PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Prive (Pengambilan Pribadi) Akuntansi Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

3 min read

Prive (Pengambilan Pribadi) Akuntansi Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

Prive (owner withdrawals) dalam Akuntansi

Prive adalah pengambilan (owner withdrawals) uang dalam perusahaan milik sendiri untuk kepentingan diri sendiri. Umumnya sering terjadi dalam perusahaan milik keluarga (family business) atau perusahaan CV. Hal ini dapat dapat menyebabkan adanya pengurangan modal perusahaan. Ini adalah cara bagi mereka untuk membayar diri mereka sendiri daripada mengambil gaji, dan itu bukan sebagai beban.

Prive ini menjadi salah satu akun yang dapat menyebabkan adanya perubahan modal pada laporan keuangan.

Walaupun prive adalah pengambilan modal (mengurangi dana perusahaan), tetapi prive tidak masuk di laporan laba rugi. Prive masuk sebagai pengurang modal yang dapat mempengaruhi laporan perubahan modal / ekuitas perusahaan.

Rumus Prive

Prive = Modal Awal + Seluruh Pendapatan – Seluruh Beban – Pajak – Modal Akhir

Cara Pencatatan Prive

1. Dicatat dimana? Akan dikurangkan sebagai pengurang modal saat pemiliki mengambil modal untuk kepentingan pribadi.

2. Tidak masuk dalam laba rugi, karena ia bukanlah bagian dari operasional bisnis perusahaan, namun prive adalah pengambilan modal sendiri / pribadi yang digunakan untuk kepentingan pemilik perusahaan, sehingga lebih mempengaruhi ekuitas.

Baca juga: Rumus Modal, Laba Rugi, Neraca (Financial statement) dalam Akuntansi – Laporan Keuangan

Apa saja yang termasuk dalam prive?

Yang termasuk pengambilannya antara lain:

  • Pembagian laba dengan nama dan dalam bentuk apapun.
  • Biaya yang dibebankan atau dikeluarkan untuk kepentingan pribadi anggota perseroan komanditer (CV).
  • Gaji yang dibayarkan kepada anggota persekutuan, firma, atau perseroan komanditer yang modalnya tidak terbagi atas saham.
  • Penarikan modal oleh anggota perseroan komanditer.

Cara Mencari Prive dalam Laporan Perubahan Modal

Bagaimana cara mencari prive dalam laporan perubahan modal?

1. Gunakan rumus laporan perubahan modal adalah sebagai berikut:

Modal akhir = modal awal + laba (atau – rugi bersih) – prive

2. Jika kita modifikasi, maka rumus untuk mencari prive menjadi:

Prive = Modal awal + laba = modal akhir

Untuk lebih memudahkan contohnya, anda bisa perhatikan laporan perubahan modal berikut ini: 
Pada contoh laporan keuangan PT Maju Jaya diatas, kita bisa lihat penanaman modal perusahaan hanya sebesar Rp1.700.000, padahal perusahaan menghasilkan laba bersih sebesar Rp2.400.000. Hal ini dikarenakan terjadi pengambilan prive oleh pemilik perusahaan sebesar Rp700.000, sehingga hal ini akan mengurangi penanaman modal perusahaan. 
Dan modal akhir Bapak Jaya menjadi Rp11.700.000. Pengambilan prive nilainya bisa lebih besar dibandingkan laba bersih, atau sebaliknya, lebih kecil. Pada contoh diatas, pengambilan prive lebih kecil dibandingkan laba bersih, sehingga nilai penanaman modal perusahaan masih positif sebesar Rp1.700.000. 
Itulah rumus prive di dalam laporan perubahan modal perusahaan. Oke, lalu bagaimana dengan perusahaan go public? Bagaimana cara mencari prive di laporan perubahan modal untuk perusahaan go public? 
Kita tahu bahwa laporan keuangan go public seringkali digunakan untuk analisa laporan keuangan, sehingga mungkin banyak dari anda yang juga ingin mencari berapa besar prive laporan keuangan pada perusahaan terbuka (go public).
Perlu anda ketahui, akun prive biasanya muncul / terjadi di laporan ekuitas pada perusahaan kecil, yaitu perusahaan perseorangan atau perusahaan berbentuk firma. 
Sedangkan untuk perusahaan skala besar, yaitu berbentuk Perseroan Terbatas (PT) apalagi perusahaan go public, maka yang muncul dalam laporan perubahan modal bukanlah prive, tetapi DIVIDEN.
Dividen adalah modal yang diambil dari keuntungan perusahaan (laba bersih) untuk dibagikan kepada pemegang saham.  
Jadi dalam laporan keuangan perusahaan go public, anda tidak akan menemukan akun prive. Sebagai contoh, anda bisa lihat laporan keuangan perusahaan go public PT Unilever Tbk (UNVR) berikut:     
Cara mencari prive dalam laporan perubahan modal
Pada laporan perubahan modal UNVR diatas, kita tidak menemukan akun prive sebagai pengurang saldo ekuitas akhir periode, tetapi kita menemukan dividen yang mengurangi ekuitas dan dividen juga diambil dari laba bersih. 

Lalu apakah dividen itu sama dengan prive?

Tentu saja berbeda. Prive = pengambilan modal untuk kepentingan pribadi pemilik. Dividen = Pengambilan modal untuk diberikan pada pemegang saham / investor ketika perusahaan memperoleh laba bersih.

Prive tidak dikenakan pajak, sedangkan dividen dikenakan pajak. Jadi walaupun sama-sama mengunragi modal, tetapi keduanya berbeda. Di dalam laporan perusahaan go public, tidak ada akun prive, yang ada dividen (sebagai pengurang modal), karena prive umumnya muncul pada perusahaan perorangan atau firma.


Rumus Modal, Laba Rugi, Neraca (Financial statement) dalam Akuntansi – Laporan Keuangan


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Penting: Informasi yang terkandung dalam artikel ini bukanlah nasihat pajak atau hukum dan bukan merupakan pengganti nasihat tersebut. Undang-undang negara sering berubah, dan informasi dalam artikel ini mungkin tidak mencerminkan undang-undang negara atau perubahan undang-undang terbaru. Untuk nasihat pajak atau hukum saat ini, silakan berkonsultasi dengan akuntan, kantor konsultan pajak, atau pengacara pajak.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, MyAccountingCourse, AccountingTools

Sumber foto: Cindy Shebley / Flickr

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.