Jenis Kanker | Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya | Sains Kedokteran

20 min read

Jenis kanker

Daftar Jenis Penyakit Kanker dan Tempat Terjadinya Kanker

Penyakit kanker adalah kelompok penyakit yang kompleks dengan banyak kemungkinan penyebabnya. Pada bagian ini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang penyebab kanker yang diketahui dan mungkin, serta informasi umum tentang penyebab, gejala, perawatan dan pencegahan beberapa tipe / jenis kanker dibawah ini:

Kanker ginjal mengacu pada pertumbuhan abnormal sel-sel di ginjal. Jenis kanker ginjal yang paling umum adalah karsinoma sel ginjal. Gejala mungkin termasuk darah dalam urin, nyeri panggul, massa perut, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi target, imunoterapi, dan terapi radiasi.

Kanker hati mengacu pada pertumbuhan abnormal sel-sel di hati. Jenis yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler. Gejala mungkin termasuk sakit perut, penyakit kuning, penurunan berat badan, dan kelelahan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, transplantasi hati, terapi radiasi, terapi target, dan kemoterapi.

Karsinoma adalah jenis kanker yang berasal dari sel epitel, yaitu sel yang melapisi organ dan jaringan tubuh. Ini dapat mempengaruhi berbagai organ dan dapat dikategorikan ke dalam subtipe yang berbeda seperti karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma.

  • Karsinoma paru sel kecil

Karsinoma paru-paru sel kecil, juga dikenal sebagai kanker paru-paru sel kecil (SCLC: Small Cell Lung Cancer), adalah jenis kanker paru-paru yang biasanya dimulai di bronkus, saluran udara paru-paru. Ini ditandai dengan pertumbuhan cepat sel kanker kecil berbentuk oat. SCLC sering dikaitkan dengan perokok berat dan cenderung menyebar dengan cepat ke bagian tubuh lainnya. Pilihan pengobatan mungkin termasuk kemoterapi, terapi radiasi, terapi target, dan imunoterapi.

Kanker kandung kemih mengacu pada pertumbuhan abnormal sel-sel di kandung kemih, yang bertanggung jawab untuk menyimpan urin. Ini dapat menyebabkan gejala seperti darah dalam urin, sering buang air kecil, dan nyeri saat buang air kecil. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan imunoterapi.

Kanker kerongkongan terjadi di kerongkongan, yaitu saluran yang membawa makanan dari tenggorokan ke lambung. Ini dapat menyebabkan gejala seperti kesulitan menelan, nyeri dada, dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Kanker perut, juga dikenal sebagai kanker lambung, adalah jenis kanker yang terbentuk di sel-sel lapisan lambung. Ini lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua dan mungkin tidak menimbulkan gejala yang terlihat pada tahap awal. Saat kanker berkembang, gejala seperti sakit perut, gangguan pencernaan, mual, dan penurunan berat badan dapat terjadi. Pilihan pengobatan untuk kanker lambung mungkin termasuk pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, terapi target, dan imunoterapi.

Leukemia adalah kanker darah dan sumsum tulang, tempat sel darah putih abnormal diproduksi. Ini diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis berdasarkan sel spesifik yang terpengaruh. Gejala mungkin termasuk kelelahan, sering infeksi, mudah berdarah atau memar, dan nyeri tulang. Pilihan pengobatan tergantung pada jenis dan stadium leukemia dan mungkin termasuk kemoterapi, terapi target, terapi radiasi, dan transplantasi sel punca.

Sindrom Li-Fraumeni adalah kelainan genetik langka yang meningkatkan risiko berkembangnya berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, tumor otak, sarkoma tulang, dan tumor kelenjar adrenal. Ini disebabkan oleh mutasi pada gen TP53. Manajemen biasanya melibatkan pemeriksaan rutin dan tindakan proaktif untuk mengurangi risiko kanker.

Kanker mata dapat memengaruhi berbagai bagian mata, termasuk retina, koroid, atau jaringan di sekitar mata. Gejala mungkin termasuk perubahan penglihatan, sakit mata, dan massa yang terlihat di dalam atau di sekitar mata. Pilihan pengobatan mungkin termasuk terapi radiasi, perawatan laser, dan pembedahan.

  • Mesothelioma (lapisan tipis jaringan yang menutupi banyak organ dalam, area yang paling umum terkena adalah lapisan paru-paru dan dinding dada)

Mesothelioma adalah jenis kanker yang menyerang mesothelium, yaitu lapisan tipis jaringan yang menutupi banyak organ dalam. Area yang paling umum terkena adalah lapisan paru-paru dan dinding dada. Ini terutama disebabkan oleh paparan asbes. Gejala mungkin termasuk nyeri dada, sesak napas, batuk, dan penurunan berat badan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Myeloma, juga dikenal sebagai multiple myeloma, adalah kanker yang menyerang sel plasma di sumsum tulang. Ini menghasilkan pertumbuhan berlebih sel plasma abnormal, yang dapat mendesak keluar sel sehat dan merusak fungsi normal sumsum tulang. Gejala mungkin termasuk nyeri tulang, kelelahan, sering infeksi, dan anemia. Pilihan pengobatan mungkin termasuk kemoterapi, transplantasi sel induk, terapi bertarget, dan perawatan suportif.

Multiple myeloma adalah kanker yang berkembang di sel plasma, yang merupakan jenis sel darah putih yang biasanya menghasilkan antibodi. Ini biasanya mempengaruhi sumsum tulang dan dapat menyebabkan kelebihan produksi sel plasma abnormal. Gejala mungkin termasuk nyeri tulang, kelelahan, sering infeksi, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk kemoterapi, transplantasi sel induk, terapi bertarget, dan imunoterapi.

  • Kanker mulut

Kanker mulut mengacu pada kanker yang berkembang di jaringan mulut, termasuk bibir, lidah, gusi, dan tenggorokan. Ini sering dikaitkan dengan penggunaan tembakau, konsumsi alkohol berlebihan, dan infeksi human papillomavirus (HPV). Gejala mungkin termasuk sariawan, kesulitan menelan, nyeri terus-menerus, dan perubahan bicara. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Kanker otak adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan abnormal sel-sel di otak. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala tergantung pada lokasi dan jenis tumor. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Kanker ovarium terjadi ketika sel-sel abnormal pada ovarium tumbuh di luar kendali. Seringkali sulit untuk dideteksi pada tahap awal, yang berkontribusi pada tingkat kematiannya yang tinggi. Gejala mungkin termasuk perut kembung, nyeri panggul, perubahan kebiasaan buang air besar, dan sering buang air kecil. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, kemoterapi, terapi target, dan terapi radiasi.

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali pada jaringan payudara. Ini adalah kanker yang paling umum di kalangan wanita. Gejala mungkin termasuk benjolan di payudara, perubahan bentuk atau ukuran payudara, keluarnya cairan dari puting susu, atau perubahan kulit. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, dan terapi target.

Kanker payudara — istilah yang sering dikaitkan dengan wanita — adalah masalah kesehatan yang signifikan yang juga dapat memengaruhi pria. Meskipun kanker payudara pada pria relatif jarang dibandingkan dengan prevalensinya pada wanita, penting untuk mengetahui bahwa hal itu dapat terjadi dan mewaspadai risiko, gejala, dan tindakan pencegahannya. Pada artikel ini, kami menyoroti kanker payudara pada pria, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan deteksi dini.

Kanker paru-paru terjadi ketika sel-sel abnormal di paru-paru tumbuh di luar kendali. Ini sering dikaitkan dengan merokok tetapi juga dapat terjadi pada bukan perokok. Gejala mungkin termasuk batuk terus-menerus, nyeri dada, sesak napas, dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Pilihan pengobatan tergantung pada jenis dan stadium kanker paru-paru dan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi.

Kanker pankreas berkembang di jaringan pankreas, organ yang bertanggung jawab untuk memproduksi enzim pencernaan dan insulin. Seringkali sulit untuk mendiagnosisnya pada tahap awal, yang mengarah ke tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah. Gejala mungkin termasuk sakit perut, penyakit kuning, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan masalah pencernaan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, terapi target, dan imunoterapi.

Plasmacytoma adalah jenis kanker yang berasal dari sel plasma, yang merupakan jenis sel darah putih. Ini terkait erat dengan multiple myeloma dan dapat berkembang di sumsum tulang atau jaringan lain. Plasmasitoma dapat terjadi sebagai tumor tunggal atau banyak tumor. Pilihan pengobatan mungkin termasuk terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi yang ditargetkan.

Kanker prostat adalah kanker yang berkembang di kelenjar prostat, yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Ini adalah salah satu kanker paling umum pada pria. Gejala mungkin termasuk kesulitan buang air kecil, darah dalam urin atau air mani, disfungsi ereksi, dan nyeri di punggung bawah atau pinggul. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, dan imunoterapi.

Kanker rahim, juga dikenal sebagai kanker rahim, dan kanker endometrium mengacu pada pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam rahim. Gejala mungkin termasuk pendarahan vagina yang tidak normal, nyeri panggul, dan perasaan penuh di perut. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, dan terapi target.

Rhabdomyosarcoma adalah jenis kanker langka yang berkembang di jaringan lunak, khususnya di jaringan otot rangka. Ini paling sering didiagnosis pada anak-anak dan remaja. Gejala dapat bervariasi tergantung pada lokasi tumor. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Sarkoma adalah istilah luas yang mengacu pada sekelompok kanker yang berkembang di jaringan ikat, seperti tulang, otot, dan lemak. Ada berbagai subtipe sarkoma, masing-masing dengan karakteristik dan pendekatan pengobatannya sendiri. Gejala mungkin tergantung pada subtipe spesifik dan lokasi tumor. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Sarkoma jaringan lunak mengacu pada sekelompok kanker yang berkembang di jaringan lunak tubuh, seperti otot, tendon, lemak, pembuluh darah, dan saraf. Ada banyak subtipe sarkoma jaringan lunak yang berbeda, masing-masing dengan karakteristik unik dan pilihan pengobatannya sendiri. Gejala umum mungkin termasuk benjolan atau pembengkakan di daerah yang terkena. Perawatan mungkin melibatkan pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi yang ditargetkan.

Kanker serviks berkembang di leher rahim, yang merupakan bagian bawah rahim. Hal ini sering disebabkan oleh infeksi terus-menerus dengan strain human papillomavirus (HPV) tertentu. Gejala mungkin termasuk pendarahan vagina yang tidak normal, nyeri saat berhubungan seksual, dan nyeri panggul. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Kanker tiroid terjadi ketika sel abnormal terbentuk di jaringan kelenjar tiroid, yang terletak di bagian depan leher. Ini lebih sering terjadi pada wanita dan biasanya memiliki prognosis yang baik bila terdeteksi dini. Gejala umum mungkin termasuk benjolan atau pembengkakan di leher, kesulitan menelan, dan perubahan suara. Pilihan pengobatan untuk kanker tiroid mungkin termasuk pembedahan, terapi yodium radioaktif, terapi hormon, dan terapi target.

Kanker testis adalah kanker yang berkembang di testis, yang merupakan organ reproduksi pria yang bertanggung jawab untuk memproduksi sperma dan testosteron. Ini adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada pria muda. Gejala yang paling umum adalah benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri di testis. Kanker testis memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi, terutama bila didiagnosis dan diobati sejak dini. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan pengawasan.

Kanker tulang mengacu pada pertumbuhan abnormal sel-sel di tulang. Itu bisa timbul di tulang itu sendiri atau menyebar dari situs lain. Gejala umum termasuk nyeri tulang, patah tulang, dan pembengkakan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Kanker usus besar, juga dikenal sebagai kanker kolorektal, mempengaruhi usus besar atau rektum. Biasanya dimulai sebagai polip, pertumbuhan kecil di lapisan dalam usus besar atau rektum, yang dapat menjadi kanker seiring waktu. Gejala umum termasuk perubahan kebiasaan buang air besar, darah di tinja, sakit perut, dan penurunan berat badan yang tidak disengaja. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Apakah Penyakit Kanker Itu?

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel secara tidak terkendali. Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal.
Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Baca artikel pemahaman penyakit kanker dan Daftar Jenis Kanker sampai habis, untuk mengenal lebih baik!
Memahami penyakit dan jenis kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?”

Kanker bisa diobati dengan baik bagi banyak orang. Disini kita akan menjelaskan apa itu kanker dan bagaimana cara kerjanya. Anda akan menemukan daftar kata-kata tentang kanker dan apa yang mereka maksud di akhir artikel ini.

Anda perlu tahu bahwa penyakit kanker bukanlah hukuman atas tindakan masa lalu Anda.

Jenis Kanker Darah

Leukemia limfositik akut (ALL: Acute lymphocytic leukemia)
Leukemia myelogenous akut (AML: Acute myelogenous leukemia)
Leukemia limfositik kronis (CLL: Chronic lymphocytic leukemia)
Leukemia myelogenous kronis (CML: Chronic myelogenous leukemia)
Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin adalah jenis kanker yang mempengaruhi sistem limfatik, terutama kelenjar getah bening. Ini ditandai dengan adanya sel Reed-Sternberg. Gejala umum termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, keringat malam, dan gatal-gatal. Pilihan pengobatan mungkin termasuk kemoterapi, terapi radiasi, terapi yang ditargetkan, dan transplantasi sel induk.

Limfoma Hodgkin – Anak
Leukemia
Leukemia – Anak
Mieloma multipel
Limfoma Non Hodgkin
Limfoma Non-Hodgkin – masa kanak-kanak

Limfoma Hodgkin dan Non-Hodgkin: Limfoma adalah kanker yang mempengaruhi sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Limfoma Hodgkin ditandai dengan adanya sel Reed-Sternberg, sedangkan limfoma non-Hodgkin mencakup berbagai subtipe. Gejala mungkin termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, keringat malam, dan gatal-gatal. Pilihan pengobatan tergantung pada subtipe spesifik, stadium, dan faktor individu, dan mungkin termasuk kemoterapi, terapi radiasi, terapi target, dan transplantasi sel punca.

Kanker pencernaan

Anus (Dubur)
Saluran Empedu
Kolon / Kolorektal
Kerongkongan
Kantong empedu
Hati
Pankreas
Usus
Perut

Kanker kepala dan leher

Hipofaringeal – juga tenggorokan
Laring – juga tenggorokan

Kanker laring (kotak suara)
Kanker laring, juga dikenal sebagai kanker kotak suara, berkembang di jaringan laring. Gejala mungkin termasuk suara serak, kesulitan menelan, batuk terus-menerus, dan benjolan di leher. Pilihan pengobatan tergantung pada stadium dan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi target.

Mulut
Hidung dan paranasal
Nasofaringeal – juga tenggorokan
Orofaringeal – juga tenggorokan
Kelenjar ludah

Kanker juga dinamai berdasarkan jenis jaringan di mana mereka berasal

Karsinoma

Karsinoma adalah kanker yang dimulai pada kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ. Lapisan ini disebut epitel dan terdiri dari berbagai jenis sel. Karsinoma adalah jenis kanker yang paling umum. Berikut beberapa contohnya:

  • adenokarsinoma dimulai di sel kelenjar seperti yang ada di usus, paru-paru atau prostat;
  • karsinoma sel basal dimulai di kulit;
  • karsinoma sel skuamosa dimulai di kulit (disebut karsinoma sel skuamosa) atau di selaput lendir seperti yang melapisi mulut dan vagina;
  • Karsinoma transisional dimulai di saluran kemih di dalam organ seperti kandung kemih atau ureter.

Sarkoma

Sarkoma adalah kanker yang dimulai pada jaringan ikat atau pendukung seperti tulang, otot, lemak, tulang rawan, dan pembuluh darah. Sarkoma lebih jarang daripada karsinoma. Berikut beberapa contohnya:

Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker yang dimulai pada sel yang disebut melanosit. Sel-sel ini membuat melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. Kebanyakan melanoma muncul di kulit, tetapi bisa juga muncul di bagian tubuh mana pun yang mengandung melanosit, seperti anus dan mata.

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang pada sel penghasil melanin, yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata. Ini biasanya terkait dengan paparan radiasi ultraviolet (UV), seperti dari matahari atau tanning bed. Melanoma dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, termasuk area yang tidak terpapar sinar matahari. Deteksi dini sangat penting, karena melanoma dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, imunoterapi, terapi target, kemoterapi, dan terapi radiasi.

Kanker darah

Leukemia, limfoma, dan multiple myeloma adalah jenis kanker darah.

Leukemia

Leukemia dimulai di sumsum tulang, tempat sel darah dibuat. Pada penderita leukemia, terdapat banyak sel darah abnormal di sumsum tulang dan darah. Kanker jenis ini tidak membentuk tumor padat.

Limfoma

Limfoma adalah kanker yang dimulai pada limfosit. Limfosit adalah jenis sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan dan sistem limfatik. Pada orang dengan limfoma, banyak limfosit abnormal ditemukan menumpuk di kelenjar getah bening, pembuluh getah bening, sumsum tulang, limpa dan bagian tubuh lainnya.

Mieloma multipel

Multiple myeloma adalah kanker sel plasma, sejenis sel darah putih yang dibuat di sumsum tulang. Sel plasma adalah bagian dari sistem kekebalan dan mereka menghasilkan antibodi yang melawan infeksi. Pada orang dengan multiple myeloma, banyak sel plasma abnormal, yang disebut sel myeloma, ditemukan menumpuk di sumsum tulang. Sel myeloma dapat membentuk tumor di tulang atau jaringan lain.


Daftar jenis kanker
Sel kanker paru-paru yang terbelah. Sumber foto: National Institutes of Health

Dasar-dasar Pemahaman Penyakit Kanker

Kanker bukan hanya satu penyakit.

Ada banyak jenis kanker dan bukan hanya satu penyakit. Kanker bisa dimulai di paru-paru, serviks, payudara, usus besar atau bahkan di dalam darah. Kanker serupa dalam beberapa hal, namun berbeda dalam cara mereka tumbuh dan menyebar.

Bagaimana Bentuk Penyakit Kanker?

Sel-sel di tubuh kita semua memiliki pekerjaan-pekerjaan tertentu untuk dilakukan. Sel normal membelah secara alami, biasanya merupakan bagian kecil dari suatu siklus sel yang lebih besar. Mereka mati pada saat mereka aus atau rusak dan sel baru menggantikan mereka. Kanker adalah saat sel-sel mulai tumbuh dan tak terkendali.

Sel kanker terus tumbuh dan membuat sel baru. Mereka menggaet sel normal menjadi sel yang buruk. Hal ini menyebabkan masalah pada bagian tubuh dimana kanker dimulai.

Beberapa jenis kanker dan terutama sel kanker juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain. Misalnya, sel kanker di paru-paru bisa melakukan perjalanan ke tulang dan tumbuh disana. Saat sel kanker menyebar, itu disebut metastasis. Saat kanker paru menyebar ke tulang, masih disebut kanker paru-paru. Bagi dokter, sel kanker di tulang terlihat seperti yang berasal dari paru-paru. Ini tidak disebut kanker tulang kecuali jika dimulai di tulang.

Apakah Penyakit Kanker Berbeda-Beda?

Beberapa jenis kanker tumbuh dan menyebar dengan cepat. Yang lainnya tumbuh lebih lambat. Mereka juga menanggapi pengobatan dengan cara yang berbeda. Beberapa jenis kanker paling baik diobati dengan pembedahan; yang lain merespons dengan obat yang lebih baik yang disebut kemoterapi. Seringkali 2 atau lebih perawatan digunakan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bila seseorang menderita kanker, dokter pasti ingin mengetahui jenis kankernya. Orang dengan kanker membutuhkan perawatan yang sesuai untuk jenis kanker mereka.

Perkembangan sel normal menjadi sel kanker
Memahami penyakit kanker. Perkembangan sel normal menjadi sel kanker.

Klasifikasi Penyakit Kanker

Pada umumnya, kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Sebagai contoh, kanker yang bermula pada usus besar dirujuk sebagai kanker usus besar, sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal dari kulit dirujuk sebagai karsinoma sel basal. Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum, misalnya:

  • Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contoh meliputi kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, hipernefroma, kanker lambung, kanker testiskular dan kanker tiroid.

  • Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma, jaringan otot seperti rabdomiosarcoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.

  • Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah.

  • Limfoma, merupakan kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh


Apakah Tumor Itu?

Sebagian besar kanker membentuk benjolan yang disebut tumor atau pertumbuhan. Tapi tidak semua benjolan itu kanker. Dokter mengambil sepotong benjolan itu dan melihatnya untuk mengetahui apakah itu kanker. Benjolan yang bukan kanker disebut jinak (benign). Benjolan yang terkena kanker disebut ganas (maligna).

Ada beberapa jenis kanker, seperti leukemia (kanker darah), yang tidak berbentuk tumor. Mereka tumbuh di sel darah atau sel tubuh lainnya.

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda Tumor | Tumor Marker | Apa Saja Tes Darah Penanda Tumor untuk Mendeteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.


Pembentukan Sel Kanker

Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel kanker adalah:

  • Hiperplasia adalah keadaan saat sel normal dalam jaringan bertumbuh dalam jumlah yang berlebihan.

  • Displasia merupakan kondisi ketika sel berkembang tidak normal dan pada umumnya terlihat adanya perubahan pada nukleusnya. Pada tahapan ini ukuran nukleus bervariasi, aktivitas mitosismeningkat, dan tidak ada ciri khas sitoplasma yang berhubungan dengan diferensiasi sel pada jaringan.

  • Neoplasia merupakan kondisi sel pada jaringan yang sudah berproliferasi secara tidak normal dan memiliki sifat invasif.


Penyakit Kanker bisa menyebar dari mana ia mulai dan menyebar ke bagian tubuh yang lain

Saat kanker menyebar ke bagian lain tubuh, itu disebut metastasis. Sel kanker melepaskan diri dari tempat mereka memulai (tumor primer) dan melakukan perjalanan melalui sistem getah bening atau darah.

  • Sistem getah bening. Kanker masuk ke sistem getah bening, berjalan melalui pembuluh getah bening, dan membentuk tumor (tumor metastatik) di bagian lain tubuh.

  • Darah. Kanker masuk ke dalam darah, berjalan melalui pembuluh darah, dan membentuk tumor (tumor metastatik) di bagian lain tubuh.

    Tumor metastasis adalah jenis kanker yang sama dengan tumor primer. Misalnya, jika kanker hati menyebar ke paru-paru, sel kanker di paru-paru sebenarnya adalah sel kanker hati. Penyakitnya adalah kanker hati metastatik, bukan kanker paru-paru.


Bagaimana sel kanker tumbuh dan menyebar?

  • Tubuh manusia terdiri dari miliaran sel. Sel adalah blok bangunan kecil dari jaringan dan organ tubuh kita. Kita semua memulai hidup sebagai satu sel. Sel itu membuat salinan internal dirinya sendiri (replikasi) dan kemudian terbagi menjadi 2 sel.

  • Sel-sel tersebut kemudian juga direplikasi dan dibagi-bagi secara alami, sehingga kedua sel menjadi empat sel. Empat sel direplikasi juga dan dibagi menjadi delapan sel dan seterusnya.

  • Sel mengkhususkan diri untuk melakukan tugas tertentu. Beberapa sel akan berkumpul bersama untuk membentuk jari, misalnya. Yang lainnya menciptakan kulit dan menyembuhkan kulit saat terluka. Sel menjadi tua dan mati setelah beberapa waktu tertentu (“kematian sel terprogram”, atau apoptosis) dan replikasi memastikan bahwa sel baru dibuat untuk menggantikannya.

  • Ketika mereka bertindak normal, sel-sel “mengtahui” sel-sel lain untuk bergabung dan bertahan – dan mereka juga tahu kapan harus berhenti melakukan replikasi dan mati secara alami. Setiap jenis sel memiliki peran dan kumpulan pengetahuan atau instruksi khusus dalam DNA (gen) mereka. Sel kita tahu bagaimana cara untuk membuat jumlah jari yang tepat di tangan kita (dan mereka tahu jari itu seharusnya hanya tumbuh di tangan kita).

  • Setiap jari ditutupi kulit dan masing-masing jari memiliki kuku jari. Jika kita memotong jari kita, sel kulit akan mulai bereplikasi dan menciptakan kulit baru untuk menyembuhkan luka. Jika kita kehilangan kuku, sel kita bisa menumbuhkan kuku baru. Tapi sel tidak akan menciptakan jari ekstra, meski kita kehilangan satu. Aturannya jelas untuk sel-sel itu, dan peraturan itu tetap sesuai aturan.

Pembelahan sel
Pembelahan sel adalah suatu proses yang membagi satu sel induk menjadi dua atau lebih sel anak. Pembelahan sel biasanya merupakan bagian kecil dari suatu siklus sel yang lebih besar.
Sumber foto: National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine

Apa yang dimaksud dengan stadium kanker?

Dokter juga perlu mengetahui apakah dan seberapa jauh kanker telah menyebar dari tempat yang mulainya. Ini disebut stadium kanker. Anda mungkin pernah mendengar orang lain mengatakan bahwa kanker mereka stadium 1 atau stadium 2. Mengetahui stadium kanker membantu dokter menentukan jenis perawatan apa yang terbaik.

Untuk setiap jenis kanker ada tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui stadium kanker. Sebagai aturan, tahap yang lebih rendah (seperti tahap 1 atau 2) berarti bahwa kanker belum menyebar sangat banyak. Angka yang lebih tinggi (seperti tahap 3 atau 4) berarti telah menyebar lebih banyak. Tahap 4 adalah tahap tertinggi.

Mintalah dokter Anda untuk menjelaskan stadium kanker Anda dan apa artinya bagi Anda.

Apa saja jenis pengobatan kanker?

Pengobatan yang paling umum untuk kanker adalah operasi, kemoterapi dan radiasi.

  • Pembedahan atau operasi kanker bisa digunakan untuk mengeluarkan kanker. Dokter mungkin juga mengeluarkan sebagian atau seluruh bagian tubuh yang terkena kanker. Untuk kanker payudara, bagian (atau semua) payudara bisa diangkat. Untuk kanker prostat, kelenjar prostat bisa dikeluarkan. Pembedahan tidak digunakan untuk semua jenis kanker. Misalnya, kanker darah seperti leukemia paling baik diobati dengan obat-obatan kimia.

Operasi Kanker: Pemahaman Bedah, Jenis, Risiko, dan Pemulihan

  • Kemo (singkatan dari kemoterapi) adalah penggunaan obat untuk membunuh sel kanker atau memperlambat pertumbuhannya. Beberapa kemoterapi dapat diberikan oleh IV (ke pembuluh darah melalui jarum) dan ada pula pil yang Anda telan. Karena kemo obat perjalanan ke hampir seluruh bagian tubuh, mereka berguna untuk kanker yang telah menyebar.

Obat Kemoterapi | Daftar obat yang digunakan dalam kemoterapi

  • Radiasi juga digunakan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Bisa digunakan sendiri atau dengan operasi atau kemoterapi. Pengobatan radiasi seperti mendapatkan sinar-x. Terkadang diberikan dengan meletakkan “benih” di dalam kanker untuk mengeluarkan radiasi.

Radioterapi | Terapi Radiasi untuk Kanker | Bagaimana Cara Bekerjanya?

  • Imunoterapi melibatkan penggunaan pertahanan kekebalan tubuh untuk menyerang dan menghancurkan sel kanker. Pendekatan yang berbeda telah digunakan selama beberapa dekade, sebelum bergerak baru-baru ini menuju strategi baru yang sangat menjanjikan: menargetkan sel-sel kekebalan dengan obat-obatan untuk mematahkan toleransi mereka terhadap sel kanker dan dengan demikian merangsang penghancurannya oleh tubuh.

Imunoterapi (Terapi Biologis) Pengobatan Kanker | Jenis, Untuk Menerimanya, Efek samping | Sains Kedokteran

  • Terapi bertarget (Targeted Therapy) atau terapi target untuk kanker menggunakan obat-obatan untuk menargetkan molekul tertentu, seperti protein, di permukaan atau di dalam sel kanker. Terapi bertarget juga disebut terapi penargetan molekuler. Ini dikelola dan diberikan untuk:

Terapi Target untuk Kanker | Jenis, Menerima pengobatan, Efek samping

Lobus prostat tengah
Prostat dengan lobus median besar menonjol ke atas. Instrumen logam ditempatkan di uretra (yang melewati prostat). Spesimen ini berukuran hampir 7 cm dengan volume sekitar 60 cm kubik pada ultrasound transrectal dan dikeluarkan selama prosedur Hryntschak atau prostatektomi transvesikal (pengangkatan prostat melalui kandung kemih) untuk hiperplasia prostat jinak.
Dalam anatomy lobus adalah divisi anatomis yang jelas atau perpanjangan organ. Sumber foto: Steven Fruitsmaak – Wikipedia

Perawatan apa yang terbaik untuk penyakit kanker saya?

  • Pengobatan kanker Anda akan tergantung pada apa yang terbaik untuk Anda. Beberapa jenis kanker merespons operasi yang lebih baik; yang lain merespons kemo atau radiasi dengan lebih baik. Mengetahui jenis kanker yang Anda miliki adalah langkah pertama untuk mengetahui perawatan mana yang paling sesuai untuk Anda.

  • Tahapan kanker Anda juga akan membantu dokter menentukan pengobatan terbaik untuk Anda. Kanker stadium 3 atau 4 cenderung merespons pengobatan yang lebih baik yang mengobati seluruh tubuh, seperti kemo.

  • Kesehatan Anda dan perawatan yang Anda inginkan juga akan berperan dalam menentukan pengobatan kanker. Tidak semua jenis pengobatan akan bekerja untuk kanker Anda, jadi tanyakan apa pilihan yang Anda miliki. Dan perawatan memang memiliki efek samping, jadi tanyakan tentang apa yang diharapkan dengan setiap pengobatan.

  • Jangan takut untuk bertanya. Ini adalah hak Anda untuk mengetahui perawatan apa yang paling mungkin membantu dan efek sampingnya.

Baca juga: Menjalani Kemoterapi – Proses, Persiapan dan Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Kemoterapi?


Apakah penyakit kanker menular?

Kanker TIDAK menular!

Seseorang yang berkondisi sehat tidak bisa “menangkap atau mengidap” kanker dari seseorang yang memilikinya. Tidak ada bukti bahwa kontak dekat atau hal-hal seperti seks, berciuman, menyentuh, berbagi makanan atau menghirup udara yang sama bisa menyebarkan kanker dari satu orang ke orang lain.

Sel kanker dari satu orang pada umumnya tidak dapat hidup di tubuh orang sehat lainnya. Sistem kekebalan tubuh orang yang berkondisi sehat mengenali sel asing dan menghancurkannya, termasuk sel kanker dari orang lain.

Kalau kuman dan bakteri menular!

Kita tahu bahwa kuman (terutama bakteri dan virus) dapat berpindah dari orang ke orang melalui seks, berciuman, menyentuh dan berbagi atau menyiapkan makanan. Beberapa bahkan bisa disebarkan dengan menghirup udara yang sama.

Baca juga: Penyakit Infeksi dan Menular (Infectious Diseases) | (virus, bakteri, parasit, jamur, protozoa) dan Penyakit Kelamin atau Penyakit Menular Seksual pada Wanita Pria | Contoh Penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual

Tapi kuman jauh lebih mungkin menjadi ancaman bagi penderita kanker daripada orang yang sehat. Ini karena penderita kanker sering memiliki sistem kekebalan yang lemah, terutama saat mereka mendapatkan perawatan. Mereka mungkin tidak dapat melawan infeksi dengan baik.


PET Scan (Positron Emission Tomography) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga | Sains Kedokteran


Studi ilmiah penyebab penyakit kanker menunjukkan bahwa kanker tidak menyebar seperti penyakit menular

Jika kanker menular, kita akan mengalami epidemi kanker sama seperti kita menderita wabah flu – kanker akan menyebar seperti campak, polio, atau flu biasa. Studi memperkirakan tingkat kanker yang tinggi di antara keluarga dan teman pasien kanker dan di antara profesional kesehatan karena keterpaparan mereka terhadap penyakit ini. Ini bukan kasusnya.

Fakta bahwa kanker mungkin terjadi lebih sering pada keluarga tertentu, tidak berarti bahwa anggota keluarga telah menyebarkan kanker satu sama lain. Ada alasan lain hal ini bisa terjadi:

  • Anggota keluarga memiliki gen yang sama.
  • Keluarga mungkin memiliki gaya hidup sehat yang tidak sehat (merokok, misalnya).
  • Anggota keluarga semua mungkin terkena agen penyebab kanker yang sama.
  • Beberapa orang menunjukkan “kelompok” pasien kanker yang pernah berkontak, secara langsung atau tidak langsung, satu sama lain sebagai bukti bahwa kanker menular. Namun para ilmuwan telah menemukan bahwa kelompok ini hampir tidak pernah mencerminkan kejadian kanker yang lebih besar daripada yang ditemukan dalam survei acak masyarakat umum. Dalam kasus yang jarang terjadi bahwa sebenarnya ada lebih banyak kanker pada kelompok seperti itu, sulit untuk memastikan bahwa faktor lingkungan dan faktor budaya seperti  gaya hidup tidak bertanggung jawab atas kelompok kanker.

Orang menderita penyakit kanker memerlukan kasih sayang

Bahkan saat ini, keluarga, teman dan rekan kerja penderita kanker terkadang menjauh saat mereka mengetahui penyakitnya. Akibatnya, penderita kanker sering mengatakan bahwa mereka merasa terisolasi dan sendirian.

Anda tidak harus jauhi seseorang yang menderita kanker – Anda tidak bisa “menangkap” dari mereka yang menderita kanker? Jangan takut mengunjungi penderita kanker. Mereka membutuhkan kunjungan dan dukungan Anda.

Tanyakan pada Anda sendiri… jika saya menderita kanker? tidak ingin merasa terisolasi dan sendirian!


Penyakit kanker berkembang karena DNA dalam sel berubah

Sebagian besar kanker tampaknya tidak disebabkan atau dipengaruhi oleh agen infeksius. Kanker berkembang karena mutasi (perubahan) yang terjadi pada DNA seseorang, blueprint “cetak biru” genetik di setiap sel. Perubahan ini mungkin diwariskan atau dikembangkan selama kehidupan berlangsung.

Beberapa perubahan terjadi tanpa alasan yang diketahui, sementara yang lain disebabkan oleh paparan lingkungan, seperti kerusakan sinar matahari (UV) atau asap rokok.

Beberapa virus diketahui secara langsung menyebabkan mutasi pada DNA yang bisa berkembang menjadi kanker. Kuman lain “mempromosikan” kanker secara tidak langsung dengan menyebabkan peradangan kronis (jangka panjang) atau dengan melemahkan sistem kekebalan seseorang.

Mengapa hal ini terjadi pada saya?

Orang dengan kanker sering bertanya, “Apa yang saya lakukan salah?” Atau “Kenapa saya?” Dokter tidak tahu pasti apa penyebab kanker. Bila dokter tidak dapat memberi alasan, orang mungkin akan mengemukakan gagasan mereka sendiri mengapa hal itu terjadi.

Beberapa orang berpikir bahwa mereka dihukum karena sesuatu yang mereka lakukan atau tidak lakukan di masa lalu. Kebanyakan orang bertanya-tanya apakah mereka melakukan sesuatu untuk menyebabkan kanker.

Jika Anda memiliki perasaan ini, Anda tidak sendiri. Pikiran dan kepercayaan seperti ini biasa terjadi pada penderita kanker. Anda perlu tahu bahwa kanker bukanlah hukuman atas tindakan masa lalu Anda.

Cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri atau fokus pada mencari cara untuk mencegah kanker. Kanker bukan salah Anda, dan hampir tidak ada cara untuk mengetahui penyebabnya. Sebagai gantinya, fokuskan diri untuk merawat diri sendiri sekarang juga.

Cara berbicara dengan orang yang Anda cintai tentang kanker

Sulit untuk berbicara tentang kanker, bahkan dengan orang yang Anda cintai. Mengetahui Anda menderita kanker bisa menimbulkan banyak perasaan, seperti kesedihan, kemarahan dan ketakutan. Terkadang sulit untuk mengetahui bagaimana perasaan Anda, apalagi berbicara dengan orang lain tentang hal itu.

Orang yang Anda cintai mungkin juga sulit membicarakan kanker. Tidak mudah bagi mereka untuk mengetahui apa yang harus dikatakan untuk membantu Anda atau membuat Anda merasa lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dan orang yang Anda cintai menghadapi kanker:

  • Beritahu keluarga dan teman Anda tentang kanker Anda segera setelah Anda merasakannya. Cepat atau lambat, mereka semua akan tahu bahwa Anda menderita kanker. Mereka mungkin merasa terluka atau ditinggalkan jika mereka belum pernah mendengarnya dari Anda.
  • Saat Anda berbicara dengan mereka, jelaskan jenis kanker apa yang Anda miliki dan bagaimana pengobatannya. Biarkan mereka tahu bahwa kanker tidak menular dan mereka tidak bisa mendapatkannya dari Anda.
  • Izinkan teman dan keluarga untuk membantu Anda dan beritahu mereka bantuan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda perlu ditemani untuk berkunjung ke dokter atau rumah sakit, beri tahu mereka. Jika Anda membutuhkan bantuan di sekitar rumah, beri tahu mereka juga.
  • Mungkin ada saat ketika Anda tidak yakin dengan kebutuhan Anda. Tidak apa-apa. Biarkan mereka tahu bahwa Anda tidak yakin, tapi Anda akan membiarkan mereka tahu kapan Anda untuk membutuhkan pertolongan.
  • Beritahu orang-orang yang paling dekat dengan Anda bagaimana perasaan Anda. Ini mungkin tidak mudah, tapi ini bisa menjadi cara yang sangat penting untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan saat Anda sangat membutuhkannya. Jika Anda memiliki masalah dalam membicarakan perasaan Anda, Anda mungkin menemukan kelompok pendukung atau konselor kesehatan mental untuk membantu Anda.
  • Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang bilang “jangan sedih”saat Anda merasa tidak enak, tidak apa-apa, dengarkan saja. Ini adalah salah satu tanda bahwa mereka peduli terhadap Anda. Terkadang Anda perlu membicarakan apa yang terjadi atau perasaan Anda tanpa mendapatkan saran dari  teman atau keluarga.
  • Jika beberapa orang tidak beres dengan membicarakan perasaan Anda, jangan marah. Cobalah berbicara dengan orang lain yang mungkin mau mendengarkan.
  • Anda mungkin tidak dapat melakukan hal-hal yang Anda lakukan sebelum terkena kanker. Jika itu benar, biarkan keluarga dan teman Anda tahu.
  • Sebaiknya keluarga dan teman Anda terus melakukan hal-hal yang mereka lakukan sebelum Anda menderita kanker. Mereka seharusnya tidak merasa bersalah melakukan hal ini.
  • Jika Anda merasa sedih atau depresi, bicarakan dengan dokter, perawat atau pemimpin agama Anda.
Kanker payudara
Mammogram yang menunjukkan payudara normal (kiri) dan payudara dengan kanker (kanan).

Kata-kata penyakit kanker yang mungkin Anda dengar

Ini adalah kata-kata yang mungkin Anda dengar dari tim perawatan kanker Anda.

  • Jinak (benign): tumor yang bukan kanker.

  • Biopsi: keluarkan selembar sel tissue untuk melihat apakah sel-sel kanker ada di dalamnya.

  • Kanker: sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan lebih dari 100 penyakit dimana sel-sel tumbuh di luar kendali; atau tumor dengan kanker di dalamnya.

  • Kemoterapi: penggunaan obat untuk mengobati penyakit. Kata yang paling sering mengacu pada obat yang digunakan untuk mengobati kanker. Terkadang itu hanya disebut “kemo”.

  • Maligna: mengacu pada sifat penyakit dimana sekelompok sel tumbuh tidak terkendali, menginvasi dan merusakan jaringan di sekitarnya.

  • Metastasis: penyebaran sel kanker ke bagian tubuh yang jauh melalui sistem getah bening atau aliran darah.

  • Onkologis: dokter yang merawat orang yang menderita kanker

  • Terapi radiasi: penggunaan sinar berenergi tinggi, seperti sinar-x, untuk mengobati kanker.

  • Remisi: bila tanda atau gejala kanker hilang atau hilang seluruhnya.

  • Stadium: sebuah kata yang menceritakan apakah kanker telah menyebar dan jika ya, seberapa jauh.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

3 Replies to “Jenis Kanker | Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *