fbpx

Fakta Eiffel Tower – 10 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Menara Eiffel

Fakta Eiffel Tower

10 Hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Eiffel Tower.

 

1. Warna Eiffel Tower pertama kali bukan berwarna perunggu

Sejak selesai pada tahun 1889, menara tersebut telah dicat ulang sebanyak 18 kali, kira-kira sekali dalam 7 tahun. Dibutuhkan 25 pengecat, 18 bulan untuk menyelesaikan pekerjaan cat. Ini sekitar 60 ton cat.

LATAR BELAKANG WARNA EIFFEL TOWER:

  • 1887/88: Cat “Venesia merah”, diaplikasikan di bengkel sebelum bagian-bagiannya dipasang.
  • 1889: Penerapan mantel cokelat yang sangat tebal dan kemerahan.
  • 1892: Menara berubah menjadi “coklat oker”.
  • 1899: Lapisan 5 warna dilukis dengan warna yang teduh dari kuning ke oranye di dasar hingga kuning muda di bagian atas. Setelah kampanye mengecat ulang ini, siklus 7 tahun diadopsi untuk pembaharuan cat.
  • 1907-1917-1924-1932-1939-1947: Warnanya disebut “kuning kecoklatan”. Pelecehan tahun 1917 tertunda karena perang.
  • 1954-61: Warna baru untuk Menara Eiffel: “berwarna merah kecoklatan”.
  • 1968-1975-1982-1988-1995-2002: Warna “Menara Eiffel Brown” dipilih karena harmoninya dengan pemandangan kota Paris. Itu diaplikasikan dalam tiga nada teduh, dengan yang paling gelap di bagian bawah dan paling ringan di bagian atas.

 

Fakta Eiffel Tower

 

2. Menara Eiffel tidak pernah dimaksudkan untuk berdiri selamanya

Sulit membayangkan Paris tanpa Menara Eiffel, tapi jika semuanya berjalan sesuai rencana semula, pusat kota Paris akan kosong. Menara Eiffel dibangun pada tahun 1889 sebagai bagian dari pameran Paris (Pameran Universal). Itu hanya dimaksudkan untuk tetap menjadi bagian dari pameran selama 20 tahun dan kemudian dipindahkan. Syukurlah, para perancang menyadari betapa indahnya penampilannya di kota dan memilih untuk menyimpannya di sana sampai sekarang.

 

3. Dibangun untuk merayakan seratus tahun Revolusi Prancis.

Penyelenggara Pameran Universal 1889, yang memperingati ulang tahun 100 tahun jatuhnya Bastille dan peluncuran Revolusi Prancis, mengadakan sebuah kompetisi terbuka untuk merancang sebuah pusat spektakuler menuju pameran dunia mereka. Dari 107 proposal, mereka memilih desain yang diajukan oleh Eiffel bersama dengan arsitek Stephen Sauvestre dan insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier.

 

4. Eiffel Tower pernah menjadi papan reklame terbesar di dunia

Ketika senja jatuh di Paris antara tahun 1925 dan 1936, seperempat juta bola lampu berwarna yang melekat pada tiga sisi menara menara diterangi untuk mengeja huruf vertikal 100 kaki dari perusahaan mobil Prancis Citroën. Iklan itu berkobar sangat terang sehingga terlihat dari jarak hampir 20 mil, dan Charles Lindbergh menggunakannya sebagai suar saat mendarat di Paris pada penerbangan trans-Atlantic solo tahun 1927.

Iklan Citroen di menara Eiffel

Iklan mobil Citroen di menara Eiffel.

 

5. Radio menyelamatkan Menara Eiffel dari kehancuran

Karena Eiffel menempelkan 80% biaya konstruksi menara, dia diizinkan untuk memiliki struktur tersebut selama 20 tahun untuk menutup investasinya sebelum diserahkan ke tangan pemerintah Paris, yang berencana membongkarnya untuk besi tua. Dengan mencari cara untuk membuktikan utilitas strategis struktur dalam upaya menyelamatkannya, Eiffel memasang antena di atas menara dan melakukan percobaan yang dibiayai dengan telegrapi nirkabel (wireless) yang dimulai pada tahun 1898.

Nilai menara dalam mengirim dan menerima pesan nirkabel, terutama untuk militer Prancis, menyebabkan kota tersebut memperbarui konsesi Eiffel ketika kadaluarsa pada tahun 1909. Saat ini, lebih dari 100 antena di menara balok radio dan siaran televisi di seluruh dunia.

 

6. Selama Perang Dunia Pertama, Menara Eiffel memiliki peran penting

Selama Pertempuran Marne di Perang Dunia I pada tahun 1914, sinyal dikirim keluar dari puncak Menara Eiffel untuk mengarahkan tentara Prancis ke garis depan. Ini bukan hanya taktik organisasi strategis untuk membuat pasukan tentara bergerak, tapi juga sebagai simbol untuk memberikan “selamat supaya menangdalam perang” kepada para tentara pada saat perang.

 

Tentara Eiffel Tower

Tentara Prancis berjaga-jaga dengan senapan mesin di Menara Eiffel, Paris, 1916. Sumber foto: Pinterest

7. Menara Eiffel hampir terbangun di Barcelona

Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu.

Setelah penolakan rencana di kota Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889.

 

8. Menara Eiffel tumbuh di musim panas

Tahukah Anda bahwa Menara Eiffel sebenarnya bervariasi tingginya sekitar 15 cm sepanjang tahun tergantung suhunya?

Ini mungkin tidak mengherankan mengingat menara ini hampir seluruhnya terbuat dari logam. Jadi, karena suhu rata-rata berfluktuasi sepanjang tahun, juga tingginya tinggi menara saat logam mengembang dan berkontraksi.

Bukan hanya itu tapi bagian atas menara juga bisa bergeser dari sinar matahari sebanyak 18 cm karena ekspansi termal di sisi mana yang menghadapinya.

 

9. Anda akan mendaki 1.665 langkah ke tingkat 3

Jika seperti Nazi di Perang Dunia 2, orang Paris memutuskan untuk memotong kabel ke lift, ini adalah perjalanan yang cukup panjang ke menara.

Total ada sekitar 1.665 langkah yang perlu ditempuh untuk sampai ke bagian paling atas Menara Eiffel. Tapi angka resmi ini hanya akan membawa Anda dari lantai dasar ke tingkat ketiga.

Anda hanya secara resmi diizinkan untuk mendaki Menara Eiffel dengan berjalan kaki ke lantai dua. Menaiki tangga ke lantai pertama memakan waktu sekitar setengah jam, tergantung usia dan tingkat kebugaran Anda tentu saja.

 

10. Menara Eiffel menggunakan 20.000 bola lampu di malam hari

Bagi siapa saja yang telah melihat Eiffel Tower pada malam hari mereka dapat membuktikan betapa mengesankannya tampilannya.

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa banyak bola lampu yang dibutuhkan untuk menyalakan menara? Menurut statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 bola lampu.

Hal ini juga ilegal untuk mempublikasikan foto-foto Menara saat menyala di malam hari. Ini karena, menurut Undang-Undang Hak Cipta Uni Eropa, desain pencahayaan adalah karya seni dalam dan dari dirinya sendiri.

Jadi siapa pun yang menerbitkan foto perlu meminta izin dari Société Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel.

Tentu saja, ini mungkin sangat sulit untuk benar-benar dilakukan.

 

Fakta Eiffel Tower

 

Jangan lupa untuk membaca 10 Fakta tentang kota Paris

Klik disini atau klik fotonya.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Jennyfer Kane ArtHistory

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T11:30:28+00:00 Maret 17th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment