fbpx

Konfusius (551-479 SM) – Filsuf Tiongkok

Konfusius (551-479 SM)

Terkenal untuk: Aturan Emas (Golden Rules) dan Konfusianisme. Konfusius lahir selama era musim semi dan gugur (Spring & Autumn) dalam sejarah Tiongkok, Konfusius dan ide-idenya tentang hubungan sosial dan pribadi menjadi sekolah pemikiran yang banyak dipeluk oleh orang Tionghoa. Dia adalah seorang penulis rakus yang mencakup Lima Klasik dalam sastra Cina. Dia percaya bahwa perilaku moral yang tepat paling baik dilakukan, daripada moralitas dijadikan aturan.

 

Konfusius filosofi

Halaman dari Confucius Sinarum Philosophus (“Konfusius, Filsuf Orang Cina”), terjemahan Latin tiga dari “Empat Buku” dari Konfusianisme Qing oleh Prospero Intorcetta, Philip Couplet, Rougemont, dan Herdtrich (Paris, 1687). Di sebelah kiri adalah potret Konfusius di kuil Konfusius, dikelilingi oleh tablet roh dari Empat Penilai dan Dua Belas Orang Bijak. Citra Konfusius kemudian digunakan sebagai model ukiran dalam Deskripsi Cina Du Halde. Halaman kanan berbunyi “Kehidupan Konfusius, Pangeran / Pertama Filsuf Cina”. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Kong Hu Cu

Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (Hanzi: 孔夫子、孔子, hanyu pinyin: Kongfuzi、Kongzi) (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok.

Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa.

Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi. Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok tidak boleh dianggap enteng; ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya dan para komentator.

Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraannya dengan murid-muridnya. Karyanya tersebut disusun setelah dia meninggal dan berisi inti-inti ajarannya.

 

Konfusius filosofi tiongkok

Konfusius – Filsuf Tiongkok. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Ketahuilah Filsuf Lainnya yang Terkenal bersama Filosofinya

Filosofi, yang secara harfiah berarti “cinta kebijaksanaan,” adalah salah satu disiplin tertua dalam sejarah. Ada banyak gagasan tentang para filsuf dan apa yang mereka lakukan. Beberapa bahkan menganggap bidang itu sebagai ilmu yang berhubungan dengan logika dan alasan. Banyak filsuf terkenal telah membuat kontribusi mereka diketahui dunia melalui tulisan-tulisan mereka dan siswa mereka. Klik disini untuk mengetahui daftar filsuf terkenal.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-15T16:24:01+07:00 Februari 7th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment