fbpx

Hari Inovasi Indonesia – 1 November

Untuk Apa Kita Merayakan Hari Inovasi Nasional Setiap Tanggal 1 November?

Mengatasi masalah, memikirkan sebuah solusi dan sebelum Anda mengetahuinya, Anda berinovasi! Hari Inovasi adalah tentang membayangkan cara baru dan lebih baik dalam melakukan sesuatu. Bagaimana Anda akan inovatif?

 

Innovasi Adalah

Pandangan sebagai penerapan solusi yang lebih baik yang memenuhi persyaratan baru, kebutuhan baru atau kebutuhan pasar yang ada.


Kreativitas Berhubungan Dengan Inovasi

Inovasi akan berkembang jika seseorang berusaha dan dapat menagkap apapun yang terlihat, terasa dan terdengar,  serta memikirkannya secara kritis sebagaimana ciri-ciri orang kreatif.

Sebagaicontoh, mesin uap yang ditemukan oleh James Watt. Ia menemukan mesin tersebut dari hasil pengamatannya pada ketel pemasak air. Barang ciptannya pada awalnya sederhana, misalnya alat-alat dari kayu dan batu. Dengan perkembangan zaman dan waktu, penemuan atau inovasi semakin lama semakin canggih dan lebih rumit. Sebagian hasil inovasi dari manusia seperti: kereta api, pesawat terbang, radio, radar, sinar laser dan masih banyak lagi…


10 Contoh Inovasi Yang Mengubah Dunia

  1. Percetakan
    Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 – 3 Februari 1468).
  2. Bola lampu
    Alessandro Volta pada tahun 1800-an dan Thomas Alva Edison pada tahun 1870-an & kemudian mematenkan pada tahun 1879.
  3. Pesawat terbang
    Wright bersaudara (Wright brothers), Orville (19 Agustus 1871 – 30 January 1948) dan Wilbur (16 April 1867 – 30 May 1912) adalah 2 orang Amerika.
  4. Komputer
    Komputer mekanik pertama, yang diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, tidak benar-benar menyerupai apa yang Anda bayangkan pada komputer saat ini.
  5. Vaksin
    Sulit untuk menentukan siapa yang menemukan vaksinasi. Ini mungkin telah digunakan pada zaman kuno di China, India atau Persia. Tapi kita tahu bahwa Edward Jenner adalah orang pertama yang vaksinasi pertama kali tercatat di dunia barat.
  6. Mobil
    Penemuan mobil sebenarnya tidak bisa dikaitkan dengan satu individu saja. Sebaliknya, mobil itu ditemukan dalam banyak tahap dan oleh banyak orang di seluruh dunia selama beberapa dekade. Kendaraan yang dapat berjalan (tanpa ditarik kuda) pertama adalah traktor militer berbasis uap yang ditemukan pada tahun 1769 oleh seorang insinyur dan mekanik Prancis bernama Nicolas Joseph Cugnot.
  7. Jam mekanik
    Sebelum adanya jam mekanik, kita menggunakan jam matahari (sun dials). Hal ini diyakini bahwa jam mekanis pertama ditemukan pada 723 atau 725 M. oleh matematikawan Cina dan biksu Yi Xing, juga dieja I Hsing. Jam mekanik tersebut ada sebelum itu di Eropa, namun tidak memiliki mekanisme layak yang merupakan karakteristik jam mekanis.
  8. Telepon
    Antonio Meucci 1849 dan mematenkan 1871 dan Alexander Graham Bell (Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon tahun 1876 di Amerika Serikat, tetapi menurut Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon).
  9. Pendinginan / kulkas
    Pada abad ke 18 bahwa proses penemuan kulkas dimulai. Pada tahun 1748 William Cullen dari University of Glasgow mengembangkan sebuah proses untuk menciptakan media pendinginan buatan.
  10. Kamera
    Johann Zahn merancang kamera pertama di tahun 1685. Namun foto pertama diklik oleh Joseph Nicephore Niepce di tahun 1814.

 

Hari Inovasi Indonesia


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Sekretariat Kabinet RIHari InovasiNational GeographicWonderpolis

          
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T00:17:27+00:00 Oktober 27th, 2017|Geografi & Sejarah, Top 10|0 Comments

Leave A Comment