fbpx

Destinasi Tempat Wisata Bali Yang Harus Dikunjungi | Alam, Pantai, Oleh-Oleh Khas Bali

Bali

Primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Destinasi wisata Bali selain terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Industri pariwisata berpusat di Bali Selatan dan di beberapa daerah lainnya. Ibu kota provinsi ini adalah Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara.

Lokasi wisata yang utama adalah Kuta dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak, daerah timur kota seperti Sanur, pusat kota seperti Ubud dan di daerah selatan seperti Jimbaran, Nusa Dua dan Pecatu.

 

Destinasi Wisata Bali

 

Hanya dengan menyebut Bali, dapat membangkitkan pikiran tentang surga di Bumi. Ini lebih dari sekedar tempat; Ini adalah suasana hati dan aspirasi tropis.

 

Destinasi Wisata Bali

Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, antara lain : Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pantai Padang – Padang, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Lovina dengan Lumba Lumbanya, Pura Besakih, Uluwatu, Ubud, Munduk, Kintamani, Amed, Tulamben, Pulau Menjangan dan masih banyak yang lainnya. Kini, Bali juga memiliki beberapa pusat wisata yang sarat edukasi untuk anak-anak seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, taman bermain air, dan tempat penangkaran kura-kura.

 

1. Tanah Lot

Pura tradisional Bali yang terletak di sebuah pulau kecil berbatu & menawarkan pemandangan laut yang indah. Ini adalah salah satu destinasi wisata Bali yang paling sering dikunjungi.

Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Objek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan.

Di sebelah utara Pura Tanah Lot, sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Karang Bolong.

 

2. Pura Uluwatu

Tebing batu curam yang tinggi dengan pura berdiri tepat di tepiannya Pura Uluwatu (Pura Luhur), salah satu dari enam kuil utama yang diyakini sebagai pilar spiritual Bali, terkenal dengan lokasinya yang megah, bertengger di atas tebing curam sekitar 70 meter di atas permukaan laut.

Struktur pura yang megah, dibangun dan diperluas sejak abad ke-11. Pura Luhur Uluwatu jelas merupakan salah satu tempat teratas di pulau ini untuk dinikmati keindahan matahari terbenam, dengan pemandangan langsung ke Samudera Hindia yang indah dan pertunjukan tari Kecak setiap hari.

Dengan arsitektur gaya Bali, gerbang yang dirancang secara tradisional dan patung-patung kuno menambah daya tarik destinasi wisata Bali “Pura Uluwatu”.

 

3. Tirtagangga

Tirta Gangga adalah bekas istana kerajaan yang terletak di bagian timur Pulau Bali, Indonesia, sekitar 5 kilometer dari Karangasem, dekat Gunung Agung. Taman ini terkenal karena istana airnya.

Tirta Gangga secara harfiah berarti air dari Sungai Gangga yang merupakan penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali. Nama ini mengacu pada istana air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.

Namun, nama ini juga digunakan untuk merujuk pada wilayah yang meliputi istana air beserta daerah pedesaan yang subur di sekitarnya. Istana Air Tirta Gangga berupa labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang rimbun serta patung-patung.

Kompleks seluas satu hektar ini dibangun pada tahun 1946 oleh almarhum Raja Karangasem tetapi hampir hancur seluruhnya akibat letusan Gunung Agung pada tahun 1963. Kemudian dibangun kembali dan dipulihkan. Daerah di sekitar Tirta Gangga terkenal dengan teras-teras sawahnya.

 

4. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar. Taman megah yang menampilkan patung Hindu monumental, dengan pertunjukan tari & konser reguler.

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond.

Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

 

5. Ubud

Kota favorit banyak yang terletak secara metaforis dan fisik sebagai pusat kota Bali. Ini terkenal dengan seni, budaya dan kuliner, dengan arsitektur yang indah dan banyak hal yang harus dilakukan. Beberapa candi di Ubud tidak boleh dilewatkan saat berada di Bali.

Ubud terutama terkenal di antara para wisatawan mancanegara karena lokasi ini terletak di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah.

Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari kesenian. Di sini banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa.

Destinasi wisata Bali: Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati merupakan tempat dijualnya barang-barang seni khas Bali sehingga cocok dijadikan oleh-oleh Bali untuk kenang-kenangan. Letaknya sekitar 20 km dari jantung kota Denpasar. Di pasar seni ini ada ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang kerajinan, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendek, tas, sandal, dan banyak lagi. Motifnya unik dan khas Bali.

Destinasi wisata Bali: Pasar Seni Ubud

Di kawasan Ubud terdapat Pasar Seni Ubud atau Ubud Art Market tempat yang menjual suvenir khas Bali. Tempat ini menjadi salah satu tujuan utama wisata Bali bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Produk segar seperti buah-buahan, sayuran, unggas dan makanan ringan lokal dapat dibeli dari pasar basah terletak di ruang bawah tanah gedung.

Destinasi wisata Bali: Arung Jeram Ubud

Di wilayah barat Ubud, terdapat Tukad (Kali) Ayung. Di sungai ini banyak aktivitas wisata tirta, di antaranya adalah arung jeram dan berkayak. Terdapat beberapa jasa wisata tirta yang menawarkan layanan ini. Selain wisata tirta, di sepanjang tebing Tukad Ayung juga memiliki pemandangan alam yang memikat dan terdapat puluhan hotel berbintang bertaraf internasional.

 

6. Bedugul

Hampir merupakan rahasia dari bagian kawasan ini, dengan pegunungan yang mengesankan, danau yang indah, rute trekking yang indah dan kuil yang mengesankan. Peristirahatan sejuk di dataran tinggi ini tersembunyi dari radar turis dan benar-benar layak dikunjungi sebagai tambahan dari destinasi wisata Bali Anda.

Danau Bratan/Beratan yang terletak di Bedugul adalah danau terbesar kedua setelah danau Batur di pulau Bali. Selain Danau Beratan, juga terdapat danau kembar yaitu Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang berlokasi tidak jauh dari area tersebut.

Danau Beratan adalah sumber air yang sangat penting di daerah Bali sebagai sumber air utama dari irigasi yang ada di daerah Bali bagian tengah.

Luas Danau Bratan kurang lebih 375.6 hektar yang mempunyai kedalaman kurang lebih 22-48 m dan luas keliling sekitar 12 km.

Pura Ulun Danu Bratan terletak di ujung danau Beratan, Pura Ulun Danu dibangun pada awal abad ke-17, berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta.

7. Pura Besakih

Pura Besakih dianggap yang paling penting dari “kayangan jagat,” sembilan kuil yang dibangun untuk melindungi pulau Bali dari kejahatan. Pura Besakih Bali terdiri dari 1 pusat Pura yang diberi nama Pura Penataran Agung Besakih dan terdapat 18 Pura pendamping yang berada di sekeliling dari Pura Penataran Agung Besakih. 1 buah Pura Basukian dan 17 pura lainnya.

Pura Besakih merupakan destinasi wisata Bali yang populer dan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di komplek Pura Besakih.

Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi.

 

8. Mendaki Gunung Batur di Kintamani

Di dataran tinggi di sebelah timur Bali, ada kaldera Gunung Batur di Kintamani. Sebuah pendakian ke puncak (1700 meter) gunung berapi aktif ini merupakan pengalaman hebat bagi setiap pelancong yang aktif dan tentunya suatu hal yang menarik untuk tidak dilewatkan.

Banyak yang akan mendaki untuk menunggu terbitanya matahari, Jika Anda ingin mendakinya, siap dan mulai dari jam 4 sampai jam 6 pagi. Pendakian ini relatif mudah dan treks cukup jelas dan tertandai. Setelah sampai di puncak gunung, Anda dapat menikmati pemandangan yang memukau!

 

9. Goa Gajah

Goa Gajah adalah gua buatan yang berfungsi seperti tempat ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedulu, Kabupaten Gianyar, Balitidak jauh dari Ubud (sekitar 2 km dari Ubud). Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar.

Kompleks Goa Gajah terdiri atas 2 bagian utama, yaitu kompleks bagian utara merupakan warisan ajaran Siwa, dengan bukti adanya Trilingga dan patung Ganesha di dalam goa, merupakan tempat umat Hindu melakukan persembahyangan. Komplek sebebelah selatan Goa Gajah yakni area Tukad Pangkung, berupa stupa Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha bersusun 13 stupa dan stupa bercabang 3 yang dipahat dibatu besar.

Diduga kata Goa Gajah berasal dari kata “ Lwa Gajah”. Pada lontar Negarakertagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M, terdapat nama “Lwa Gajah”. Jika diartikan, ke bahasa Indonesia, maka kata “ Lwa “ berarti sungai dan Gajah yang berarti wihara tempat pemujaan para Bhiksu umat beragama Budha. Maka nama kata “ Lwa Gajah” dapat diartikan sebagai tempat pertapaan para Bhiksu umat beragama Budha yang lokasinya berada di tepi sungai.

 

10. Teras Padi Tegalalang

Tegalalang merupakan salah satu destinasi wisata di Ubud Bali dan merupakan sebagian pesona yang di tawarkan Ubud serta sebagai salah satu pemandangan teras sawah terbaik di Bali, Tegallalang telah memikat banyak wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Jangan lewatkan destinasi wisata Bali Anda tanpa mengunjungi teras padi Tegalalang, karena Anda bisa belajar banyak tentang sawah padi terasiring Bali, yang menggunakan “Subak”, sistem irigasi kuno yang dipercayai diturunkan dari abad kedelapan.

Penggemar seni juga ingin melihat kios-kios dan kafe seni, hasil karya seni dari penduduk setempat.

Tegalalang merupakan andalan wisata di Ubud yang merupakan alam pedesaan dan persawaan yang terletak di sebelah utara Ubud dan dapat di tempauh dengan motor maupun mobil dengan jarak tempuh sekitar 1 sampai 1.5 jam perjalan dari Kota Denpasar atau jika sudah berada di Ubud cuman memakan waktu 15 sampai 20 menit saja. Jadi bagi para wisatawan alangkah baiknya jika bermalam di Hotel atau Villa yang berada disekitar Ubud agar bisa dengan cepat dan tidak capek untuk menikmati pesona pedesaan dan persawahan tegallang.

Tegalalang dengan nuansa alam yang masih segar asri dan suasana serta alam pedesaan dan hamparan sawah yang tersusun rapi secara bertingkat dan membentuk anak tangga dengan hamparan tanaman padinya merupakan pemandangan yang tidak bisa terlupakan sebab jika dilihat dan di amati secara mendalam terlihat seperti hamparan permadani berwarna hijau yang menyejukkan pandangan mata kita.

Dan untuk melihat pemandangan yang memukau ini sangat cocok pada waktu sianghari sebab saat siang kita bisa melihat hamparan padi yang menghijau dengan lebih tereang dan lebih menyala karena pantulan cahaya matahari.

Selain nuansa alam dengan suasana yang asri dan hamparan padi yang menghijau dengan tampilan yang bertingkat-tingkat dan tersusun rapi di Tegalalang Ubud kita bisa menemukan beragam oleh-oleh khas bali yang berjejer di sepanjang jalan.

 

Pantai-pantai di Bali

Beberapa pantai-pantai di pulau Bali.

Kuta

Lokasi yang terkenal di Bali, dikemas dengan hiburan malam, restoran, bar dan pusat perbelanjaan. Jika Anda mencari suasana yang ramai, inilah tempatnya. Hal ini juga populer untuk peselancar (surfer). Pantai Kuta adalah salah satu destinasi wisata Bali yang paling populer.

Jimbaran

Ketika seseorang memikirkan Jimbaran, ini semua tentang makanan laut (seafood) panggang, berkat banyak restoran tepi pantai dengan meja-meja yang terletak di atas pasir dengan lilin-lilin. Benar-benar pengalaman unik untuk menikmati makanan laut di pantai dengan ombak lembut yang membelai kaki Anda di pasir.

Nusa Dua

Terkenal karena memiliki resor pantai yang paling mewah di Bali, orang-orang datang ke sini untuk relaksasi di sepanjang hamparan pantai berpasir putih dan memanjakan diri di spa dan pijat di bale-bale.

Sanur

Sebuah kota pantai yang santai menyusuri pantai tenggara Bali, menarik pengunjung dan keluarga yang memilih suasana lebih tenang. Hotel-hotel di Sanur menawarkan fasilitas kelas dunia dengan lingkungan yang lebih berkeluarga. Sanur merupakan tempat yang sempurna untuk liburan bersama keluarga!

Pusat kota Sanur sangat kecil dan pada dasarnya ada 2 jalan utama berupa Jalan Danau Tamblingan dan Jalan Danau Poso. Di Jalan Danau Poso Anda akan menemukan beberapa restoran terbaik di Sanur dan banyak di antaranya berfokus pada makanan lokal dan bukan makanan Barat.

Seminyak

Tempat yang lebih eksklusif di Bali dengan banyak kehidupan malam, bar, restoran, pantai dan resor yang bagus mulai dari yang mewah hingga yang super mahal. Restoran Seminyak terkenal untuk masakan Eropa yang lezat.

Canggu

Alternatif baru yang populer jika Anda bosan di Kuta, terkenal karena ombaknya yang bagus untuk berselancar, kafe hipster dan pantai yang indah.

Lovina

Sebuah kota pesisir yang tenang di Bali Utara, membentang sepanjang 8 km dari pantai yang berpasir hitam. Tempat ini terkenal dengan perjalanan lumba-lumba dipagi hari. Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara.

Lovina adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk berwisata melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu tradisional. Perjalanan akan dimulai ketika hari masih gelap, walaupun mungkin Anda akan terganggu dengan banyaknya turis yang akan melakukan hal yang sama (apalagi di musim liburan), hal ini akan terbayar ketika Anda bertemu lumba-lumbadi lepas pantai Lovina.

Tidak hanya itu, Lovina sendiri memiliki banyak atraksi dan kegiatan menyenangkan lainnya, dimana Anda dapat bersantai di kafe-kafe sekitar pantai dengan iringan musik.

Amed

Sebuah kota yang santai yang menawarkan ketenangan dari hiruk-pikuk biasa Bali, dihiasi dengan nelayan lokal di sepanjang pesisirnya. Amed terletak di salah satu teluk di timur laut Pulau Bali. Wilayah ini dulunya terkenal dengan garam lautnya yang diprodukis secara tradisional dan terkenal karena keindahan alamnya.

Traveling ke Amed adalah salah satu pilihan untuk menenangkan diri, menjauh dari pusat keramaian Bali. Amed berjarak sekitar 3 – 4 jam perjalanan darat dari Denpasar atau kuta. Pantai Amed berpasir hitam dan berkoral, air lautnya tenang dan jernih, terumbu karangnya tumbuh indah dan subur, sehingga menjadi rumah istimewa bagi ikan-ikan hias, itulah sebabnya aktivitas watersport tak bermotor seperti diving dan snorkeling menjadi tempat paling populer di Bali.

 

Oleh-Oleh Khas Bali

  • Aneka kerajinan tangan yang terbuat dari kayu dan besi.

  • Kerajinan perak celuk Bali.

  • Aneka topeng dari kayu.

  • Layangan pantai yang berukuran besar.

  • Patung kucing-kucingan, dolphin, jerapah.

  • Beragam model tas dari bermacam bahan.

  • Ukiran yang terbuat dari batu.

  • Produk kecantikan khas Bali.

  • Batik Bali.

  • Baju Barong.

  • Kerajinan manik-manik Bali.

  • Kain pantai Bali.

  • Lukisan khas ubud.

  • Pie susu (contoh merek: Enaaak, Dhian, Krisna)

  • Kacang disco.

  • Pia Legong.

  • Lapis legit harum Bali.

  • Kerupuk kulit babi.

  • Kopi Kintamani.

  • Arak Bali.

  • Salak Bali.

 

Transportasi Destinasi Wisata Bali

Destinasi wisata Bali terhubung dengan pulau Jawa dengan layanan kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk di kabupaten Jembrana dengan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi yang lama tempuhnya sekitar 30 hingga 45 menit saja. Penyeberangan ke Pulau Lombok melalui Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar yang memakan waktu sekitar empat sampai lima jam lamanya tergantung cuaca.

Transportasi udara

Dilayani oleh Bandara Internasional Ngurah Rai dengan destinasi ke sejumlah kota besar di Indonesia, Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, Timor Leste, RRC serta Jepang. Landas pacu dan pesawat terbang yang datang dan pergi bisa terlihat dengan jelas dari pantai dan menjadi semacam hiburan tambahan bagi para wisatawan yang menikmati pantai Bali.

Transportasi darat

Untuk transportasi darat antar pulau di Bali ada terminal Ubung-Denpasar dan terminal Mengwi yang menghubungkan pulau Bali dengan Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Terminal Ubung di pulau Bali ini melayani berbagai rute antar pulau tujuan Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Madura, Jember, dll. Angkutan antar pulau dilayani oleh armada bus besar dengan kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Terminal Ubung relatif ramai mulai pukul 15.00 wita-18.00 wita karena pada jam tersebut banyak bus yang mulai berangkat ke kota tujuuan masing-masing. Bagi Anda yang datang keterminal ini harap waspada karena banyak calo yang agak memaksa penumpang.

 

 

 

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T12:47:51+07:00 Desember 30th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment