fbpx

Faktor Transkripsi – Sekelompok Protein di Dalam Inti Sel

Faktor Transkripsi

Dalam genetika, faktor transkripsi adalah sekelompok protein di dalam inti sel yang berperan serta dalam proses transkripsi kode genetik menjadi mRNA. Faktor transkripsi merupakan mata rantai terakhir pada lintasan transduksi sinyal yang mengkonversi sinyal ekstraselular menjadi modulasi ekspresi genetik. Regulasi transkripsi dicapai dengan terikatnya protein pada deret dan motif struktur DNA tertentu yang biasanya terletak pada hulu gen target.

Sebelum proses transkripsi terjadi, DNA mengalami suatu tahapan “pematangan” atau penyiapan. Ini biasanya berupa perubahan konformasi pada molekul DNA dan pembukaan pilinan secara lokal. Selanjutnya beberapa protein akan menempati beberapa titik di dekat promoter inti untuk mempersiapkan tempat bagi enzim RNA-polimerase dan menunjukkan ribosom tempat ia harus memposisikan diri. Rangkaian protein inilah yang disebut faktor transkripsi.

Faktor transkripsi diketahui berperan penting dalam pengendalian sejumlah variasi fenotipe penting. Selain itu, banyak lokus sifat kuantitatif (QTL) yang ditemukan ternyata memuat sekuens yang mengkode faktor transkripsi. Sekuens-sekuens yang mengkode faktor transkripsi untuk suatu gen disebut sebagai trans-acting sequences (“sekuens beraksi trans”) karena mengatur ekspresi suatu gen dari kejauhan.

 

Proses transkripsi DNA pada sel eukariotik berlangsung di mana?

Transkripsi adalah proses sintesis molekul RNA pada DNA templat. Pada organisme eukariotik proses ini terjadi pada inti sel/nukleus. Sedangkan pada organisme prokariotik berada di sitoplasma karena tidak memiliki inti sel (tepatnya pada kromosom).

 

Bagaimana proses transkripsi DNA?

Transkripsi dinyatakan sebagai sintesis RNA dari template DNA. Transkripsi DNA adalah proses di mana informasi genetik ditranskripsi dari DNA ke RNA. Transkrip DNA atau RNA yang ditranskripsi digunakan untuk memproduksi protein.

 

Faktor Transkripsi

Faktor Transkripsi – Sekelompok Protein di Dalam Inti Sel. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Apa yang dimaksud dengan sintesis protein?

Sintesis protein (disebut juga biosintesis protein) adalah proses pembentukan partikel protein dalam bahasan biologi molekuler yang didalamnya melibatkan sistesis RNA yang dipengaruhi oleh DNA. Molekul RNA inilah yang ditranslasi menjadi asam amino sebagai penyusun protein.

 

Proto-onkogen

Banyak proto-onkogen merupakan faktor transkripsi dan dapat ditemukan melalui tiap-tiap homolog retroviral bersangkutan.  Ongkogen yang termodifikasi sehingga meningkatkan keganasan sel tumor. Beberapa contoh meliputi erb A, ets, fos, jun, myb, and c-myc. Kompleks antara fos dan jun membentuk faktor transkripsi AP-1 yang mengendalikan ekspresi genetik mitosis (adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel), sedangkan Erb A merupakan pencerap hormon T3

Proto-onkogen yang berfungsi layaknya faktor transkripsi sering teraktivasi oleh translokasi kromosomal pada neoplasma padat dan hematologis, sehingga para ahli selalu berupaya untuk mendayagunakan faktor transkripsi untuk terapi kanker.

Sebagai contoh, proto-onkogen c-myc seringkali teraktivasi oleh translokasi kromosomal pada leukimia dan limfoma.

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
Sumber bacaan: Science DirectBritannicaNature

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-11-28T22:35:32+00:00 November 24th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment