PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Menjual dan Membeli NFT | Bagaimana cara membuat atau memperdagangkan NFT?

3 min read

Menjual dan membeli nft

Cara Menjual dan Membeli NFT

NFT, Anda mungkin pernah mendengarnya jika Anda tertarik dengan cryptocurrency, tetapi juga jika Anda seorang seniman yang ingin mencari nafkah dari seni Anda! Temukan langkah-langkah untuk menjual dan membeli NFT.

Artikel ini sama sekali bukan saran investasi, tetapi hanya presentasi proyek teknis seputar blockchain.

Membuat karya seni NFT Anda sendiri, baik itu GIF atau gambar, adalah proses yang relatif sederhana dan tidak memerlukan pengetahuan luas tentang industri kripto. Karya seni NFT juga dapat digunakan untuk membuat koleksi seperti set kartu digital.

Setiap blockchain memiliki standar token NFT yang berbeda, layanan dompet yang kompatibel, dan pasar. Misalnya, jika Anda membuat NFT menggunakan Binance Smart Chain, Anda hanya dapat menjualnya di platform yang mendukung aset Binance Smart Chain. Ini berarti Anda tidak akan dapat menjualnya di platform lain seperti VIV3 (pasar berdasarkan Flow blockchain) atau OpenSea yang merupakan pasar NFT berbasis Ethereum terbesar.

Sebelum Anda mulai, Anda harus memutuskan blockchain mana yang Anda inginkan untuk menerbitkan NFT Anda. Ethereum saat ini merupakan layanan blockchain utama untuk menerbitkan NFT. Namun, ada berbagai blockchain lain yang menjadi semakin populer, termasuk:

Apa yang Anda butuhkan untuk menjual dan membeli NFT?

Karena Ethereum memiliki ekosistem NFT terbesar, inilah yang Anda perlukan untuk membuat karya seni, musik, atau video NFT Anda sendiri di blockchain Ethereum:

1. Siapkan Etherreum (dompet digital)

Itu mendukung ERC-721 (standar token NFT berbasis Ethereum), seperti:

Sekitar $50 hingga $100 dalam ETHER (ETH)

Jika Anda menggunakan dompet Coinbase, Anda dapat membeli Eter di platform dengan Dolar AS, Euro, Pound Inggris, atau mata uang fiat lainnya. Jika tidak, Anda harus membeli Eter dari pertukaran mata uang kripto.

Setelah Anda membuat dan mengunggah dompet Anda, buka salah satu platform NFT. Jadi Anda dapat menghubungkan dompet Anda dan mengunggah gambar atau file yang ingin Anda ubah menjadi NFT.

2. Pilih platform pasar NFT Anda untuk jual beli NFT

Saat ini ada banyak situs yang memungkinkan Anda membuat NFT dan kemudian menjualnya. Di antara yang paling terkenal adalah:

Oleh karena itu, situs-situs ini adalah semacam toko online seni digital, di mana transaksi dilakukan dalam mata uang kripto. Platform ini juga memungkinkan Anda untuk membuat NFT Anda sendiri tetapi Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi artis yang terdaftar.

OpenSea, Rarible, dan Mintable semuanya memiliki tombol “buat” atau create di sudut kanan atas.

Langkah-langkah untuk membuat NFT Anda menggunakan OpenSea

Sekarang inilah langkah-langkah untuk membuat NFT Anda menggunakan OpenSea, pasar NFT berbasis Ethereum terbesar.

1. Klik tombol “buat” (panah berwarna biru) untuk mengakses layar yang meminta Anda untuk menghubungkan dompet berbasis Ethereum Anda.
Setelah memasukkan kata sandi dompet Anda, itu akan secara otomatis menghubungkan dompet Anda ke pasar.

2. Anda harus menandatangani pesan di dompet Ethereum Anda secara digital untuk membuktikan bahwa Anda pemilik alamat dompet tersebut. Proses ini sederhana dan dilakukan dalam hitungan detik. Tidak ada biaya untuk menandatangani pesan secara digital, itu hanya menunjukkan bahwa Anda memiliki dompet.

3. Kemudian klik “buat” di sudut kanan atas dan pilih “koleksi saya”. Dari sana, klik tombol biru “buat” seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Sebuah jendela akan muncul yang memungkinkan Anda untuk mengunggah karya seni Anda, menambahkan nama, dan menyertakan deskripsi.
Bagian ini pada dasarnya membuat folder untuk NFT yang baru Anda buat.

4. Setelah Anda menetapkan gambar ke koleksi Anda, itu akan muncul seperti yang ditunjukkan di bawah ini (panah biru). Anda kemudian perlu menambahkan spanduk ke halaman dengan mengklik ikon pensil di sudut kanan atas (panah merah).

Halaman Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Anda sekarang siap untuk membuat NFT pertama Anda.
Klik tombol “Tambah Item Baru” dan tanda tangani kiriman lain menggunakan dompet Anda.

5. Setelah selesai, klik “buat” di bagian bawah dan tanda tangani pesan lain di dompet Anda untuk mengonfirmasi pembuatan NFT. Karya tersebut kemudian akan muncul di koleksi Anda.

Bagaimana cara menjual NFT?

Apakah Anda seorang seniman yang bertanya-tanya bagaimana cara menjual NFT Anda? Beberapa opsi tersedia untuk Anda:

1. Komunikasikan NFT Anda ke komunitas Anda menggunakan “klasik”

Artinya: email, berbagi di jejaring sosial, dll.

2. Bicara langsung dengan kolektor NFT

Untuk ini, Anda dapat berkomunikasi di Instagram dan Twitter menggunakan tagar khusus seperti #cryptoart #nft #cryptoartist #nftphotography, dll.

3. Tertarik pada metaverse yang berspesialisasi dalam NFT

Seperti Cryptovexels atau Somniumspace. Metaverse adalah dunia virtual 3D yang dapat diakses menggunakan browser.

4. Pilih platform yang tepat

Pastikan untuk memilih pasar yang paling sesuai, tergantung pada jenis NFT yang ingin Anda jual. Kriteria lain yang perlu dipertimbangkan adalah biaya yang akan dipotong dari penjualan Anda oleh platform. Mereka dapat bervariasi tergantung pada pasar, tetapi juga pada jalannya cryptocurrency.

5. Pilih mode penjualan

Di pasar yang menawarkan NFT, dimungkinkan untuk menentukan cara penjualan yang berbeda. Secara khusus, dimungkinkan untuk menjual NFT melalui lelang, mode penjualan yang sangat luas, atau melalui pembelian langsung, dengan harga yang Anda tentukan.

Setelah terjual, NFT Anda menjadi bagian dari koleksi pengguna. Dia dapat memutuskan untuk menyimpannya atau menjualnya kembali. Anda memiliki kemungkinan untuk memilih persentase komisi untuk setiap penjualan kembali NFT Anda.

Bagaimana cara membeli NFT?

Untuk membeli NFT, Anda harus membuat akun di pasar. Untuk ini, penting untuk:

1. Siapkan dompet Ethereum yang mendukung ERC-721 (standar token NFT berdasarkan Ethereum), seperti MetaMask, Coinbase Wallet, atau Fortmatic,
2. Muat dompet Anda dengan membeli Eter dari dompet kripto Anda atau di bursa kripto,
3. Tawar pada NFT atau pilih beli sekarang, tergantung pada opsi yang dipilih oleh penjual.


NFT Game, Art, Crypto, Ghozali (Non-fungible token | Token yang tidak dapat dipertukarkan)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Cointelegraph, Artsy

Sumber foto: Chetraruc / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.