fbpx

Ibu Hamil Dan Bahaya Kafein – Sayur & Buah Yang Baik Pada Masa Kehamilan

Kafein Alami

Kafein dapat ditemukan secara alami di banyak makanan, seperti kopi, teh dan cokelat. Itu juga ditambahkan ke beberapa minuman bersoda, minuman energi dan juga obat flu.

Tingginya kadar kafein selama kehamilan dapat mengakibatkan bayi yang memiliki berat badan lahir yang cenderung rendah. Dan ini juga yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan keguguran.

 

” Jika Anda sedang hamil, Anda harus membatasi jumlah kafein Anda harus 200 miligram (mg) per hari – setara dengan dua cangkir kopi instan. “

 


Batasi Asupan Kafein Anda

Anda tidak perlu berhenti mengonsumsi kafein sepenuhnya, tetapi Anda harus membatasi berapa banyak yang harus Anda konsumsi. Tidak boleh lebih dari 200mg per hari. Cobalah batasi kafein, teh dan kopi dan juga batasi jumlah minuman energi, karena mereka mengandung kafein yang tinggi. Gantilah mereka dengan jus buah asli atau air. Jangan khawatir jika Anda kadang-kadang melebihi batas yang direkomendasikan, karena risiko yang mungkin cukup kecil.

Bicaralah dan berkonsultasilah dengan bidan, apoteker atau profesional kesehatan lainnya sebelum mengambil obat-obatan, termasuk obat flu dan panas dingin. Lihat buku panduan atau konsultasi tentang “Kehamilan & Bayi” serta dapatkan informasi lebih lanjut tentang alkohol, obat-obatan dan obat-obatan selama kehamilan.


Berapa Banyak Kafein Yang Boleh Dikonsumsi Pada Ibu Hamil?

Jumlah kafein yang ditemukan di beberapa makanan dan minuman adalah sebagai berikut:

  • 1 cangkir kopi instan: 100mg
  • 1 cangkir kopi filter: 140mg
  • 1 cangkir teh: 75mg
  • 1 kaleng cola: 40mg
  • 1 kaleng minuman energi: sampai 80mg
  • salah satu 50g makanan bar cokelat polos: kebanyakan produk di pasaran mengandung kurang dari 25mg
  • salah satu 50g bar cokelat susu: kebanyakan produk di pasar Inggris yang mengandung kurang dari 10 mg

Jadi, dalam satu hari, Anda akan hampir mencapai batas 200mg kafein jika Anda mengonsumsi:

  • 2 Cangkir teh dan satu kaleng cola
  • 1 Cangkir kopi instan dan satu kaleng minuman energi


Sayur & Buah Yang Baik Dikonsumsi Pada Masa Kehamilan

Sayuran-sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain:  Bayam

  • Kangkung
  • Brokoli
  • Sayur kacang (buncis, kacang panjang dll) banyak mengandung karotenoid dan asam folat yang sangat diperlukan pada masa kehamilan.
  • Wortel
  • Tomat
  • Bit
  • Asparagus
  • Kale (kaya dengan serat yang bisa mencegah sembelit dan menjaga kondisi pencernaan, mengandung kalsium, vitamin A, C & K)


Buah-buahan berwarna seperti pepaya, jeruk, mangga dll merupakan sumber vitamin yang baik bagi tubuh. Buah-buahan juga banyak mengandung serat dapat melancarkan buang air besar (BAB) sehingga mengurangi risiko sembelit. Buah berwarna, baik berwarna kuning, merah, merah jingga, orange, biru, ungu, dan lainnya, pada umumnya banyak mengandung vitamin, khususnya vitamin A dan antioksidan.

Vitamin diperlukan tubuh untuk membantu proses-proses metabolisme di dalam tubuh, sedangkan antioksidan diperlukan untuk merusak senyawa-senyawa hasil oksidasi, radikal bebas, yang berpengaruh tidak baik bagi kesehatan.


Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Telur mentah

Telur mentah sangat dilarang untuk ibu hamil karena kemungkinan masih mengandung salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diare, muntah, demam dan mual. Jadi sebaiknya konsumsi telur yang sudah dimasak hingga matang untuk ibu hamil.

 

Minuman yang Tidak Dipasteurisasi

Semua minuman yang tidak melewati proses pasteurisasi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasteurisasi sangat penting untuk membunung semua kuman, bakteri atau racun yang berasal dari bahan minuman. Beberapa jenis minuman yang sering tidak dipasteurisasi seperti susu, jus alami dan sari buah.

 

Makanan Mengandung Nitrat

Berbagai jenis makanan yang mengandung nitrat sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Nitrat banyak ditemukan pada makanan dan minuman yang menggunakan bahan pengawet. Zat nitrat bisa berbahaya untuk ibu hamil karena meningkatkan risiko penyakit diabetes dan kanker.

 

Sushi

Jika Anda pecinta makanan Jepang, sebaiknya hindari olahan sushi selama hamil. Sushi dibuat dari daging mentah sehingga masih banyak mengandung cacing, bakteri atau sumber penyakit lain.


Kafein

Kafein sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Kafein bisa menyebabkan risiko keguguran, janin kekurangan nutrisi, janin terlahir dengan berat badan yang kurang dan kelahiran prematur. Berbagai minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan minuman berenergi sebaiknya tidak diminum selama hamil.

 

Alkohol

Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol selama kehamilan. Alkohol bisa menyebabkan risiko penyakit berbahaya untuk janin seperti kelainan sistem neurotransmitter dan sindrom tertentu. Alkohol juga membawa dampak buruk seperti kelahiran prematur dan kesehatan ibu hamil yang sangat buruk.

Memperhatikan nutrisi selama kehamilan sangat penting karena bisa mendukung kesehatan janin. Kekurangan nutrisi selama hamil juga bisa meningkatkan risiko keguguran dan bayi terlahir prematur. Karena itu pilih nutrisi yang paling sehat untuk ibu hamil.

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber: Departemen Kesehatan IndonesiaNHS UKBBC UK

Info: PinterPandai bukan sebagai pengganti Dokter.

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T10:15:25+00:00 Februari 6th, 2017|Ilmu Pengetahuan, Sehat & Cantik|3 Comments

3 Comments

  1. Dany Rosepta 09/06/2017 at 11:31 pm - Reply

    Artikel yang bagus untuk jadi referensi…
    Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan…

  2. Bahaya kafein 11/07/2017 at 12:39 pm - Reply

    Artikel yang bagus untuk jadi pelajaran…
    Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan, kafein yang terkadung dalam kopi berarrti meningkatkan Bahaya minum kopi secara tidak langsung? bagaimana dengan orang yang merokok, tentu ini menjadi lebih berbahaya karena Bahaya merokok sangat banyak?

Leave A Comment