Akuntansi – Jenis dan Spesialisasi Bidang-Bidang

Jenis dan Spesialisasi Bidang-Bidang Akuntansi

Akuntansi juga memiliki jenis bidang-bidang spesialisasi akuntansi:

1. Akuntansi Keuangan

Secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti hutang (kewajiban), modal (ekuitas) ataupun perubahan aset perusahaan.

2. Akuntansi Manajemen

Yang memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) sehingga diperlukan untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya. Termasuk manajemen risiko (risk management).

3. Akuntansi Biaya

Bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain.

4. Akuntansi Pajak

Yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisir pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.

5. Akuntansi Pemeriksaan

Bidang akuntansi yang berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi / laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit, dan orang yang mengaudit disebut auditor.

6. Akuntansi Anggaran

Mempelajari penyusunan budgeting atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.

7. Akuntansi Pendidikan

Merupakan bidang akuntansi yang outputnya diarahkan khusus di bidang pendidikan, misalkan untuk menjadi pengajar akuntansi, peneliti atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.

8. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, baik lembaga daerah atau pusat.

9. Sistem Akuntansi

Adalah bidang bidang akuntani yang berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi / alat-alat pendukungnya. Serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.

10. Akuntansi Internasional

Adalah bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah internasional seperti pedagangan internasional yang umum terjadi di perusahaan multi nasional/internasional.

Jenis bidang-bidang spesialisasi akuntansi


Jenis bidang-bidang spesialisasi akuntansi dalam Jabatan dalam bidang akuntansi

Seorang yang berkecimpung dalam bidang akuntansi di suatu perusahaan, maka akan dapat memperoleh jabatan – jabatan tertentu yang berhubungan dengan akuntansi pula. Jabatan dalam bidang akuntansi ini secara umum adalah :

  • Manager akuntansi
  • Asisten manager akuntansi
  • Penata buku (bookkeper)
  • Pembantu penata buku

Bidang Profesi Akuntansi

Di sisi lain, pekerjaan – pekerjaan di bidang akuntansi ini harus dikerjakan oleh tenaga – tenaga yang memiliki keahlian khusus di bidang akuntansi. Profesi akuntansi secara garis besar juga dapat diglongkan dalam dua hal yakni akuntansi publik dan akuntansi intern.

Akuntansi publik (public accountant)

Akuntansi publik adalah akuntan swasta yang menyediakan jasa pemeriksaan kepada pihak lain. Pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik ini merupakan pemeriksaan yang datang dari luar badan yang diperiksa.

Akuntansi intern

Akuntansi intern adalah akuntan yang bekerja di dalam perusahaan swasta. Mereka menjadi bagian dan mendapatkan gaji dari perusahaan tempat mereka bekerja dalam menerapkan ilmu akuntansi mereka.

Akuntan Pemerintah

Meski sering disebut sebagai istilah bisnis, nyatanya bukan hanya perusahaan saja yang memerlukan jasa akuntan. Bidang ilmu akuntansi juga sama dibutuhkannya di lembaga non bisnis seperti kantor-kantor pemerintahan.

Kantor pemerintah yang memerlukan banyak tenaga akuntan anatara lain adalah BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan), Direktorat Pajak, dan departemen keuangan lainnya. Akuntan yang bekerja di lembaga pemerintahan disebut dengan akuntan pemerintah. Jabatan akuntansi ini memiliki tugas yang lebih berat yaitu mengawasi dan menganalisa data mengenai keuangan negara.

Akuntan Pendidik

Jabatan akuntansi yang tidak kalah penting adalah akuntan pendidik yang bertugas untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan yang baik kepada calon-calon akuntan sehingga bisa menjadi akuntan yang berkualitas di mana pun ia bekerja nantinya.

Ilmu akuntansi umumnya sudah diberikan di tingkat sekolah menengah atas baik umum maupun kejuruan. Akuntansi juga diberikan di perguruan tinggi dengan program studi khusus akuntansi atau diberikan di prodi ekonomi.

Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi, jabatan akuntansi bisa saja berubah-ubah sesuai dengan sistem yang berlaku pada perusahaan atau dunia fiskal.  

Akuntansi tidak hanya sekedar ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah namun juga merupakan profesi yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan, fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, bahkan kantor-kantor pemerintahan.

Oleh karena itu, akuntansi merupakan salah satu bidang ilmu yang populer di perguruan tinggi untuk menghasilkan akuntan-akuntan profesional untuk mengisijabatan akuntansi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Accountingverse

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-23T13:42:29+07:00 Februari 18th, 2018|Akuntansi|1 Comment

One Comment

  1. zonkeu 13/10/2018 at 10:11 am - Reply

    Maksih infonya,bisa lebih menambah pengetahuan agar lebih tahu dunia akuntansi

Leave A Comment