fbpx

Plat­ina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78

Platina

Plat­ina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78.

 

Fisik Platina

Dalam kondisi standar platinum adalah logam mengkilap, berwarna keperakan. Platinum sangat elastis, yang berarti bahwa platinum dapat dengan mudah membentang menjadi kawat. Platinum juga mudah dibentuk, yang berarti dapat ditumbuk menjadi lembaran tipis.

 

Kegunaan Platina Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagai bahan perhiasan dan simbol kekayaan. Juga digunakan sebagai mata uang dan sebagai investasi. Platinum juga digunakan dalam koin dan untuk membuat perhiasan seperti cincin, anting-anting, dan jam tangan.

Zat antineoplastik berbasis platina digunakan dalam kemoterapi dan menunjukkan aktivitas yang baik melawan beberapa tumor.

Oleh karena platina adalah katalis dalam pembuatan karet silikon dan komponen gel beberapa jenis implan medis (implan payudara, prostetik pengganti sendi, cakram lumbar buatan, port akses vaskular, dll.), kemungkinan platina dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan efek kesehatan menjadi penelitian serius. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat dan institusi lainnya telah meninjau isu dan menemukan tidak ada bukti yang mengarah pada keracunan in vivo.

Platinum, salah satu logam platinum yang paling banyak, dan paduannya sangat diperlukan di laboratorium kimia untuk elektroda dan cawan lebur dan piring di mana material dapat dipanaskan sampai suhu tinggi.

 

Sejarah Platina

Para arkeolog telah menemukan jejak platina dalam emas yang digunakan dalam makam Mesir kuno dan huruf hieroglif berkalender awal 1200 SM. Namun, keberlanjutan pengetahuan Mesir tentang logam ini masih belum jelas. Cukup mungkin mereka tidak mengenali adanya platina dalam emas mereka.

Logam ini digunakan oleh bangsa Amerika pra-Kolombia di dekat Esmeraldas, Ekuador saat ini untuk membuat artefak berbahan aloy emas putih-platina. Mereka menerapkan sistem metalurgi serbuk yang relatif canggih. Platina yang digunakan dalam objek-objek semacam ini bukanlah unsur murni, tetapi merupakan campuran alami logam-logam golongan platina, dengan sejumlah kecil paladium, rodium dan iridium.

 

Platina

Sebuah bongkahan platina alami, pertambangan Kondyor, Khabarovsk Krai – Russia.

 

Senyawa Platina

Halida

Ketika asam heksakloroplatinat dipanaskan, ia terdekomposisi menjadi unsur platina melalui tahapan pembentukan platina(IV) klorida dan platina(II) klorida terlebih dahulu, meskipun reaksinya tidak terjadi secara bertahap:

{\displaystyle {\text{(H}}_{3}{\text{O)}}_{2}{\text{PtCl}}_{6}.n{\text{H}}_{2}{\text{O}}\rightleftharpoons {\text{PtCl}}_{4}+2{\text{ HCl}}+{\text{(}}n+{\text{2) H}}_{2}{\text{O}}}
{\displaystyle {\text{PtCl}}_{4}\rightleftharpoons {\text{PtCl}}_{2}+{\text{Cl}}_{2}}
{\displaystyle {\text{PtCl}}_{2}\rightleftharpoons {\text{Pt}}+{\text{Cl}}_{2}}
Ketiga reaksi di atas adalah reaksi bolak-balik. Platina(II) dan platina(IV) bromida juga telah dikenal. Platina heksafluorida adalah oksidator kuat yang mampu mengoksidasi oksigen.

 

Oksida

Platina(IV) oksida, PtO2, dikenal juga sebagai katalis Adams, adalah suatu serbuk hitam yang larut dalam larutan KOH dan asam pekat. PtO2 dan PtO, yang kurang umum, keduanya terdekomposisi pada pemanasan. Platina(II,IV) oksida, Pt3O4, terbentuk melalui reaksi berikut:

{\displaystyle 2{\text{ Pt}}^{2+}+{\text{Pt}}^{4+}+4{\text{ O}}^{2-}\longrightarrow {\text{Pt}}_{3}{\text{O}}_{4}}
 

Isotop Platina

Ada enam isotop alami yang terkandung dalam platinum. Yang paling banyak dari ini adalah Platinum-195.

Isotop Platina terstabil

Iso­top

Kelim­pahan

Waktu paruh (t1/2)

Moda peluruhan

Pro­duk

190Pt 0,014% 6,5×1011 thn α 186Os
192Pt 0,782% 192Pt stabil dengan 114 neutron
193Pt syn 50 thn ε 193Ir
194Pt 32,967% 194Pt stabil dengan 116 neutron
195Pt 33,832% 195Pt stabil dengan 117 neutron
196Pt 25,242% 196Pt stabil dengan 118 neutron
198Pt 7,163% 198Pt stabil dengan 120 neutron

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Wikipedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T00:37:43+07:00 Mei 28th, 2016|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment