fbpx

Perbedaan Alam Semesta, Galaksi dan Tata Surya

Perbedaan Alam Semesta, Galaksi dan Tata Surya

Perbedaan alam semesta, galaksi dan tata surya berada di jantung sains yang dikenal sebagai astronomi. Meskipun astronomi adalah ilmu yang kompleks, istilah-istilah dasar ini dapat dipahami oleh siapa saja. Bahkan, pemahaman dasar tentang sistem astronomi ini umumnya diperlukan di kelas sains di beberapa titik selama sekolah dasar.

 

1. Alam Semesta

Alam semesta adalah yang terbesar dari ketiga konsep astronomi ini. Semua hal, termasuk galaksi dan tata surya, termasuk dalam alam semesta. Meskipun semua yang diketahui manusia terkandung di alam semesta, para ilmuwan percaya bahwa alam semesta akan terus berkembang. Hal ini dianggap sebagai hasil big bang, ledakan besar materi super padat yang menciptakan alam semesta dan semua hal yang terkandung di dalamnya.

Alam Semesta, atau lebih sering disebut Jagat Raya adalah keseluruhan dari ruang dan waktu yang terdiri dari triliyunan galaksi yang terbentuk dari bintang-bintang seusai peristiwa Big Bangratusan milyar tahun yang lalu. Grup bintang-bintang ini terlihat membentuk sebuah konstelasi bintang.

 

2. Galaksi

Galaksi adalah sistem tata surya dan bintang lainnya. Galaksi, seperti tata surya, disatukan oleh gravitasi. Dalam galaksi, tata surya dipisahkan oleh sebagian besar ruang yang sebagian besar kosong. Galaksi yang mengandung Bumi dan tata surya disebut Bima Sakti. Galaksi ini diperkirakan mengandung lebih dari 200 miliar bintang yang berbeda. Sistem tata surya mengorbit di sekitar galaksi mereka sama seperti planet-planet mengorbit di sekitar matahari mereka. Dibutuhkan tata surya Bumi sekitar 200 hingga 250 juta tahun untuk menyelesaikan orbitnya.

 

3. Tata Surya

Sistem tata surya adalah yang terkecil dari ketiga sistem yang dipertanyakan. Tata surya terdiri dari bintang, seperti matahari, dan benda-benda yang dipengaruhi oleh gravitasinya. Benda-benda ini termasuk planet, bulan, asteroid, komet dan meteoroid. Meskipun sistem surya lebih kecil dari alam semesta atau galaksi, ukuran sebenarnya dari sistem tata surya terkecil sekalipun sulit bagi pikiran manusia untuk benar-benar memahami. Dalam hal skala, jika matahari memiliki dimensi bola tenis, Bumi akan menjadi ukuran butiran pasir yang terletak sekitar 8 meter.

 

Menjelajahi Perbedaan Alam Semesta, Galaksi dan Tata Surya

Ukuran adalah perbedaan utama antara alam semesta, galaksi, dan tata surya. Namun, perbedaan lain juga ada. Lubang hitam adalah bagian dari ruang dengan tarikan gravitasi yang kuat, yang bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri. Fenomena ini terkadang dapat ditemukan di pusat galaksi. Awan gas besar yang disebut nebula ada di ruang antara galaksi di alam semesta, tetapi mereka tidak terlihat sebagai bagian dari galaksi atau tata surya.

 

Perbedaan Alam Semesta, Galaksi dan Tata Surya

Lokasi Bumi yang sangat kecil di alam semesta. Sumber foto: Wikimedia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: SciencingDifference Between, NASA

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-19T23:19:25+00:00 Mei 19th, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment