1 Desember 2020. Ini dipecah menjadi tiga fase: rantai suar, rantai pecahan, dan eWASM. Hal ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Fase 0: Rantai Suar

Fase 0, yang dimulai pada 1 Desember 2020, adalah transisi antara bukti kerja, metode validasi blok transaksi yang melibatkan penggunaan daya komputasi mesin, dan bukti kepemilikan (proof of stake), metode validasi blok transaksi yang terdiri dari pembuktian kepemilikan sejumlah mata uang kripto.

Ini akan beroperasi secara paralel dengan bukti kerja blockchain untuk menghindari putusnya kontinuitas rantai.

Tahap 1: Rantai pecahan

Fase 1 menyangkut penyebaran rantai pecahan yang akan membuat jaringannya lebih skalabel. Hari ini, Ethereum dibatasi hingga 7-15 transaksi per detik. Sharding terdiri dari membagi data untuk mempercepat pemrosesannya. Misalnya, sistem sharding di Ethereum mungkin menempatkan semua alamat yang dimulai dengan 0x00 di satu shard, semua alamat dimulai dengan 0x01 di yang lain…

Fase 2: EWASM

EWASM (Ethereum Web Assembly) adalah mesin eksekusi yang dirancang untuk menggantikan mesin virtual Ethereum saat ini, yang mengeksekusi kontrak pintar di jaringannya. Ini didasarkan pada Web Assembly, standar World Wide Web open source untuk pengembangan aplikasi. Mesin baru ini akan meningkatkan kinerjanya, tetapi juga mendukung lebih banyak bahasa untuk pengembangan kontrak pintar (C, CC++, Javascript, Rust, dll.), saat ini terbatas pada Soliditas.


Daftar Cryptocurrency Resmi di Indonesia yang Mendapatkan Izin Untuk Diperdagangkan


Menjual dan Membeli NFT | Bagaimana cara membuat atau memperdagangkan NFT?


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Consensys, Time, WhatIs

Sumber foto: Vjkombajn / Pixabay

Informasi: semua investasi melibatkan risiko. Sebagai aturan umum, Anda hanya boleh menjual dan membeli atau memperdagangkan produk keuangan yang Anda kenal dan memahami risiko yang terkait dengannya. Anda harus mempertimbangkan dengan cermat pengalaman investasi Anda, situasi keuangan, tujuan investasi, tingkat toleransi risiko dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan independen Anda mengenai kesesuaian situasi Anda sebelum melakukan investasi apa pun.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.