fbpx

Filosofi dan Filsuf Terkenal dalam Sejarah (Filsafat)

Filsafat

Filsafat berasal dari bahasa Yunani φιλοσοφία, philosophia, secara harfiah bermakna “pecinta kebijaksanaan”. Filsafat adalah kajian masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran dan bahasa. Secara historis, “filsafat” mencakup inti dari segala pengetahuan. Dari zaman filsuf Yunani Kuno seperti Aristoteles hingga abad ke-19, “filsafat alam” melingkupi astronomi, kedokteran dan fisika. Sebagai contoh, Prinsip Matematika Filosofi Alam karya Newton pada tahun 1687 di kemudian hari diklasifikasikan sebagi buku fisika.

Filosofi, yang secara harfiah berarti “cinta kebijaksanaan,” adalah salah satu disiplin tertua dalam sejarah. Ada banyak gagasan tentang para filsuf dan apa yang mereka lakukan. Beberapa bahkan menganggap bidang itu sebagai ilmu yang berhubungan dengan logika dan alasan. Banyak filsuf terkenal telah membuat kontribusi mereka diketahui dunia melalui tulisan-tulisan mereka dan siswa mereka. Di bawah ini adalah daftar pemikir terbesar sepanjang masa bersama dengan teori-teori terpenting mereka tentang sifat manusia dan pemikiran lain di dunia.

Pada abad ke-19, perkembangan riset universitas modern mengantarkan filsafat akademik dan disiplin lain terprofesionalisasi dan terspesialisasi. Pada era modern, beberapa investigasi yang secara tradisional merupakan bagian dari filsafat telah menjadi disiplin akademik yang terpisah, beberapa diantaranya psikologi, sosiologi, linguistik dan ekonomi.

 

Filosofi dan Filsuf Terkenal dalam Sejarah

Berikut adalah daftar filsuf terkenal bersama filosofinya yang terkenal:

Thales (624-546 SM)

Terkenal karena: Karena mencoba menjelaskan dunia dan gejala-gejala di dalamnya tanpa bersandar pada mitos melainkan pada rasio manusia. Ia juga dikenal sebagai salah seorang dari Tujuh Orang Bijaksana (dalam bahasa Yunani hoi hepta sophoi), yang oleh Aristoteles diberi gelar ‘filsuf yang pertama’.

Thales dari Miletos adalah seorang filsuf yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM. Sebelum Thales, pemikiran Yunani dikuasai cara berpikir mitologis dalam menjelaskan segala sesuatu. Pemikiran Thales dianggap sebagai kegiatan berfilsafat pertama dan di sebut sebagai bapak filsafat.  Selain sebagai filsuf, Thales juga dikenal sebagai ahli geometriastronomi, dan politik. Bersama dengan Anaximandros dan Anaximenes, Thales digolongkan ke dalam Mazhab Miletos.

Thales tidak meninggalkan bukti-bukti tertulis mengenai pemikiran filsafatnya. Pemikiran Thales terutama didapatkan melalui tulisan Aristoteles tentang dirinya. Aristoteles mengatakan bahwa Thales adalah orang yang pertama kali memikirkan tentang asal mula terjadinya alam semesta. Karena itulah, Thales juga dianggap sebagai perintis filsafat alam (natural philosophy).

 

Thales filosofi

Thales – Filsuf. Sumber foto: Ernst Wallis et al / Wikimedia Commons

 

Siddhartha Gautama (563–483 SM)

Terkenal untuk: dikenal sebagai Buddha yang “terbangun”, dia mengajarkan bahwa tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang permanen. Tujuannya adalah untuk mengalahkan orang-orang menjelang akhir penderitaan dengan mengikuti jalan mulia beruas delapan, yang mengarah pada kebangkitan.

“Bahkan kematian tidak harus ditakuti oleh orang yang hidup dengan kebijaksanaan”.

Beliau adalah seorang filsuf India kuno dan pemimpin spiritual yang lahir di Lumbini (sekarang Nepal) pada abad ke-6 SM. Setelah menjadi “orang yang telah mencapai Penerangan Sempurna” saat duduk di bawah pohon Bodhi, Buddha menyadari bahwa penderitaan manusia disebabkan oleh keinginan untuk tetap di dunia di mana segala sesuatu tidak kekal dan terus berubah.

 

Siddhartha Gautama filosofi budha

Siddhartha Gautama filosofi Budha. Buddha memberi pelajaran tentang dharma kepada 5 pertapa di Taman Rusa. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Konfusius (551-479 SM)

Terkenal untuk: Aturan Emas (Golden Rules) dan Konfusianisme.
Lahir selama era Spring & Autumn dalam sejarah Tiongkok, Konfusius dan ide-idenya tentang hubungan sosial dan pribadi menjadi sekolah pemikiran yang banyak dipeluk oleh orang Tionghoa. Dia adalah seorang penulis rakus yang mencakup Lima Klasik dalam sastra Cina. Dia percaya bahwa perilaku moral yang tepat paling baik dilakukan, daripada moralitas dijadikan aturan.

Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (Hanzi: 孔夫子、孔子, hanyu pinyin: Kongfuzi、Kongzi) (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi. Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok tidak boleh dianggap enteng; ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya dan para komentator.

Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraannya dengan murid-muridnya. Karyanya tersebut disusun setelah dia meninggal dan berisi inti-inti ajarannya.

 

Konfusius filosofi tiongkok

Konfusius – Filsuf Tiongkok. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Socrates (469-399 SM)

Terkenal untuk: Metode Socrates logika dan pendiri filsafat barat.
Kisahnya dimulai di kampung halamannya di Athena, Yunani, tetapi dilipat melalui tulisan-tulisan murid-muridnya dan sesama filsuf. Bidang etika adalah spesialisasi Socrates dan memperkenalkan konsep yang telah dijuluki sebagai elenchus, atau metode Socrates. Dia berkontribusi banyak pada bidang logika dan epistimologi.

Socrates (Yunani: Σωκράτης, Sǒcratēs) (469 SM – 399 SM) adalah filsuf dari Athena, Yunani dan merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato dan Aristoteles. Socrates adalah guru Plato, dan Plato pada gilirannya juga mengajar Aristoteles. Semasa hidupnya, Socrates tidak pernah meninggalkan karya tulisan apapun sehingga sumber utama mengenai pemikiran Socrates berasal dari tulisan muridnya, Plato.

Filosofi Socrates: peninggalan pemikiran Socrates yang paling penting ada pada cara dia berfilsafat dengan mengejar satu definisi absolut atas satu permasalahan melalui satu dialektika (komunikasi dua arah). Pengejaran pengetahuan hakiki melalui penalaran dialektis menjadi pembuka jalan bagi para filsuf selanjutnya. Perubahan fokus filsafat dari memikirkan alam menjadi manusia juga dikatakan sebagai jasa dari Sokrates. Manusia menjadi objek filsafat yang penting setelah sebelumnya dilupakan oleh para pemikir hakikat alam semesta. Pemikiran tentang manusia ini menjadi landasan bagi perkembangan filsafat etika dan epistemologis di kemudian hari.

 

Socrates filosofi yunani

Socrates – Filsuf Yunani. “Saya bukan orang Atena atau Yunani, saya seorang warga dunia”. Sumber foto: Jacques-Louis David / Wikimedia Commons

 

Plato (427-348 SM)

Terkenal untuk: idealisme Platonis & teori bentuk.
Plato asli dari Athena, dan perannya dalam filsafat barat dapat ditelusuri kembali ketika ia menjadi mahasiswa Sokrates. Ia juga unggul dalam matematika, logika, etika, retorika, dan agama. Ia mendirikan Akademi di Athena.

Plato (bahasa Yunani: Πλάτων) (lahir sekitar 427 SM – meninggal sekitar 347 SM) adalah seorang filsuf dan matematikawan Yunani, penulis philosophical dialogues dan pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat. Ia adalah murid Socrates. Pemikiran Plato pun banyak dipengaruhi oleh Socrates. Plato adalah guru dari Aristoteles. Karyanya yang paling terkenal ialah Republik (dalam bahasa Yunani Πολιτεία atau Politeia, “negeri”) yang di dalamnya berisi uraian garis besar pandangannya pada keadaan “ideal”. Dia juga menulis ‘Hukum’ dan banyak dialog di mana Socrates adalah peserta utama.[butuh rujukan] Salah satu perumpamaan Plato yang termasyhur adalah perumpaan tentang orang di gua. Cicero mengatakan Plato scribend est mortuus (Plato meninggal ketika sedang menulis).

 

Plato filosofi

Plato – Filsuf. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Aristoteles (384–322 SM)

Terkenal untuk: logika Aristoteles & teori jiwa.
Anggota ketiga yang sangat mempengaruhi filsafat barat, Aristoteles memberikan ide-ide di bidang estetika, etika, logika, metafisika, politik, dan sains. Dia adalah murid dari Plato dan guru untuk Alexander yang hebat (Alexander the Great). Etika Nicomachean adalah salah satu risalah yang ditulis oleh Aristoteles. Dia percaya bahwa etika harus diterapkan secara praktis, bukan hanya berteori.

Lahir 384 SM Stagira, Chalcidice. Meninggal 322 SM (umur 61 atau 62) Euboea. Aristoteles (bahasa Yunani: ‘Aριστοτέλης Aristotélēs), (384 SM – 322 SM) adalah seorang filsuf Yunani, murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung. Ia menulis tentang berbagai subyek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi. Bersama dengan Socrates dan Plato, ia dianggap menjadi seorang di antara tiga orang filsuf yang paling berpengaruh di pemikiran Barat.

Aristoteles filosofi

Aristoteles – Filsuf. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Avicenna (980-1037)

Terkenal untuk: Kitab Penyembuhan.
Filsuf Persia Avicenna adalah pendukung filsafat Islam yang menjadi landasan filosofi Avicennian. Kitab Penyembuhan adalah karyanya yang paling terkenal yang telah menjadi ensiklopedia filsafat dan sains. Dalam buku itu dia membahas filsafat sains.

Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai “Avicenna” di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan dan dokter kelahiran Persia (sekarang Iran). Ia juga seorang penulis yang produktif yang sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Bagi banyak orang, dia adalah “Bapak Pengobatan Modern”. Karyanya yang sangat terkenal adalah al-Qānūn fī aṭ-Ṭibb yang merupakan Referensi di bidang kedokteran selama berabad-abad.

 

Avicenna filosofi persia

Avicenna – Filosofi Persia. Sumber foto: Wellcome Collection gallery / Wikimedia Commons

 

Thomas Aquinas (1125-1274)

Terkenal untuk: Thomisme dan Summa Theologica. Santo Thomas Aquinas mungkin paling terkenal karena apa yang disebutnya 5 cara untuk menunjukkan keberadaan Tuhan.

Meskipun dia adalah seorang imam, Thomas Aquinas dan filsafatnya telah mempengaruhi filsafat modern. Dia adalah Bapak dari Thomisme, dia percaya bahwa kebenaran itu benar terlepas dari sumbernya. Karyanya dalam Summa Theologica dan Summa con Gentiles adalah sumber penting dari wacana yang terus digunakan saat ini.

Oleh karena itu, sejauh Thomas berpikir tentang filsafat sebagai disiplin yang menyelidiki apa yang dapat kita ketahui secara alami tentang Allah dan manusia. Ia berpikir bahwa teologi Alkitab yang baik, karena ia memperlakukan topik-topik yang sama itu, mengandaikan analisis filosofis dan argumentasi yang baik. Meskipun Thomas menulis beberapa karya filsafat murni, sebagian besar filsafatnya ditemukan dalam konteks melakukan teologi Alkitabiah. Memang, orang menemukan Thomas terlibat dalam karya filsafat bahkan dalam komentar dan khotbah Alkitabnya.

Santo Thomas Aquinas (bahasa Italia: Tommaso d’Aquino; 1225 – 7 Maret 1274) adalah seorang frater Dominikan Italia, imam Katolik, dan Doktor Gereja (Pujangga Gereja). Ia adalah seorang yuris, teolog, dan filsuf yang sangat berpengaruh dalam tradisi skolastisisme, yang di dalamnya ia juga dikenal sebagai Doctor Angelicus dan Doctor Communis. Nama Aquinas merupakan identifikasi daerah asal leluhurnya di comune Aquino dalam regione Lazio masa kini.

 

Thomas Aquinas filsuf italia

Thomas Aquinas filsuf Italia. Sumber foto: National Gallery / Wikimedia Commons

 

René Descartes (1596-1650)

Terkenal karena: menjadi Bapak Filosofi Modern, sistem koordinat “Cartesian” & “Saya pikir, oleh karena itu saya adalah” “I think, therefore I am”.
Pengaruh Rene Descartes pada dunia filsafat terbukti di universitas-universitas saat ini. Bukunya Renungan Filosofi Pertama masih digunakan. Mungkin pernyataan ini dikaitkan dengan Descartes akan membunyikan lonceng, “Saya pikir, oleh karena itu saya.”.

