fbpx

Evaporasi atau Penguapan

Penguapan atau Evaporasi

Adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). Proses evaporasi ini adalah kebalikan dari kondensasi. Umumnya penguapan dapat dilihat dari lenyapnya cairan secara berangsur-angsur ketika terpapar pada gas dengan volume signifikan.

Rata-rata molekul tidak memiliki energi yang cukup untuk lepas dari cairan. Bila tidak cairan akan berubah menjadi uap dengan cepat. Ketika molekul-molekul saling bertumbukan mereka saling bertukar energi dalam berbagai derajat, tergantung bagaimana mereka bertumbukan. Terkadang transfer energi ini begitu berat sebelah, sehingga salah satu molekul mendapatkan energi yang cukup untuk menembus titik didih cairan. Bila ini terjadi di dekat permukaan cairan molekul tersebut dapat terbang ke dalam gas dan “menguap”.

Ada cairan yang kelihatannya tidak menguap pada suhu tertentu di dalam gas tertentu (contohnya minyak makan pada suhu kamar). Cairan seperti ini memiliki molekul-molekul yang cenderung tidak menghantar energi satu sama lain dalam pola yang cukup buat memberi satu molekul “kecepatan lepas” – energi panas – yang diperlukan untuk berubah menjadi uap. Namun cairan seperti ini sebenarnya menguap, hanya saja prosesnya jauh lebih lambat dan karena itu lebih tak terlihat.

 

Dari Ke
Padat Cair Gas Plasma
Padat N/A Mencair Menyublim
Cair Membeku N/A Menguap
Gas Mengkristal Mengembun N/A Ionisasi
Plasma Rekombinasi/Deionisasi N/A

 

Siklus penguapan

Penguapan adalah bagian esensial dari siklus air. Uap air di udara akan berkumpul menjadi awan. Karena pengaruh suhu, partikel uap air yang berukuran kecil dapat bergabung (berkondensasi) menjadi butiran air dan turun hujan. Siklus air terjadi terus menerus. Energi surya menggerakkan penguapan air dari samudera, danau, embun dan sumber air lainnya. Dalam hidrologi penguapan dan transpirasi (yang melibatkan penguapan di dalam stomata tumbuhan) secara kolektif diistilahkan sebagai evapotranspirasi.

 

Bagaimana air menguap?

Molekul air bergerak lebih cepat ketika panas dilanjutkan. Semakin cepat mereka bergerak semakin mudah bagi mereka untuk memanas. Ketika itu terjadi, penguapan terjadi.

 

Perbedaan penguapan dan evaporasi

Menguap Evaporasi
Terjadi pada suhu titik didih benda Terjadi pada suhu sembarang
Prosesnya cepat Prosesnya lambat
Terjadi di dalam cairan Terjadi hanya di permukaan cairan
Terbentuk gelembung dalam cairan Tidak terbentuk gelembung dalam cairan
Suhu tetap selama mendidih Biasanya diikuti oleh pendinginan
Energi untuk berubah wujud didapat dari sumber energi Energi untuk berubah wujud didapat dari lingkungan sekitar dan cairan itu sendiri

 

Proses evaporasi

Jika molekul cairan memperoleh cukup energi dalam bentuk panas dari lingkungan, maka molekul tersebut berubah menjadi uap. Evaporasi terjadi pada permukaan cairan, tidak di seluruh tubuh atau volume. Saat penguapan terjadi, tekanan uap lebih rendah dari tekanan atmosfir sekitarnya. Kondensasi adalah kebalikan dari penguapan. Hal itu terjadi ketika suhu uap mendingin, menyebabkan uap mengembun kembali ke bentuk cair.

 

Evaporasi penguapan

Uap air yang telah menguap dari teh panas terkondensasi menjadi tetesan air. Gas air tidak terlihat, tetapi awan tetesan air adalah petunjuk dari penguapan yang diikuti oleh kondensasi. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Contoh evaporasi atau penguapan

Dua contoh evaporasi yang dikenal adalah berkeringat dan siklus hujan. Saat kita sedang panas atau menjalani aktivitas berat, tubuh kita menghasilkan keringat. Keringat pada kulit kita mendapatkan energi dari tubuh dan akhirnya menguap, pada gilirannya mendinginkan kita. Dalam cuaca, evaporasi ditunjukkan selama siklus hujan.

Air di permukaan Bumi menguap dan bergerak melalui atmosfer, ke tempat yang lebih dingin. Suhu yang lebih dingin menyebabkan uap mengembun kembali ke tetesan air, yang datang bersamaan untuk membentuk awan. Saat awan menjadi jenuh, tetesan jatuh ke tanah karena hujan.

 

Contoh evaporasi penguapan dalam kehidupan sehari-hari

Penguapan umumnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika Anda keluar dari kamar mandi, air di tubuh Anda menguap karena Anda kering. Jika Anda meninggalkan segelas air keluar, tingkat air perlahan-lahan akan berkurang karena air menguap. Salah satu contoh penting dari penguapan adalah berkeringat.

Keringat membutuhkan energi untuk menguapkan dari kulit Anda. Ia mendapat energi dari kelebihan panas yang diproduksi tubuh Anda, pada gilirannya menyebabkan Anda untuk mendinginkan.

 

Proses Distilasi

Distilasi adalah proses terkontrol yang biasa digunakan dalam kimia untuk memisahkan campuran cairan. Prosesnya meliputi mendidihkan cairan dan kemudian mengumpulkan uap saat mendingin dan mengembun kembali ke bentuk cair. Perebusan mirip dengan penguapan karena kedua proses mengubah cairan menjadi gas. Namun, ketika cairan direbus, molekul mendapatkan lebih banyak energi dan tekanan uap lebih banyak daripada tekanan atmosfer. Karena perbedaan tekanan, gelembung gas dari seluruh cairan mampu bangkit dan keluar dari uap. Senyawa yang berbeda memiliki titik didih yang berbeda, sehingga dalam campuran air, senyawa dengan titik didih lebih rendah menguap terlebih dahulu.

Contoh Distilasi

Selain digunakan di laboratorium kimia, distilasi digunakan untuk banyak proses komersial lainnya. Air asin diubah menjadi air tawar melalui distilasi. Berbagai bentuk bahan bakar, seperti bensin, dipisahkan dari minyak mentah dengan distilasi. Minuman beralkohol dibuat melalui distilasi. Alkohol direbus dari sisa campuran dan dikumpulkan dalam format terkonsentrasi.

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: ExtensionBritannica

                     

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-09-09T12:29:36+00:00 September 5th, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment