Kriptorkismus (undescended testicle) adalah testis pada bayi laki-laki yang tidak turun ke dalam skrotum saat lahir – Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kriptorkismus

Testis yang tidak turun atau Kriptorkismus adalah testis pada bayi laki-laki yang tidak turun ke dalam skrotum saat lahir.

Gejala dan Penyebab Kriptorkismus

Kriptorkismus jarang menunjukkan gejala tertentu. Kondisi ini baru akan diketahui pasca kelahiran bayi. Meski demikian, belum dapat dipastikan penyebab pasti terjadinya kriptorkismus.

Gejala

Tidak melihat atau merasakan testis di tempat yang Anda harapkan berada dalam skrotum adalah tanda utama dari testis yang tidak turun.

Testis terbentuk di perut selama perkembangan janin. Selama beberapa bulan terakhir perkembangan janin normal, testis secara bertahap turun dari perut melalui jalan seperti tabung di selangkangan (inguinal canal) ke dalam skrotum. Dengan testis yang tidak turun, proses itu berhenti atau tertunda.

Penyebab

Berbagai faktor bisa meningkatkan risiko testis tidak berada di skrotum saat lahir. Faktor tersebut di antaranya adalah:

  • Kelahiran prematur, yaitu sebelum kehamilan mencapai 37 minggu.
  • Memiliki riwayat keluarga yang mengalami kriptorkismus.
  • Kelahiran dengan berat badan rendah.
  • Gangguan pada janin yang dapat menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan, seperti sindrom Down.
  • Konsumsi alkohol dan merokok saat hamil.
  • Terpapar pestisida.
Testis yang absen dari posisi skrotum normal mungkin:
  • Di mana saja di sepanjang “jalan keturunan” dari tinggi di perut posterior (retroperitoneal), tepat di bawah ginjal, ke cincin inguinal.
  • Di kanal inguinal.
  • Ektopik, setelah “berkeliaran” dari jalur keturunan, biasanya di luar kanal inguinal dan kadang-kadang bahkan di bawah kulit paha, perineum, skrotum yang berlawanan, atau kanal femoralis.
  • Tidak berkembang (hipoplastik) atau sangat abnormal (disgenetik).

Diagnosis keperawatan kriptorkismus

Kriptorkismus dapat didiagnosis melalui perabaan pada testis. Tes pemindaian seperti USG atau MRI tidak diperlukan.

Bila pada pemeriksaan tidak teraba adanya testis, dokter akan menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan laparoskopi, dengan menggunakan selang berkamera yang dimasukkan ke dalam perut bayi melalui sayatan kecil pada dinding perut.

Metode ini dapat digunakan sebagai penunjang diagnosis, sekaligus sebagai terapi. Namun pada kasus tertentu tetap diperlukan tindakan operasi.

Gambar Operasi bevans.

Gambar kanan:
Sayatan melalui kulit (3),
fasia superfisial (4),
dan eksternal miring (1); 2, cremas-teric fascia (Bevan in Keens Surgery).

Operasi Bevans (gambar kiri): 1, Titik di mana proses perito-neum vagina dipotong; 2, proses vagina terbuka, eks-testis; 3, testis (Bevan inKeens Surgery). 4. Testis yang salah tempat: (a) di perineum; (B) pada paha di bawah ligamentum.

Pengobatan Kriptorkismus

Tujuan pengobatan adalah untuk memindahkan testis yang tidak turun ke lokasi yang tepat di skrotum. Pengobatan sebelum usia 1 tahun dapat menurunkan risiko komplikasi dari testis yang tidak turun, seperti infertilitas dan kanker testis. Sebelumnya lebih baik, tetapi disarankan agar operasi dilakukan sebelum anak berusia 18 bulan.

Jika bayi mengalami kriptorkismus, penanganan perlu dilakukan bila sampai usia lebih dari 6 bulan testis tidak turun sendiri. Tindakan dapat dilakukan saat bayi berusia 6-12 bulan. Tindakan tersebut bertujuan untuk memindahkan testis ke dalam skrotum seperti seharusnya. Salah satu caranya adalah melalui penyuntikan hormon chrionic gonadotropin (HCG) untuk merangsang proses turunnya testis hingga menempati skrotum. Namun terapi hormon tidak menjadi pilihan utama, karena efektivitasnya lebih rendah bila dibandingkan dengan operasi.

Operasi

Operasi yang dapat dilakukan adalah orkiopeksi, untuk memindahkan testis ke dalam skrotum. Prosedur operasi tentunya memiliki beberapa risiko, antara lain perdarahan, infeksi, testis kembali ke naik, jaringan testis mengecil dan mati (atrofi testis) karena terjadi gangguan suplai darah, serta kerusakan pada saluran testis menuju uretra sehingga cairan semen atau mani sulit keluar. Meski memiliki risiko, sebagian besar tindakan operasi berhasil mengembalikan posisi testis ke skrotum.

Pada kasus di mana bayi tidak memiliki testis sama sekali, penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan implantasi testis. Sedangkan pada bayi yang masih memiliki paling tidak satu testis yang sehat, dapat ditangani dengan terapi hormon. Hal ini penting untuk kematangan secara fisik saat pubertas.

Testis yang tidak turun biasanya dikoreksi dengan operasi. Dokter bedah dengan hati-hati memanipulasi testis ke dalam skrotum dan menjahitnya pada tempatnya (orchiopexy). Prosedur ini dapat dilakukan dengan laparoskop atau dengan operasi terbuka.

Ketika putra Anda menjalani operasi akan tergantung pada sejumlah faktor, seperti kesehatannya dan seberapa sulit prosedurnya. Dokter bedah Anda kemungkinan akan merekomendasikan melakukan operasi ketika anak Anda berusia sekitar 6 bulan dan sebelum dia berusia 12 bulan. Perawatan bedah dini tampaknya menurunkan risiko komplikasi nantinya.

Dalam beberapa kasus, testis mungkin kurang berkembang, jaringan abnormal atau mati. Dokter bedah akan mengangkat jaringan testis ini.

Jika putra Anda juga menderita hernia inguinalis yang terkait dengan testis yang tidak turun, hernia diperbaiki selama operasi.

Setelah operasi, ahli bedah akan memantau testis untuk melihat bahwa itu terus berkembang, berfungsi dengan baik dan tetap di tempatnya. Pemantauan mungkin termasuk:

  • Pemeriksaan ultrasonografi skrotum.
  • Tes kadar hormon
  • Perawatan hormon
Perawatan hormon

Perawatan hormon melibatkan injeksi human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon ini bisa menyebabkan testis pindah ke skrotum anak Anda. Perawatan hormon biasanya tidak dianjurkan karena jauh lebih efektif daripada operasi.

Perawatan lainnya

Jika putra Anda tidak memiliki satu atau kedua testis – karena satu atau keduanya hilang atau tidak bertahan hidup setelah operasi – Anda dapat mempertimbangkan prostesis testis saline untuk skrotum yang dapat ditanamkan selama masa kanak-kanak atau remaja akhir. Prostesis ini memberikan skrotum penampilan normal.

Jika putra Anda tidak memiliki setidaknya satu testis yang sehat, dokter anak Anda akan merujuknya ke spesialis hormon (ahli endokrin) untuk membahas perawatan hormon masa depan yang akan diperlukan untuk mencapai pubertas dan kematangan fisik.

Hasil

Orchiopexy, prosedur bedah yang paling umum untuk mengoreksi testikel turun tunggal, memiliki tingkat keberhasilan hampir 100 persen. Kesuburan untuk pria setelah operasi dengan testis tunggal yang tidak turun hampir normal, tetapi turun menjadi 65% pada pria dengan dua testis yang tidak turun. Pembedahan mungkin mengurangi risiko kanker testis, tetapi tidak menghilangkannya.

Komplikasi Kriptorkismus

Salah satu komplikasi yang dapat timbul akibat kriptorkismus adalah kemandulan atau infertilitas, yang ditandai dengan jumlah sperma yang sedikit atau kualitas sperma yang buruk. Komplikasi lainnya adalah kanker testis. Risiko ini lebih besar dialami penderita kriptorkismus pada rongga perut dibanding kriptorkismus yang terjadi di inguinal canal.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: National Center for Biotechnology Information (NCBI), Mayo Clinic, Harvard University – Harvard Health Publishing, National Health Service (NHS UK), Urology Health

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-06-26T04:34:48+07:00 Juni 21st, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment