Squishy Manfaat, Sejarah, Keamanan, Instruksi Perawatan

4 min read

Squishy

Squishy

Teksturnya yang lembut, halus dan bentuknya yang menarik, dapat membuat anak-anak, bahkan orang dewasa menjadi gemas dan ingin untuk menyentuh dan meremasnya. Selain itu dari sisi kognitif, squishy memiliki berbagai macam bentuk dapat membantu anak belajar memperluas wawasan. Salah satunya anak jadi mengetahui nama-nama bentuk mainan tersebut.

Seperti diketahui, saat ini yang beredar memang memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari bentuk makanan hingga binatang.

 

Squishy

 

Squishy dapat menghilangkan stress dan kecemasan

Orang yang menggunakannya sering merasa tenang saat mencubit dan meremasnya. Squishy terkadang berbau harum dengan aroma yang sesuai dengan penampilannya, sehingga kue stroberi mengeluarkan aroma stroberi. Aromanya bisa meningkatkan efek relaksasi.

Mainan terbuat dari busa karet khusus yang mudah diperas dan kemudian perlahan kembali ke bentuk semula. Squishy datang dalam berbagai gaya yang sering berasal dari budaya pop, anime, hewan dan makanan. Contohnya termasuk kerucut es krim, donat, cupcakes, stroberi, roti susu Jepang, shortcake stroberi, roti panggang, panda, harimau, Hello Kitty dan Despicable Me.

 

Squishy

 

Manfaat Squishy

Ternyata mainan squishy ini ada keuntungan untuk kegiatan belajar:

1. Memperluas wawasan karena bentuknya beraneka ragam. Misalnya, anak jadi belajar mengenal bentuk dan nama dari buah-buahan, sayuran, alat-alat perkakas rumah, bumbu-bumbu dapur, atau aneka roti.

2. Dengan memijat atau meremasnya, anak-anak sedang memperkuat koordinasi motorik halus, terutama pada jari-jari dan telapak tangan.

3. Ketika meremas squishy, anak-anak, bahkan orang dewasa dapat menyalurkan emosi negatifnya. Misalnya, kekesalan anak Anda akan berkurang dan bahkan menghilang ketika meremasnya. Ini bermanfaat untuk mengendalikan dan melampiaskan emosi yang lebih baik dan terarah.

4. Dari bentuk squishy yang bermacam-macam pula, anak bisa melatih imajinasi dan kemampuan bahasanya. Misalnya, dari squishy berbentuk roti dan sayur, anak Anda bisa bermain transaksi jual-beli di toko. Ia ngobrol sendiri dan menciptakan teman bayangannya atau mengajak Anda untuk ikut bermain peran bersamanya.

5. Squishy bisa jadi ajang sosialisasi anak karena ia bermain dengan teman-temannya. Permainan yang bisa dilakukan adalah bermain peran. Misalnya, anak berperan sebagai penjual dan temannya sebagai pembeli.

 

Squishy

 

Sejarah Kawaii Squishy

Kawaii squishies ditemukan di Jepang. Itu adalah perasaan lembut dan kenyal pada saat diremas. Sebagian besar squishies terbuat dari poliuretana (bahan campuran plastik sehingga menjadi busa / foam). Poliuretana ditemukan oleh seorang Jerman bernama Otto Bayer pada tahun 1937. Penggunaan awal kembali ke lapisan pesawat Perang Dunia II. Hal ini biasa digunakan di mobil saat ini.

 

Squishy

 

Keamanan Squishy

Squishies tidak dimaksudkan untuk anak-anak di bawah 6 kecuali mereka diawasi secara ketat oleh orang dewasa. Tolong jangan biarkan anak-anak menempatkan squishies di mulut mereka. SQUISHIES TIDAK UNTUK DIMAKAN.

Sebagian besar squish dibuat dari poliuretan yang merupakan bahan sintetis. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA: Environmental Protection Agency) telah menetapkan bahwa paparan jangka panjang terhadap busa poliuretan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan kondisi mulai dari kanker hingga asma. Namun, jumlah bahan beracun yang dilepaskan dari bentuk busa padat yang ditemukan di squishy sangat kecil. Benda ini tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut atau tertelan.

 

Instruksi perawatan Squishy

Meskipun squishies itu menyenangkan, ada beberapa hal yang harus diingat dari mereka. Silakan baca info berikut dan instruksikan anak-anak Anda pada apa yang tidak boleh dilakukan agar tetap aman saat bermain dengan squishy mereka.

1. Jauhkan dari sumber api.

2. Bisa mudah rusak jika ditangani dengan tidak semestinya. Tolong jangan memberi tekanan atau meremasnya secara berlebihan pada mereka atau menariknya karena bisa menyebabkan robek.

3. Squishies yang beraroma akan kehilangan aroma mereka dari waktu ke waktu seperti beberapa warna dapat memudar dari waktu ke waktu.

4. Khususnya, sinar matahari langsung  bisa menyebabkan mereka kehilangan aroma dan warna memudar lebih cepat. Sinar matahari juga bisa membuat mereka terlihat kusam (hilangnya bagian-bagian detil tertentu) seiring berjalannya waktu, jadi jauhkan mereka dari sinar matahari langsung jika Anda ingin mereka bertahan untuk waktu yang lama.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Kidzsearch

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.