fbpx

Hari Raya Semua Orang Kudus – All Saints’ Day

Penjelasan Hari Raya Semua Orang Kudus

Hari Raya Semua Orang Kudus adalah suatu perayaan keagamaan yang dirayakan pada tanggal 1 November di sebagian Kekristenan Barat, dan pada hari Minggu pertama setelah Pentakosta di Kekristenan Timur, untuk menghormati semua orang kudus baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Hari Raya Semua Orang Kudus adalah hari kedua Hallowmas, perayaannya dimulai saat matahari terbenam pada tanggal 31 Oktober (dirayakan sebagai Halloween) dan selesai saat matahari terbenam pada tanggal 1 November. Perayaan ini adalah satu hari sebelum perayaan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman.

Hallowmas

Orang-orang suci secara historis dikenal sebagai hallows) atau Pesta Semua Orang Suci.

Di Abad Pertengahan, anak-anak biasanya mengenakan kostum dan meminta uang atau makanan selama Hallowmas. Hallowmas merupakan jawaban dari Gereja Katolik untuk menghilangkan Samhain. Dengan menggabungkan berbagai kebiasaan dan tradisi dari festival pagan Celtic kuno, mereka menciptakan perayaan baru.

Selama perayaan ini, anak-anak akan memberikan doa dan lagu sebagai bayaran makanan atau uang yang diterima. Tradisi ini disebut dengan ‘souling’, dan setelah bertahun-tahun kemudian, tradisi berevolusi menjadi apa yang disebut dengan ‘guising’.

Di Inggris, anak-anak kecil akan memakai kostum dan menyanyikan lagu atau melakukan pertunjukkan, dan praktik ini dibawa ke Amerika di akhir abad 19. Saat tradisi ini tiba di sana, berubahlah menjadi apa yang dikenal dengan “trick or treat”.
 

Apakah Hari Raya Semua Orang Kudus?

Dalam teologi Kristen Barat, hari ini memperingati semua orang yang telah mencapai visi beatifis di surga. Hari Raya Semua Orang Kudus merupakan hari libur nasional di negara-negara yang penduduknya secara historis banyak beragama Katolik. Dalam Gereja Katolik dan banyak kelompok Gereja Anglikan, hari berikutnya khusus memperingati orang-orang beriman yang meninggal namun belum dimurnikan dan belum masuk surga.

Umat Kristen yang merayakan Hari Raya Semua Orang Kudus melakukannya dengan dasar keyakinan bahwa terdapat ikatan spiritual doa antara umat yang berada dalam api penyucian (Ecclesia Penitens), umat yang berada di surga (Ecclesia Triumphans), serta umat yang masih hidup (Ecclesia Militans).
 

All Saints Day - Hari Raya Semua Orang Kudus

Lukisan berbagai orang kudus Fra Angelico. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Tradisi Hari Raya Semua Orang Kudus

Berbagai tradisi Kristen mendefinisikan, mengenang, dan memperlakukan orang-orang kudus secara berbeda-beda. Misalnya dalam Gereja Methodis, istilah “orang kudus” mengacu pada semua orang Kristen, dan oleh karenanya maka Hari Raya Semua Orang Kudus adalah hari untuk menghormati dan mengenang Gereja secara universal, termasuk pula terhadap para anggota jemaat setempat yang telah meninggal dunia.
 

Sejarah All Saints ‘Day – Hari Raya Semua Orang Kudus

Asal usul All Saints ‘Day tidak dapat dilacak dengan pasti, dan telah diamati pada berbagai hari di berbagai tempat. Sebuah pesta dari semua martir disimpan pada 13 Mei di gereja Timur menurut Ephraem Syrus (meninggal sekitar tahun 373), yang mungkin telah menentukan pilihan 13 Mei oleh Paus Boniface IV ketika ia mempersembahkan Pantheon di Roma sebagai sebuah gereja untuk menghormati Perawan Yang Terberkati dan semua martir pada 609. Bukti pertama untuk tanggal 1 November perayaan dan perluasan festival untuk menyertakan semua orang suci serta semua martir terjadi pada masa pemerintahan Paus Gregorius III (731-741), yang mendedikasikan sebuah kapel di St. Peter’s, Roma, pada tanggal 1 November untuk menghormati semua orang suci. Pada 800 Hari All Saints disimpan oleh Alcuin pada tanggal 1 November, dan itu juga muncul dalam kalender Inggris abad ke-9 pada hari itu. Pada 837, Paus Gregorius IV memerintahkan peringatan umum. Di Inggris abad pertengahan festival dikenal sebagai All Hallows, dan malamnya masih dikenal sebagai Halloween. Periode dari 31 Oktober hingga 2 November (Hari Semua Jiwa) kadang-kadang dikenal sebagai Allhallowtide.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Catholic, Britannica

                      
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-11-01T18:39:40+07:00 November 1st, 2019|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment