fbpx

Neon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ne dan nomor atom 10

Neon

Neon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ne dan nomor atom 10.

 

Fisik Neon

Neon adalah gas mulia teringan kedua setelah helium. Gas ini berwarna oranye kemerahan saat dimasukkan dalam tabung vakum dan dalam lampu neon.

Kapasitas pendingin neon 40 kali lebih besar dari helium cair dan 3 kali hidrogen cair (per unit volume). Neon merupakan refrigeran lebih murah daripada helium di sebagian besar aplikasi.

 

Kegunaan Neon Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penggunaan terbesar untuk gas neon adalah tanda-tanda iklan.
Neon juga digunakan untuk membuat indikator tegangan tinggi.
Neon dikombinasikan dengan helium untuk membuat laser helium-neon.
Neon cair digunakan sebagai pendingin cryogenic.

Neon sering digunakan dalam tanda-tanda dan menghasilkan cahaya oranye kemerahan terang yang tidak diragukan lagi. Meski lampu tabung dengan warna lain sering disebut “neon”, mereka menggunakan gas mulia yang berbeda atau beragam warna lampu neon.

Neon digunakan dalam tabung vakum, indikator tegangan tinggi, arester petir, tabung meter gelombang, tabung televisi, dan laser helium-neon. Neon cair digunakan secara komersial sebagai refrigeran kriogenik dalam aplikasi yang tidak memerlukan rentang suhu yang lebih rendah yang dapat dicapai dengan pendinginan helium cair yang lebih ekstrem.

Neon, sebagai cairan atau gas, relatif mahal – untuk jumlah kecil, harga neon cair bisa lebih dari 55 kali dari helium cair. Mengemudi biaya neon adalah kelangkaan neon, yang tidak seperti helium, hanya bisa didapat dari udara.

 

Senyawa Neon

Neon adalah unsur yang tidak mudah bereaksi (inert). Dilaporkan bahwa Ne dapat bersenyawa dengan fluor. Namun, masih menjadi pertanyaan aakah senyawa Neon tersebut ada meski bukti keberadaan senyawa tersebut ada.
Ion Ne+, (NeAr)+, (NeH)+, dan (HeNe+) diketahui dari analisis spektrofotometri optik dan spektrofotometrik massa. Neon juga membentuk hidrat yang tidak stabil.
Neon

Lampu pelepasan gas neon yang membentuk simbol neon “Ne”.

 

Isotop Neon

Neon alami terdiri dari camuran tiga isotop, enam isotop lainnya tidak stabil.
Iso­tope Kelimpahan Waktu-paruh(t1/2) Moda
peluruhan
Pro­duk
20Ne 90.48% stabil
21Ne 0.27% stabil
22Ne 9.25% stabil

Sejarah Neon

Neon ditemukan oleh Sir William Ramsay, seorang ahli kimia Skotlandia, dan Morris M. Travers, seorang ahli kimia Inggris, tak lama setelah penemuan mereka dari kripton elemen pada tahun 1898. Seperti kripton, neon ditemukan melalui studi udara cair. Meskipun neon adalah unsur yang paling berlimpah keempat di alam semesta, hanya 0,0018% dari atmosfer bumi adalah neon.

 

Penemuan neon isotop

Bukti pertama untuk isotop elemen stabil diberikan pada tahun 1913 dengan eksperimen pada plasma neon. Di sudut kanan bawah pelat foto J.J Thomson adalah tanda dampak terpisah untuk dua isotop neon-20 dan neon-22.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Wikipedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T00:39:15+07:00 Mei 28th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment