fbpx

Fakta Paris – 10 Hal menakjubkan yang tidak Anda ketahui tentang Paris

Paris menara Eiffel10 Hal menakjubkan yang tidak Anda ketahui tentang Paris – Fakta Paris

Berikut adalah beberapa fakta Paris. Paris adalah ibu kota Prancis dan memiliki populasi lebih dari 2 juta peduduk. Terletak di bagian utara negara itu, di Sungai Seine. Kota ini terbagi dua oleh Sungai Seine. Selain itu, Paris juga terbagi menjadi 20 arondisemen (wilayah lingkungan).

Paris memiliki keakraban abadi untuk pengunjung pertama kali dan meskipun yang sudah sering datang, dengan ikon arsitektur yang mudah dikenali, bersama dengan masakan lezat, butik-butik yang elegan dan artistik yang tak ternilai harganya. Berikut adalah 10 fakta Paris yang unik:
 

1. Sekitar 6 juta orang dimakamkan di katakombe di bawah jalanan kota Paris.

 

Catacombes Paris

Sekitar 6 juta orang dimakamkan di katakombe di bawah jalanan kota.

 

2. Menara Eiffel yang terkenal di kota ini, yang dibangun untuk Pameran Dunia (World Fair) 1889, tidak dimaksudkan untuk menjadi struktur permanen. Bangunan setinggi 342 meter ini merupakan yang tertinggi di dunia sampai tahun 1930an.

 

Menara Eiffel

Menara Eiffel.

 

3. Paris adalah rumah bagi Louvre, yang menarik lebih dari 8 juta pengunjung setiap tahunnya. Museum besar ini mencakup 60.000 meter² dan menampilkan hampir 40.000 karya seni.

 

Museum Louvre

Museum Louvre dengan piramid.

 

4. Paris memiliki salah satu jaringan selokan terbesar di dunia yang mencakup 2.100 km dan berasal dari abad ke-13. Museum selokan adalah salah satu atraksi yang paling populer dan tidak biasa di kota ini.

 

Jaringan selokan Paris

Jaringan selokan Paris. Sumber foto: DerHexer, Wikimedia Commons

 

5. Jembatan Alexander III, terdapat patung emas di atas pilar. Masing-masing dari keempat kepingan itu terbuat dari perunggu yang ditutupi lempengan emas dan terdiri dari seorang wanita dan seekor kuda dengan sayap. Patung ini mewakili seni, pertanian, perdagangan dan perang.

 

Jembatan Alexander III

Jembatan Alexander III di kota Paris. Sumber foto: Pixabay

 

6. Paris memiliki sekitar 400 taman, alun-alun dan lebih dari setengah juta pohon.

 

Taman Luxembourg Paris

Taman Luxembourg Paris.

 

7. Notre Dame, salah satu bangunan tertua di Paris, hampir dirubuhkan pada abad ke-19 dan hanya diselamatkan oleh Victor Hugo, yang menanamnya kembali di hati dan kesadaran publik melalui novelnya Notre Dame de Paris (The Hunchback of Notre Dame).

 

Notre Dame de Paris

Notre Dame de Paris (bahasa Perancis untuk “Bunda Kita di Paris”, artinya gereja di Paris yang dipersembahkan pada Bunda Maria), biasanya disebut sebagai Notre Dame, adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité di Paris, Perancis.

 

8. Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan rencana di kota Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889.

 

Sketsa pertama menara Eiffel

Sketsa pertama menara Eiffel oleh Maurice Koechlin termasuk perbandingan ukuran dengan tengara Paris lainnya seperti Notre Dame de Paris, Patung Liberty dan Kolom Vendôme.

 

9. Metro Paris yang terkenal dibangun pada tahun 1900 dan membawa lebih dari 6 juta orang setiap hari. Jaringan transportasi publik sangat efisien sehingga tidak ada stasiun yang berjarak lebih dari 500 meter dari stasiun lainnya.

 

Paris metro pont de Bir Hakeim

Paris metro pont de Bir Hakeim. Sumber foto: Wikimedia

 

10. Montmartre dulunya adalah desa – dan Anda masih bisa melihat peninggalannya yang berada di Distrik Montmartre sangat artistik, contohnya kebun anggur kecil “Vignes du Clos Montmartre”. Sekarang merupakan perhentian yang mantap di sirkuit wisata berkat statusnya sebagai rumah lukis Impressionism and dansa French Can-Can, pernah menjadi pelopor di pedesaan.

 

Sacre Coeur - Basilika Hati Suci Paris

Sacre Coeur – Gereja Hati Suci Paris. Yang terletak di distrik Montmartre.

 

Jangan lupa untuk melihat 10 Fakta Menara Eiffel (Eiffel Tower)

Klik disini atau di foto ini.
 

Fakta Eiffel Tower

Fakta Eiffel Tower – 10 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Menara Eiffel

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: WikipediaTelegraph


 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-04-16T12:33:59+07:00 Maret 16th, 2018|Geografi & Sejarah, Top 10|2 Comments

2 Comments

  1. Ida 03/05/2018 at 6:02 am - Reply

    Wow, fakta Paris ini ok banget, apa lagi yang Katakomba! Ada sekitar 6 juta tengkorak yang diletakkan dibawah area di Paris. Gue jadi tahu.

    Thank you Min. Keep up the good job 🙂

    • Pinter Pandai 03/05/2018 at 8:00 am - Reply

      Sama-sama Ida 🙂 semoga artikel ini dapat membantu Anda dan orang lainnya.

Leave A Comment