René Descartes (baca: rene dekart) lahir di La Haye, Perancis, 31 Maret 1596 – meninggal di Stockholm, Swedia, 11 Februari 1650 pada umur 53 tahun), juga dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang filsuf dan matematikawan Perancis. Karyanya yang terpenting ialah Discours de la méthode (1637) dan Meditationes de prima Philosophia (1641)

 

Rene descartes filsuf perancis

Rene Descartes – filsuf Perancis. Sumber foto: André Hatala / Wikimedia Commons

 

Karl Marx (1818-1883)

Terkenal untuk: Manifesto Komunis, co-founder dan Bapak dari Sosialisme & Komunisme.
Karl Marx lebih dikenal sebagai “Bapak sosialisme dan komunisme”, yang satu mengikuti yang lain. Marx telah dicap sebagai “sosialis revolusioner” karena keyakinannya pada apa yang disebut kediktatoran proletariat. Selain menganut filosofinya sendiri, ia juga seorang sosiolog, ekonom, jurnalis, dan sejarawan.

Karl Heinrich Marx (lahir di Trier, Prusia, 5 Mei 1818 – meninggal di London, Inggris, 14 Maret 1883 pada umur 64 tahun) adalah seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan dari Prusia.

 

Karl Marx

Karl Marx – Filsuf. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

William Edward Burghardt Du Bois (W.E.B. du Bois) (1868-1963)

Terkenal untuk: Memainkan peran utama dalam perjuangan untuk hak-hak sipil kulit hitam di Amerika Serikat. Orang Afrika-Amerika pertama yang mendapatkan gelar doktor di Universitas Harvard. Kepala Asosiasi Nasional untuk “Kemajuan Orang Kulit Berwarna” (Advancement of Colored People) pada tahun 1910.

William Edward Burghardt Du Bois (lahir di Great Barrington, Massachusetts, Amerika Serikat, 23 Februari 1868 – meninggal di Accra, Ghana, 27 Agustus 1963 pada umur 95 tahun) adalah seorang ahli sosiologi dari Amerika Serikat. Sebagai orang kulit hitam, Du Bois lebih beruntung karena mendapat kesempatan belajar di perguruan tinggi. Dia kuliah di Universitas Fisk dan mendapatkan gelar doktor dari Universitas Harvard. Dia juga sempat melakukan kunjungan singkat ke Universitas Berlin. Selama di Harvard dan Berlin, Du Bois berkenalan dengan pemikir terkenal seperti filsuf William James dan Josiah Royce, serta pakar sosiologi Max Weber.

 

WEB Du Bois filsuf amerika

William Edward Burghardt Du Bois – WEB du Bois – 1868-1963 – Filsuf Amerika Berkulit Hitam. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Simone de Beauvoir (1908-1986)

Terkenal untuk: feminisme eksistensial & etika ambiguitas.
Simone de Beauvoir dipandang sebagai filsuf, tetapi ia melihat dirinya lebih sebagai aktivis politik, intelektual dan penulis. Dia menulis banyak buku yang termasuk The Second Sex, The Mandarins, dan She Came to Stay.

Simone de Beauvoir (diucapkan [simɔn də boˈvwaʀ] dalam bahasa Perancis; lahir di Paris, 9 Januari 1908 – meninggal di Paris, 14 April 1986 pada umur 78 tahun) adalah tokoh feminisme modern dan ahli filsafat Perancis yang terkenal pada awal abad ke-20 dan juga merupakan pengarang novel, esai, dan drama dalam bidang politik dan ilmu sosial. Ia dikenal karena karyanya dalam politik, filsafat, eksistensialisme, dan feminisme, terutama karya Le Deuxième Sexe yang diterbitkan pada tahun 1949.

 

Simone de Beauvoir filosofi perancis

Simone de Beauvoir – Filosofi Perancis. Sumber foto: Textosfil

 

Tentunya masih banyak filsuf-filsuf terkenal di dunia. Akan tetapi, filsuf-filsuf diatas adalah beberapa kumpulan dari filsuf-filsuf  yang terkenal.

Jika Anda memiliki filsuf favorit, mohon kirimkan artikel Anda disini.

 

Filosofi dan filsuf terkenal (2)

Lukisan Filsafat (keadaan akhir)
Pelukis: Gustav Klimt
Tanggal: 1899 – 1907
Gaya: Art Nouveau (Modern)
Periode: Fase emas
Genre: lukisan alegoris
Media: minyak, kanvas
Tag: alegori-dan-simbol
Lokasi: Hancur
Dimensi: 430 x 300 cm Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Famous PhilosophersList Verse

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-16T20:15:35+00:00 Juli 15th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment