PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Pulau Komodo, Rinca dan Padar | Panduan Perjalanan Lengkap

5 min read

Pulau komodo

Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo terletak di daerah administrasi Provinsi NTT dan taman nasional ini juga sangat dekat dengan kepulauan Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas 3 pulau besar: Komodo, Rinca dan Padar, serta beberapa pulau kecil.

Daya tarik utama Taman Nasional Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba Biawak Komodo (Varanus komodoensis), tetapi keaslian dan kekhasan alamnya, khususnya panorama Savana dan Panorama bawah laut, merupakan daya tarik pendukung yang potensial. Wisata bahari misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat menawan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Anda hanya dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo dengan pemandu resmi dan penjaga taman. Jadi, Anda perlu memesan operator tur yang akan mengatur perjalanan perahu antar pulau, pemandu, dan juga untuk menangani biaya taman nasional ini.

Taman Nasional Pulau Komodo ini meliputi daerah yang didalamnya dihuni oleh Komodo yaitu Pulau Komodo, Gili Dasami dan Gili Motang bagian selatan Pulau Rinca kecamatan Komodo Manggarai barat.

Untuk ke lokasi TNK 5taman Nasional Komodo) cara yang paling tepat adalah dengan menyewa kapal di Labuan Bajo baik dengan medium boat, phinisi atau open deck menuju lokasi Taman nasional pulau komodo.

Cara daftar online masuk ke Taman Nasional Komodo

Pada 1 Juli 2020 otoritas Labuan Bajo / Flores dan Komodo menerapkan sistem registrasi online bagi pengunjung yang bepergian ke Flores dan Taman Nasional Komodo. Pada formulir pendaftaran online untuk Flores dan Komodo Anda dan wisatawan pendamping harus mengisi beberapa data diri dan mengunggah surat keterangan kesehatan serta bukti asuransi kesehatan Anda.

Link / tautan resmi: https://registration.labuanbajoflores.id

Selanjutnya Anda harus menyebutkan pada formulir pendaftaran online tempat wisata mana yang ingin Anda kunjungi dan kendaraan apa yang Anda gunakan untuk bepergian.

Anda juga harus mengirimkan itinerary perjalanan Anda ke Labuan Bajo. Jika semua data Anda di formulir pendaftaran online Anda disetujui, Tourist Information Board akan mengirimkan pemberitahuan validitas melalui email.

3 Atraksi Utama

Pulau Komodo

Datang dan kunjungi Taman Jurassic Indonesia (Taman Nasional Komodo) untuk mengagumi komodo (kadal raksasa, sangat mengesankan!) yang terkenal berkeliaran di pulau itu. Taman ini adalah rumah bagi spesies yang paling dekat dengan dinosaurus.

Setelah menjelajah di antara naga legendaris ini, pergilah ke Pantai Merah Muda yang terkenal di Kepulauan Komodo, keajaiban alam lainnya! Pasir merah muda yang kontras dengan air laut biru jernih memiliki keindahan yang tak tertandingi; sungguh pemandangan langka yang akan membuat anda betah berada di surga.

Komodo dragon at Komodo National ParkKomodo dragon at Komodo National Park. Adhi Rachdian from IndonesiaCC BY 2.0, via Wikimedia Commons

Pulau Rinca

Jika Anda ingin memastikan untuk bertemu dengan komodo yang terkenal di lingkungan alamnya, jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda di Pulau Rinca karena peluang bertemu mereka di sini lebih menjanjikan daripada di pulau-pulau lain di sekitarnya!

Petualang yang memulai perjalanan ini harus menyeberang dengan perahu selama satu jam dari Labuan Bajo. Saat tiba, Anda mungkin cukup beruntung untuk melihat satu atau dua komodo berjemur di bawah sinar matahari.

Penduduk setempat mengatakan bahwa populasi komodo lebih besar di sini daripada di Pulau Komodo. Namun, naga di sini cenderung agresif dan liar, jadi selalu ingat untuk menjaga jarak dan waspada setiap saat.

Selain naganya yang terkenal, pulau Rinca juga dikenal dengan banyak pendakian dan treknya. Nikmati panorama yang luar biasa saat Anda mengunjungi pulau ini! Sabana yang luas, bukit-bukit megah, perairan biru kehijauan, dan garis pantai yang menakjubkan akan membuat Anda tak bisa berkata-kata.

Panorama of Rinca Island
Rinca Island located in the Komodo National Park, East Nusa Tenggara. Pambudiyoga, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Pulau Padar

Perhentian penting dalam perjalanan Anda ke Kepulauan Komodo: Pulau Padar! Di sinilah Anda bisa menikmati panorama perbukitan hijau nan megah, air laut yang biru dan hamparan pantai pasir putih yang spektakuler.

Pulau Padar dianggap sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi seumur hidup. Pastikan memori ponsel Anda memiliki penyimpanan yang cukup dan kamera digital Anda memiliki kartu memori tambahan, karena Anda akan membawa banyak foto pemandangan yang indah!

Pulau Padar 1
Pulau Padar adalah salah satu dari beberapa pulau yang tersebar di kawasan Taman Nasional Komodo, pulau ini memiliki bentuk dengan beberapa teluk, pantai berwarna putih dan kemerahan serta beberapa puncak bukit yang indah. YUS JULIADI, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Atraksi di Pulau Komodo

Lihat komodo

Komodo tidak diragukan lagi merupakan daya tarik utama pulau ini. Mengganggu sekaligus mempesona, bertemu dengan hewan-hewan mitos ini akan membuat Anda menjalani momen tak terlupakan. Hewan lain juga berinvestasi di tempat ini, seperti kerbau, kuda liar, dan kijang.

Menyelam untuk mengagumi flora dan fauna bawah laut

Berikut adalah daftar situs menyelam terbaik di pulau ini:

  • Manta Alley: ini adalah tempat terbaik untuk mengamati pari manta yang terkenal. Situs yang relatif dangkal ini, antara 10 hingga 20 meter, memungkinkan Anda memaksimalkan waktu yang dihabiskan di bawah air dan memanfaatkan tontonan air sebaik-baiknya.
  • Batu Balong: taman karangnya penuh dengan ikan. Arus yang kuat dan penurunan yang curam menarik ikan besar seperti ikan napoleon dan hiu di kedalaman yang lebih dalam. Fotografer akan dapat menangkap foto yang tak terlupakan.
  • Golden Passage: Ini adalah situs drift dive yang populer di dekat Gili Lawa Darat. Anda dapat melihat karang, hiu karang, dan terkadang bahkan lumba-lumba dan pari manta.
  • Manta Point: situs ini menawarkan kesempatan untuk menyelam dengan pari manta yang datang untuk mencari makan di arus. Penyelaman drift dengan arus kuat ini memungkinkan Anda melihat hiu karang ujung putih, nason, dan squill kecil.

Info praktis

Karena sifat komodo yang ganas, sangat disarankan untuk menggunakan jasa ranger yang berpengalaman.
Ambil pakaian ringan dan tabir surya yang baik karena sering kali sangat panas dan matahari terik.
Keluarga dengan anak-anak di bawah empat tahun juga disarankan untuk tetap berada di kapal atau mengagumi komodo dari stasiun ranger daripada mengikuti jalan kaki penuh. Tangisan anak-anak kecil menyerupai tangisan mangsa yang terluka dan merangsang pemantau Komodo.

Cara Pergi ke Pulau Komodo

Dengan pesawat

Anda dapat menggunakan penerbangan ke Bandara Labuan Bajo (juga dikenal sebagai Bandara Komodo) dari Bali dan Jakarta dengan Garuda Indonesia, Lion Air, Batik, dan Nam Air (periksa SkyScanner untuk penawaran terbaru) – dengan beberapa rute lain yang menawarkan penerbangan lanjutan.

Dari bandara, taksi ke kota – yang terletak kurang dari 10 menit – biayanya tidak lebih dari Rp 50-60.000 dan harus dinegosiasikan sebelum masuk; atau perjalanan bisa ditempuh dalam 20-30 menit (menurun).

Dengan mobil

Tidak mungkin Anda dapat melakukan perjalanan ke Komodo sepenuhnya melalui jalan darat tetapi ada perjalanan bus darat dari Bali ke Komodo yang mencakup tiga penyeberangan feri, yaitu ke Lombok dari Bali, ke Sumbawa dari Lombok, dan ke Labuan Bajo dari Sumbawa.

Dengan kapal

Porsi terakhir perjalanan, dari Labuan Bajo (atau Maumere) ke Komodo hanya bisa dengan kapal feri. Perjalanan perahu dari Labuan Bajo ke Komodo memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Pelabuhan seperti itu belum ada di Pulau Komodo. Wisatawan harus turun dari kapal dan beralih ke kapal yang lebih kecil yang akan membawa mereka ke pulau tersebut.

Anda dapat menginap di resor di Labuan Bajo dan menjelajahi situs menyelam Komodo dengan liveaboard. Atau, Anda bisa naik perahu di Labuan Bajo dan pergi dengan kapal pesiar Anda sendiri untuk menjelajahi taman dan juga snorkeling untuk kepuasan Anda. Ada banyak agen perjalanan yang akan mengatur kapal pesiar seperti itu untuk Anda.

Berlayar ke Kepulauan Komodo

Bagaimana memilih perahu Anda untuk Komodo?
Menemukan pelayaran multi-hari di Kepulauan Komodo dengan harga yang tidak sepenuhnya gila ternyata sangat sulit. Saya merasa seperti saya hanya punya pilihan antara:

  • Kapal pesiar untuk backpacker sangat murah tapi sangat terbatas dalam hal kenyamanan dan keamanan (hati-hati arusnya bisa kuat di Komodo). Di luar pertanyaan bagi kami, saya menginginkan kenyamanan minimal dan keamanan maksimal dengan anak-anak
  • Kapal pesiar yang agak mewah tetapi benar-benar mahal dan tidak benar-benar diprivatisasi untuk keluarga beranggotakan lima orang.
  • Perjalanan sehari baik dalam kelompok atau pribadi. Jika Anda benci tur kelompok, tetapi jika Anda mampu membelinya dan tidak ingin tidur di kapal, menyewa secara pribadi adalah pilihan yang baik. Pilih perahu yang kuat yang memungkinkan Anda melihat sebanyak mungkin situs di siang hari, termasuk Padar misalnya.

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Villa Carissa Seminyak – Bali, Wonderful Indonesia, Love and Road

Sumber foto: jon hanson from London, source: indonesian islands (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

NB: Harga dan jam buka atraksi dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.