Halloween 31 Oktober – Trick Or Treat, Sejarah, Kostum Dan Riasan

4 min read

Halloween

Asal-Usul Halloween

Halloween adalah pesta perayaan yang diadakan setiap tahunnya di pada tanggal 31 Oktober. Yang berakar pada tradisi Eropa kuno. Ini berasal dari festival Celtic kuno Samhain, saat orang menyalakan api unggun dan memakai kostum untuk menangkal hantu. Pada abad kedelapan, Paus Gregorius III menunjuk 1 November sebagai waktu untuk menghormati semua orang kudus. Segera, All Saints Day (Hari Semua Orang Kudus) menggabungkan beberapa tradisi Samhain.

Terdapat keyakinan luas bahwa banyak tradisi Halloween bermula dari festival-festival panen Kelt kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Namun, beberapa akademisi mendukung pandangan bahwa Halloween bermula secara independen sebagai suatu perayaan Kristen semata-mata.

 

Halloween


Cara Merayakan Halloween

  • Kegiatan saat Halloween meliputi Trick or treat (atau hal terkait dengan penyamaran dengan kostum seram), menghadiri pesta kostum Halloween, mendekorasi, mengukir waluh atau labu menjadi Jack-o’-lantern, menyalakan api unggun besar, penenungan dan apple bobbing, bermain lelucon praktis, mengunjungi atraksi berhantu, menceritakan dongeng menakutkan dan menonton film horor.

  • Di banyak belahan dunia, perayaan keagamaan Kristen saat Malam Para Kudus, misalnya menghadiri ibadah gereja dan menyalakan lilin pada makam, masih tetap populer, meskipun di tempat lain berlangsung perayaan yang lebih sekuler dan komersial.

  • Beberapa umat Kristen secara historis berpantang daging pada Malam Para Kudus, suatu tradisi yang tercermin dengan makan makanan tertentu pada hari vigili ini, misalnya apel, panekuk kentang dan masih banyak lagi.

 

Halloween


Pembawaan Tradisi Halloween Ke Amerika Serikat

Tahun 1840an, gelombang imigran Irlandia dan Skotlandia membawa tradisi itu ke Amerika Serikat.

Orang-orang muda berdansa di luar rumah sewaan sebagai balasan atas hadiah yang mereka terima, lalu berkembang menjadi acara pesta dan minum-minum di jalanan dan di bar-bar.

Kostum-kostum dibuat dari baju lama, wajah diwarnai dengan penyumbat minuman yang dibakar, sementara permainanannya meliputi saling memukul dengan kantung berisi tepung dan memasukkan kubis ke cerobong asap.
Orang Katolik Irlandia menghadapi prasangka dari kekuatan penduduk asli di tanah baru mereka, perayaan ini akhirnya terlepas dari ritual agama dan menjadi budaya populer.Ketika para imigran mulai berasimilasi, temuan dokumen koran melaporkan kostum menjadi tren di kalangan siswa abad 19.
Awal 1900an, sekolah dan klub populer mulai mengadakan pesta Halloween, dan sejak itu muncul buku panduan untuk menyelenggarakan perayaan semacam itu.

Tahun 1930an, Amerika Utara punya istilah baru untuk tradisi lama itu: trick-or-treating.

Dan saat suburbanisasi tumbuh tahun 1950an, Trick or Treat berkembang menjadi jamuan bagi anak-anak seperti yang dikenal saat ini, anak-anak akan berkunjung dari rumah ke rumah dan mengatakan “Trick or Treat”? yang berarti beri kami permen atau akan kami jahili?


Riasan Dan Kostum

Berbagai kostum dan riasan yang sering digunakan adalah vampir, zombie dan tengkorak. Bahkan yang mau lebih moderen, mereka dapat juga menggunakan kostum raja & ratu, bajak laut, catwoman, spiderman, batman dan masih banyak lagi.

 

Kostum Halloween
Kostum Halloween bertema tengkorak

 

Halloween zombi
Riasan Halloween bertema zombi

 

Halloween musik
Halloween bertema musik dan sarang laba-laba

 

Kostum iblis merah
Kostum iblis merah

 

Kostum hari perkawinan ala Halloween
Kostum hari perkawinan ala Halloween


Mengapa Labu Berhubungan Dengan Halloween?

Labu digunakan untuk membuat sup, makanan pencuci mulut dan roti, dan banyak orang Amerika termasuk kue labu dalam makanan Thanksgiving mereka.

Ukiran labu ke dalam jack-o’-lanterns adalah tradisi Halloween yang populer yang berasal ratusan tahun yang lalu di Irlandia. Saat itu, lentera jack-o’-lantern terbuat dari lobak atau kentang. Hingga tibanya imigran Irlandia di Amerika dan menemukan labu, kemudian mereka membuatnya dengan labu.

 

Labu Halloween


Hiasan Rumah

Selain hiasan Jack-o’-lantern, berbagai hiasan seram seperti kelelawar, tengkorak atau tulang belulang, sarang laba-laba, dan terkadang hiasan yang berbentuk seperti perlengkapan sihir seperti sapu terbang dan belanga tempat nenek sihir membuat berbagai obat atau racun sihir akan tampak di mana-mana.

Bahkan tidak sedikit hiasan yang menampilkan Vampir atau peti mati ala Vampir nampak di berbagai rumah.

 

Dekorasi rumah halloween
Dekorasi rumah halloween

 

Hiasan tengkorak halloween
Hiasan tengkorak sedang menyetir pada saat pesta Halloween


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: HistoryFact Spy

 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya