fbpx

Notre Dame de Paris Terbakar – Gereja Katedral Gotik Terbakar Dengan Tragisnya – Senin 15 April 2019

Katedral Notre Dame de Paris Terbakar

Katedral Notre Dame di Paris terbakar pada hari Senin, 15 April 2019 dan ketika petugas pemadam kebakaran berusaha menahan api yang semakin kuat, menara ikonik bangunan itu runtuh. Gereja Notre Dame de Paris terbakar sekitar jam 18;00 waktu Paris, ketika kerumunan yang terkejut berkumpul di jalan-jalan, jembatan dan alun-alun untuk menyaksikan salah satu gereja paling ikonis di dunia terbakar.
 

Puncak katedral dilalap api sebelum jatuh. Foto-foto dari tempat kejadian menunjukkan api dan asap memuntahkan dari landmark, salah satu tujuan wisata paling populer di dunia dan rumah bagi karya seni yang tak ternilai. Nyala api tampaknya menyembur keluar dari atap di belakang bagian tengah katedral.

 
Api membakar selama berjam-jam, hampir tak terkendali meskipun upaya ratusan petugas pemadam kebakaran. Nyala api terus menyala ketika kegelapan jatuh.
 

Notre Dame de Paris Terbakar - Gereja Katedral Gotik Terbakar Dengan Tragisnya - Senin 15 April 2019

Notre Dame de Paris Terbakar – Gereja Katedral Gotik Terbakar Dengan Tragisnya. Kerumunan orang melihat kebakarannya dari jauh – Senin 15 April 2019. Sumber foto: Pinter Pandai

 

Notre Dame de Paris terbakar, Padahal gereja ini sudah lebih berdiri dari 800 tahun

“Sudah 800 tahun Katedral mengawasi Paris,” kata Pascal. “Peristiwa bahagia dan malang selama berabad-abad telah ditandai oleh lonceng Notre Dame.”

Proyek renovasi katedral adalah bagian dari upaya untuk menyelamatkan bangunan yang rusak, yang telah berusia hampir 1.000 tahun. Cuaca dan polusi telah mempengaruhi struktur batu.

“Polusi adalah penyebab terbesar,” Philippe Villeneuve, arsitek kepala monumen bersejarah di Prancis, mengatakan kepada majalah Time pada 2017. “Kita perlu mengganti batu yang hancur. Kita perlu mengganti sambungan dengan bahan tradisional. Ini akan sangat luas. ”

Katedral ini telah berumur hampir 1.000 tahun. Pembangunannya dimulai pada abad ke-12, dan butuh sekitar 300 tahun untuk menyelesaikannya. Hasilnya adalah bahwa, meskipun didominasi oleh Gothic Perancis, ada area yang mencerminkan era konstruksi Renaissance dan Naturalisme.

Namun, katedral ini secara luas dianggap sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Gotik Prancis di dunia. Nama Notre Dame berarti “Bunda Maria” dalam bahasa Prancis, dan sering digunakan atas nama bangunan gereja Katolik di seluruh dunia.
 

Notre Dame de Paris Terbakar - Gereja Katedral Gotik Terbakar Dengan Tragisnya - Senin 15 April 2019 Notre Dame de Paris Terbakar – Gereja Katedral Gotik Terbakar Dengan Tragisnya – Senin 15 April 2019. Sumber foto: i24 News
 

Api sekarang terkendali pada Gereja Notre Dame de Paris Terbakar

Sekitar jam 05:45 waktu setempat, seorang juru bicara petugas pemadam kebakaran Prancis mengatakan kebakaran katedral sekarang sudah terkendali.

“Api benar-benar terkendali. Sebagian sudah padam, ada sisa api untuk padam, ”kata juru bicara.

Petugas pemadam kebakaran Paris telah menghabiskan waktu berjam-jam memerangi kobaran api yang menghancurkan di Notre Dame, menyelamatkan struktur utama katedral Gotik dari kehancuran total.
 

Notre Dame de Paris

Dalam bahasa Prancis yang berarti “Bunda Kita di Paris”, artinya gereja di Paris yang dipersembahkan pada Bunda Maria), biasanya disebut sebagai Notre Dame, adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité di Paris, Prancis, dengan pintu masuk utama di barat.

Selain tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. Notre Dame de Paris dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur gothic Prancis.

By | 2019-04-16T12:52:20+00:00 April 16th, 2019|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment