fbpx

Cara Cepat Hamil – Tingkatkan Peluang Anda Untuk Lebih Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Mungkin Anda sangat ingin cepat hamil atau mungkin Anda berharap bisa melahirkan pada waktu tertentu. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan cepat dan mudah.

 

Cara hamil

 


1. Ketahui masa subur wanita

Siklus haid adalah rentang hari sejak hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Siklus haid yang normal adalah setiap  21 – 35 hari. Hari ke-1 (satu) pada siklus haid adalah hari pertama haid terjadi.

Menghitung Masa Subur Wanita setelah Haid

Umumnya ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama haid. Sebenarnya, hari ketika terjadi ovulasi bergantung pada siklus haid Anda. Jika siklus Anda pendek, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah haid berakhir. Jadi, waktu ovulasi bisa berbeda pada tiap wanita.  Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui siklus haid Anda agar dapat memperkirakan waktu ovulasi.

Kapan masa subur Anda?

Masa subur Anda berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam 5 hari sebelum ovulasi terjadi. Umumnya masa subur wanita adalah 12 – 16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari. Namun, bila siklus Anda berbeda, Anda dapat coba mempelajari dan menghitung kapan masa subur Anda.

Hal yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama masa haid wanita bisa berubah dari waktu ke waktu, biasanya berlangsung 2-7 hari. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat dibanding periode selanjutnya.

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, sel telur yang telah matang ini harus dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Hitunglah sendiri

Pendeknya periode 12 – 24 jam waktu sel telur harus dibuahi membuat pentingnya mendeteksi di hari-hari apakah wanita berada pada posisi paling subur. Umumnya masa subur ini dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus haid selama setidaknya 8 bulan terakhir.

Perkiraan masa subur dapat dihitung dengan rumus berikut:

  • Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
  • Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

Dengan demikian jika siklus Anda rata-rata adalah 27 – 30 hari, maka Anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga 19.

 

Cara hamil

 


2 Makan makanan bergizi dan olahraga

Anda harus selalu mengonsumsi makanan seimbang. Bertujuan untuk berbagai makanan yang akan membantu Anda mendapatkan kebutuhan harian Anda tentang zat besi, kalsium, asam folat dan protein.

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari kismis, sayuran berdaun gelap, kacang polong, brokoli, dan roti gandum mentah yang diperkaya. Asam lemak omega-3 juga penting. Jika Anda vegan, Anda tidak perlu mulai makan ikan untuk omega-3. Anda bisa mendapatkannya dari biji rami dan kenari.

Kurangi kafein. Terlalu banyak kafein bisa membatasi kesuburan Anda. Tujuannya tidak lebih dari 500 mg per hari. Jika Anda menyeduh kopi sendiri di rumah, ini sekitar lima cangkir. Namun, jika Anda membawa java Anda ke kedai kopi setempat, porsi latte 16 ons atau Americano harus menjadi batas Anda untuk hari itu.

Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya. Usahakan memilih olahraga yang minim cedera, misalnya yoga, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

 

Makanan sehat

 


3. Berikan dorongan pada sperma

Sperma yang kuat dan sehat memiliki kesempatan terbaik untuk membuahi sel telur. Pasangan Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mencoba memperbaiki kesuburannya:

  • Lewatkan rokok / tembakau dan narkoba.
  • Batasi minuman beralkohol.
  • Dapatkan berat badan yang sehat jika Anda mengalami kelebihan berat badan secara signifikan.
  • Dapatkan cukup beberapa nutrisi penting – seperti Zinc, Folic Acid dan Vitamin C – yang membantu Anda menghasilkan sperma yang kuat dan berlimpah.
  • Jangan gunakan bak air panas dan sauna atau pemandian air panas, karena panas membunuh sperma. (Testis berfungsi paling baik pada 34,5 °C sampai 35,5 °C, beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh normal).
  • Pergi ke dokter dan cek kualitas sperma Anda.

 

Sperma

 


4. Hindari stress

Stress merupakan penyebab istri sulit hamil. Terlebih saat mendekati masa menstruasi, wanita cenderung emosi, stress, mudah marah. Tidak hanya saat sang istri stress, tapi juga saat suami mengalami stress maka alan menghambat kehamilan. Apalagi jika keduanya terlalu sibuk oleh pekerjaan dan terlalu memikirkan pekerjaannya, maka hormon stress itu semakin bertambah dan akan sulit hamil. Tubuh dapat secara otomatis memproduksi hormon cortisol saat Anda mengalami stress, hormone cortisol itu sangat tidak baik bagi wanita yang sedang ingin hamil ataupun bagi wanita yang sedang hamil muda.

Stress bisa timbul jika Anda merasa terburu-buru untuk segera hamil. Sebenarnya hal itu sangat normal tapi alangkah lebih baiknya untuk menghindari stress saat Anda berhubungan. Ingat, stress akan membuat Anda sulit untuk hamil. Maka jangan terlalu memikirkan sesuatu dengan keras.

 

relax

 


5. Kunjungi dokter Anda

Mereka mungkin akan melakukan ujian penuh dan membahas riwayat kesehatan Anda. Beritahu mereka tentang Biarkan mereka tahu apakah Anda menggunakan obat resep, vitamin, atau suplemen herbal. Mereka akan memberi tahu Anda mana yang harus dihentikan dan mana yang aman. Biarkan mereka juga tahu tentang Anda:

  • Masalah reproduksi, termasuk kehamilan di masa lalu, keguguran, kista ovarium, tumor fibroid, endometriosis, penyakit menular seksual (PMS) atau kanker reproduksi.
  • Riwayat vaksinasi, terutama vaksin campak, gondok, dan rubella. Jika Anda mengontrak penyakit ini selama kehamilan, mereka bisa membahayakan janin.
  • Riwayat kesehatan keluarga, termasuk saudara kandung atau orang tua yang pernah menderita kanker, penyakit jantung, atau kelainan genetik.
  • Kebiasaan berolahraga.
  • Riwayat medis mitra, jika ada. Ini termasuk jumlah sperma rendah, riwayat campak, gondok, rubela, atau penyakit lain yang dapat mempengaruhi kesuburan.

 

Kunjungi dokter

 


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Selalu konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan Dokter.

Sumber bacaan: Ava WomenParenting

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T00:10:15+00:00 November 3rd, 2017|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment