Hari Santri Nasional 22 Oktober – Kegiatan, Video, Lirik Lagu Hari Santri Nasional

22 Oktober: Hari Santri Nasional

Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai. Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri.

Kegiatan pada Hari Santri Nasional

Masyarakat memperingati Hari Santri Nasional 2020 dengan menggelar kegiatan.

Seperti upacara bendera, dzikir, berdoa, hingga mengumandangkan sholawat.

Video Lagu Hari Santri Nasional

Lirik Lagu Hari Santri Nasional

Berikut ini Theme Song Hari Santri Nasional atau Mars Hari Santri Nasional:

22 Oktober 45
Resolusi jihad panggilan jiwa
Santri dan Ulama tetap setia
Berkorban pertahankan Indonesia

Saat ini kita telah merdeka
Mari teruskan perjuangan ulama
Berperan aktif dengan dasar Pancasila
Nusantara tanggung jawab kita

Reff:
Hari santri hari santri hari santri
Hari santri bukti cinta pada negeri
Ridho dan rahmat dari ilahi
Nkri harga mati

Ayo santri ayo santri ayo santri
Ayo ngaji dan patuh pada kyai
Jayalah bangsa, jaya negara
Jayalah pesantren kita

Mari bersiap kita berangkat
Ke pesantren dengan penuh samangat
Raih cita cita luruskan niat
Mengabdi tuk kemaslahatan umat

Back to reff

Jayalah bangsa negara
Jayalah Indonesia
Jayalah Indonesia

Baca juga 👉 Lir-Ilir Penciptanya Adalah Sunan Kalijaga (Salah Satu Dari Wali Songo) – Lirik Bahasa Jawa, Indonesia, Inggris

Contoh Kegiatan Hari Santri Nasional

Masyarakat memperingati Hari Santri Nasional dengan menggelar kegiatan seperti upacara bendera, dzikir, berdoa, jalan sehat, hingga mengumandangkan sholawat. Lomba kreativitas santri di pondok-pondok pesantren seluruh Indonesia.

Tajuk Syiar dan Syair Perdamaian ini diangkat pada malam puncak bertujuan untuk menggalakkan kembali syiar-syiar agama yang santun dan damai, sebab belakangan ini terjadi penyimpangan dakwah dan cenderung menyebarkan provokasi dan ujaran kebencian. Hal ini juga untuk menunjukan bahwa pesantren sebagai laboratorium perdamaian yang dapat menginspirasi santri untuk berkontiribusi merawat perdamaian dunia.

Sedangkan syair perdamaian berupa shalawat dan lagu-lagu Islami yang dapat menambah kedamaian jiwa dan hati bagi siapa saja yang mendengarkan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan dan serta menguatkan sikap dan tindakan yang cinta damai dan terhindar juga dari perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai persatuan dan persaudaraan, baik itu sesama bangsa maupun antarbangsa.

Pesantren

Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga 👉 Hari Raya Islam – Hari Besar Islam – Lengkap dan tanggal pencatatan lainnya

Arti Pondok Pesantren

Pondok Pesantren merupakan dua istilah yang menunjukkan satu pengertian. Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel. Di Jawa termasuk Sunda dan Madura umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan Istilah dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut surau.

Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Wikipedia,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-19T14:31:51+07:00 Oktober 18th, 2020|Geografi & Sejarah, Islam|0 Comments

Leave A Comment