PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Teleskop Webb | Teropong Luar Angkasa

5 min read

Teleskop webb

Teleskop Luar Angkasa Webb

Teleskop James Webb adalah observatorium ruang angkasa paling kompleks dan kuat yang pernah dibangun. Teleskop Webb adalah hasil kolaborasi antara NASA, Badan Antariksa Eropa, dan Badan Antariksa Kanada.

Kemampuan teleskop, yang dikembangkan oleh Badan Antariksa AS dengan bantuan rekan-rekan Eropa dan Kanada, sangat besar. Buat saja perbandingan sederhana antara James Webb dan Hubble. Atau untuk melihat bagaimana area yang difoto oleh observatorium hanya sebagian kecil dari seluruh Alam Semesta. Namun, detailnya sangat tepat.

Instrumen Optik Luar Angkasa dan observatorium luar angkasa paling kuat yang pernah dibuat.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang misi JWST yang sangat menarik, yang akan dapat memberikan pengamatan luar angkasa yang spektakuler kepada para astronom di seluruh dunia.

Kapan peluncurannya?

Sudah diluncurkan: teleskop James Webb ada di luar angkasa! Peluncurannya berhasil pada 25 Desember 2021. Kemudian tetap beroperasi penuh. Secara total, lebih dari 300 titik kritis telah diidentifikasi berpotensi bermasalah selama penerapannya; jelas, mereka diteliti dengan cermat oleh NASA.

Untuk apa Teleskop James Webb digunakan?

Observatorium ini dirancang untuk memajukan penelitian di empat bidang utama:

1. Mendeteksi cahaya galaksi pertama, yang muncul tak lama setelah Big Bang.
2. Mempelajari pembentukan dan evolusi galaksi.
3. Lebih memahami kelahiran bintang.
4. Begitu juga dengan exoplanet.

Untuk ini, JWST mengamati dalam rentang inframerah (yaitu radiasi antara cahaya tampak dan gelombang mikro) dan di luar angkasa. Dengan demikian, observatorium dapat pergi jauh ke masa lalu Semesta, untuk melihat galaksi pertama yang terbentuk – “bayi galaksi” – dan untuk memeriksa bagian dalam awan debu tempat bintang dan planet terbentuk.

Apa instrumen Teleskop James Webb?

Observatorium ini memiliki empat instrumen ilmiah di dalamnya:

1. Kamera inframerah-dekat, NIRCam (untuk “Kamera Inframerah Dekat”), yang antara lain akan mendeteksi bintang yang muncul setelah Big Bang, mencari supernova, mengukur cahaya yang terdistorsi karena materi gelap ,

2. Spektrometer inframerah-dekat, NIRSpec (“Spektrometer Inframerah Dekat”), yang memungkinkan, misalnya, untuk mempelajari unsur-unsur kimia di galaksi jauh atau gugusan bintang muda,

3. Sebuah instrumen mid-infrared, MIRI (“Mid Infrared Instrument”), yang memungkinkan untuk mengamati katai coklat, exoplanet dan evolusi bintang dan sistem protoplanet,

4. Dan pencitra inframerah dekat dan spektrograf tanpa celah, yang disebut NIRISS (“Pencitra Inframerah Dekat dan Spektrograf Tanpa Celah”), yang membantu mempelajari planet ekstrasurya dan galaksi jauh.

Mengapa Teleskop James Webb memiliki cermin yang tersegmentasi?

Cermin utama yang mewah dari teleskop James Webb, dengan perkiraan diameter 6,5 meter, tidak luput dari perhatian dengan warna emasnya dan 18 segmennya dirakit dalam bentuk heksagonal. Dalam astronomi, cermin dikatakan tersegmentasi. Ini bukan pilihan teknis, karena akan memungkinkan untuk membangunnya dalam satu blok.

Ini adalah motivasi logistik di balik pilihan ini: tidak mungkin memasang cermin sebesar ini yang terbuat dari satu blok ke dalam roket yang meluncurkan JWST ke luar angkasa. Untuk pertama kalinya, diputuskan untuk meluncurkan teleskop dengan cermin tersegmentasi ke luar angkasa.

Akankah Teleskop James Webb menggantikan Hubble?

Tidak sepenuhnya akurat untuk mengatakan bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb dimaksudkan untuk menggantikan Hubble. Anda harus melihatnya lebih sebagai penerus. Diakui, JWST melampaui batas Hubble, yang terbukti tidak dapat melihat melampaui inframerah dekat (karena itu jaraknya lebih jauh di masa lalu daripada JWST). Ukurannya juga lebih besar dari Hubble.

Tetapi pada hari Hubble tidak lagi berfungsi, Teleskop James Webb tidak akan memiliki sarana untuk sepenuhnya menggantikannya. Saat ini, Hubble adalah satu-satunya teleskop yang mampu mengamati dalam ultraviolet dan JWST tidak dilengkapi untuk melakukan hal yang sama.

Kapan Teleskop James Webb diluncurkan?

Teleskop Luar Angkasa James Webb awalnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada 18 Desember 2021. Akhirnya, peluncurannya terjadi pada Hari Natal, 25 Desember 2021.

Dari mana Teleskop James Webb diluncurkan?

Pesawat itu lepas landas dari pusat ruang angkasa Kourou di Guyana Prancis, dibawa dengan roket Ariane 5 ECA. Observatorium harus diangkut dengan kapal dari California untuk mencapai pangkalan peluncurannya.

Berapa harga teleskop James Webb?

Total biaya teleskop diperkirakan mencapai US$ 9,7 miliar dolar, atau € 8,2 miliar. Sejak awal proyek, anggaran ini telah direvisi secara berkala ke atas.

NASA menyebutkan bahwa mereka berpartisipasi dalam total biaya JWST hingga US$ 7,998 miliar. Dia memperkirakan bahwa lima tahun pertama pengoperasian observatorium, ditambah dua tahun yang diperlukan untuk mengeksploitasi datanya, akan menghasilkan biaya tambahan sebesar US$ 8,835 miliar – mengetahui bahwa JWST tentu saja harus menggandakan umurnya.

Mengapa peluncuran Teleskop James Webb ditunda?

Penerbangan JWST ke luar angkasa telah berulang kali ditunda. Pada tahun 2003, rencana keberangkatannya ke luar angkasa adalah 2011. Namun, pada tahun itu, jadwal harus disesuaikan kembali karena masalah reguler dan peningkatan anggaran. Perwakilan Kongres Amerika bahkan telah mempertimbangkan untuk membatalkan proyek, yang menjadi terlalu mahal. Namun, peluncurannya diundur ke tahun 2018.

Dan sejak itu, lepas landas terus ditunda. Pandemi covid-19 semakin mengganggu kecepatan kerja, memaksa tanggal peluncuran ke luar angkasa dimundurkan lebih jauh ke akhir 2021.

Mengapa nama Teleskop James Webb kontroversial?

Pada awal proyek, teleskop telah menerima penunjukan sementara “Teleskop Luar Angkasa Generasi Berikutnya” (NGST: Next Generation Space Telescope, untuk “Teleskop Antariksa Generasi Baru”). Dinamakan demikian untuk melambangkan kesinambungan aktivitasnya, dibandingkan dengan Hubble.

JWST menerima nama resminya pada 10 September 2002, mengacu pada James Webb (1906-1992), administrator kedua NASA. Dia dikenal karena memimpin Apollo. Namun demikian, pilihan nama ini dipertanyakan oleh banyak ilmuwan, karena James Webb akan menyukai kebijakan pengecualian orang-orang LGBTQI+ di dalam badan antariksa tersebut. Namun, NASA tidak berniat mengganti namanya.

Siapa James Webb?

James Edwin Webb (7 Oktober 1906 – 27 Maret 1992) adalah Administrator kedua NASA, menjabat dari 14 Februari 1961 hingga 7 Oktober 1968.

Mengapa Teleskop James Webb harus dikirim ke luar angkasa?

Itu perlu untuk menjadikan JWST sebagai teleskop luar angkasa, dan bukan yang terestrial, karena observatorium ini membutuhkan kondisi pengamatan yang sangat spesifik. Atmosfer bumi dapat mengaburkan gambar yang diperoleh teleskop, karena hampir buram dan bersinar dalam panjang gelombang inframerah yang akan diamati oleh James Webb. Teknologi yang digunakan dalam teleskop terestrial saat ini tidak memungkinkan masalah ini dielakkan.

Kebutuhan untuk mengirimnya ke luar angkasa membuat misi menjadi lebih kompleks: semua mekanisme JWST harus bekerja dengan sempurna.

Di mana Teleskop James Webb berada di luar angkasa?

Butuh sekitar satu bulan bagi teleskop, setelah diluncurkan, untuk mencapai lokasi yang direncanakan: titik Lagrange L2, yang terletak sekitar 1,5 juta kilometer dari planet kita. Sangat penting untuk menempatkan JWST sangat jauh, karena membutuhkan suhu rendah untuk beroperasi dengan benar (-223°C). Perisainya, terdiri dari 5 lapisan, membantu menjaganya tetap dingin, dengan menghalangi cahaya yang dipancarkan oleh Matahari, Bumi dan Bulan (bisa, dengan memanaskan teleskop, mendistorsi pengamatannya).

Tetapi selain perisai, posisi teleskop ruang angkasa berperan: ditempatkan di belakang Bumi, dalam kaitannya dengan Matahari. JWST demikian kira-kira sejajar setiap saat dengan planet kita dan Matahari.
Pada jarak seperti itu, tidak ada perbaikan yang dapat dilakukan di luar angkasa, seperti misi pemeliharaan yang dilakukan dengan Hubble.

Berapa lama misi Teleskop James Webb berlangsung?

Sejak peluncurannya, teleskop dirancang untuk misinya bertahan setidaknya 5,5 tahun (termasuk enam bulan pertama commissioning). Tujuannya adalah agar umurnya lebih dari 10 tahun. Tidak seperti teleskop Hubble, bukan pengoperasian berbagai komponennya yang cenderung bermasalah seiring waktu. Sebaliknya, jumlah bahan bakar yang diambil oleh observatorium untuk mempertahankan orbitnyalah yang akan menentukan. Oleh karena itu, JWST membawa bahan bakar yang cukup untuk beroperasi selama sekitar sepuluh tahun.


Tata Surya | Susunan, Komposisi, Pembentukan dan Evolusi

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, ESA (European Space Agency), BBC, Northrop Grumman,

Sumber foto: NASA, ESA, CSA and STScI

Penjelasan foto: gambar pertama dari teleskop luar angkasa James Webb.

Lanskap “pegunungan” dan “lembah” yang berbintik-bintik dengan bintang-bintang yang berkilauan ini sebenarnya adalah tepi wilayah pembentukan bintang muda di dekatnya yang disebut NGC 3324 di Nebula Carina. Ditangkap dalam cahaya inframerah oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang baru, gambar ini mengungkapkan untuk pertama kalinya area kelahiran bintang yang sebelumnya tidak terlihat.

Disebut Tebing Kosmik, gambar tiga dimensi Webb tampak seperti pegunungan terjal pada malam yang diterangi cahaya bulan. Pada kenyataannya, itu adalah tepi rongga gas raksasa di dalam NGC 3324, dan “puncak” tertinggi dalam gambar ini tingginya sekitar 7 tahun cahaya. Area gua telah diukir dari nebula oleh radiasi ultraviolet yang kuat dan angin bintang dari bintang muda yang sangat masif dan panas yang terletak di pusat gelembung, di atas area yang ditunjukkan pada gambar ini.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *