fbpx

Jenis Susu Formula Bayi – Susu formula sapi adalah jenis yang paling umum digunakan

Susu Formula Bayi

Susu formula bayi adalah makanan buatan yang dirancang dan dipasarkan untuk pemberian makan kepada bayi dan bayi di bawah 12 bulan, biasanya disiapkan untuk botol. memberi makan atau cangkir-makan dari bubuk (dicampur dengan air) atau cairan (dengan atau tanpa air tambahan). Temukan dibawab ini beberapa jenis susu formula bayi.

Undang-undang Makanan, Obat-obatan, dan Kosmetik Federal AS (FFDCA) mendefinisikan susu formula bayi sebagai “makanan yang dimaksudkan atau diwakili untuk penggunaan makanan khusus semata-mata sebagai makanan untuk bayi dengan alasan simulasi ASI atau kesesuaiannya sebagai pengganti lengkap atau sebagian untuk ASI.
 

Jenis susu formula bayi tersedia dalam berbagai jenis:

  • Susu formula sapi adalah jenis yang paling umum digunakan. ASI telah diubah menyerupai ASI.
  • Formula berbasis protein kedelai sering digunakan untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi atau laktosa. Jenis susu formula bayi berbasis kedelai juga dapat berguna jika orang tua ingin mengeluarkan protein hewani dari makanan anak.
  • Formula protein hidrolisat mengandung protein yang telah dipecah menjadi ukuran yang lebih kecil daripada yang ada di susu sapi dan formula berbasis kedelai. Jenis susu formula bayi protein hidrolisat dimaksudkan untuk bayi yang tidak mentolerir susu sapi atau formula berbasis kedelai.
  • Formula khusus juga tersedia untuk bayi prematur dan mereka yang memiliki kondisi medis tertentu.

Pabrikan dan pejabat kesehatan menyarankan sangat penting untuk mengukur bubuk atau konsentrat secara akurat untuk mencapai konsentrasi produk akhir yang diinginkan; jika tidak, anak akan kekurangan gizi.

Dianjurkan agar semua peralatan yang bersentuhan dengan susu formula bayi harus dibersihkan dan disterilkan sebelum digunakan. Pendinginan yang tepat sangat penting untuk setiap formula bayi yang disiapkan terlebih dahulu.

Susu formula sering dipersiapkan secara tidak tepat, yang mengakibatkan tingginya kematian bayi

Di negara-negara berkembang, susu formula sering dipersiapkan secara tidak tepat, yang mengakibatkan tingginya kematian bayi karena kekurangan gizi dan penyakit seperti diare dan pneumonia.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya air bersih, kurangnya kondisi steril, kurangnya pendinginan, buta huruf (sehingga instruksi tertulis tidak dapat diikuti), kemiskinan (rumus pengenceran sehingga tahan lebih lama), dan kurangnya pendidikan ibu oleh distributor susu formula.

Masalah-masalah ini dan penyakit dan kematian yang diakibatkannya adalah faktor utama yang bertentangan dengan pemasaran dan distribusi susu formula bayi di negara-negara berkembang oleh banyak lembaga kesehatan masyarakat dan LSM (dibahas lebih rinci di boikot Nestlé dan Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI).
 

Jenis Susu Formula Bayi - Susu formula sapi adalah jenis yang paling umum digunakan

Jenis Susu Formula Bayi – Susu formula sapi adalah jenis yang paling umum digunakan. Sumber foto: Publicdomainpictures.net

 

Bentuk atau jenis susu formula bayi apa yang tersedia?

Formula bayi tersedia dalam tiga bentuk. Pilihan terbaik tergantung pada anggaran Anda dan keinginan untuk kenyamanan:

  • Formula bubuk. Formula bubuk adalah yang paling murah. Setiap sendok susu formula harus dicampur dengan air.
  • Formula cair terkonsentrasi. Formula jenis ini juga harus dicampur dengan air.
  • Formula siap pakai. Formula siap-pakai adalah jenis susu formula yang paling nyaman. Tidak perlu dicampur dengan air. Ini juga pilihan paling mahal.

Pastikan untuk mencuci tangan sebelum memegang formula dan dengan hati-hati ikuti instruksi pencampuran dan penyimpanan.
 

Apakah kenis susu formula bayi yang disempurnakan?

Beberapa formula bayi ditingkatkan dengan asam docosahexaenoic (DHA: docosahexaenoic acid) dan asam arakidonat (ARA: arachidonic acid).

Ini adalah asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ASI dan makanan tertentu, seperti ikan dan telur.

Penelitian DHA dan ARA

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan DHA dan ARA dalam susu formula dapat membantu penglihatan dan perkembangan otak bayi, tetapi penelitian lain tidak menunjukkan manfaat.

Selain itu, banyak formula bayi termasuk pra dan probiotik – zat yang mempromosikan keberadaan bakteri sehat di usus – dalam upaya meniru manfaat kekebalan ASI. Studi awal sangat menggembirakan, tetapi manfaat jangka panjang dari zat-zat ini tidak diketahui.

Jika Anda tidak yakin tentang susu formula bayi, tanyakan kepada dokter anak Anda untuk mendapatkan panduan.
 

Contoh susu formula bayi

Contoh susu formula bayi. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Mayo ClinicNational Center for Biotechnology Information (NCBI)

Informasi: selalu berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk memperkenalkan makanan baru untuk bayi Anda.

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-05-22T18:54:54+07:00 Mei 22nd, 2019|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment