fbpx

Seberapa Dalam Kita Dapat Menggali Bumi?

Seberapa dalam kita dapat menggali bumi?

The Kola Superdeep Borehole di semenanjung Kola Rusia mencapai 12.262 meter (40.230 kaki) dan merupakan penetrasi terdalam (menggali Bumi) dari permukaan padat Bumi. Program Pengeboran Pedalaman Kontinental Jerman pada 9,1 kilometer (5,7 mi) telah menunjukkan kerak bumi sebagian besar yang berpori.

 

Kola Superdeep Borehole di Rusia. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Dengan upaya besar dan teknologi masakini, mereka hanya akan berhasil menembus mantel Bumi dengan mengebor melalui area tipis di kerak Bumi… selain mungkin beberapa ribu meter ke dalam mantel, kami tidak akan pergi lebih jauh. Anda melawan kepadatan ekstrim, tekanan ekstrim dan panas ekstrim di mana tidak ada cara untuk mengimbangi ini saat Anda turun lebih dalam.

 

Pengeboran bumi dalam kontinental Jerman

Pengeboran / menggali Bumi yang dalam “Program Kontinental Jerman”.
Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Kerak Benua

Ketebalan kerak bumi (km).
Kerak benua adalah lapisan batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf yang membentuk benua dan daerah dangkal dasar laut di dekat pantai, yang dikenal sebagai paparan kontinental.

Sebagian besar terdiri dari batuan granit, kerak benua memiliki kepadatan sekitar 2,7 g/cm3 dan kurang padat dibandingkan bahan mantel bumi (kepadatan sekitar 3,3 g/cm3), yang terdiri dari batuan mafik.

Kerak benua juga kurang padat dari kerak samudera (kepadatan sekitar 2,9 g/cm3), meskipun jauh lebih tebal, sebagian besar 25-70 km dibandingkan rata-rata ketebalan laut sekitar 7-10 km. Sekitar 40% dari permukaan bumi kini dilapisi dengan kerak benua, dengan komposisi sekitar 70% dari volume kerak bumi.

 

Kerak benua bumi

Ketebalan kerak bumi (km). Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Faktor apa yang membatasi kedalaman pengeboran?

1. Suhu

Faktor utama yang merintangi mesin bor adalah meningkatnya suhu, yang meningkat dengan cepat dan tak terduga sebagai salah satu latihan ke bumi. Gradien suhu geothermal, yang sebagian besar tidak dapat disentuh, adalah sumber utama distribusi temperatur melalui kerak dan lapisan lainnya. Selain itu, peralatan pengeboran itu sendiri menghasilkan panas yang signifikan dari gesekan, terutama dari mata bor yang menggiling bumi. Jadi, mengapa perusahaan tidak menggunakan sistem pendingin untuk menghindari ini? Mereka menggunakannya dan mereka membawa faktor lain — tekanan.

2. Tekanan

Untuk mencegah kolom pengeboran dan kegagalan komponen lainnya dari suhu, seluruh kolom pengeboran, termasuk mata bor, didinginkan dengan menggunakan cairan atau gas — cairan pengeboran.

Ini biasanya digunakan di setiap rig pengeboran minyak dan gas alam untuk memberikan efek pendinginan dan pelumasan yang diperlukan pada mata bor. Meskipun mereka menghilangkan sebagian masalah suhu, mereka mengerahkan sejumlah tekanan yang mengejutkan ketika lubang bor semakin dalam.

Ketika tekanan hidrostatik meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan lithostatic, dinding lubang bor mengalami tekanan vertikal yang sangat tinggi. Hal ini bisa berakibat fatal bagi peralatan pengeboran yang buruk ketika lubang itu runtuh dan menutup sendiri.

Sebagai alternatif, untuk menghindari keruntuhan seperti itu, pengebor menggunakan casing seperti PVC untuk melindungi lubang dan melanjutkan pengeboran ke titik di mana diameter lubang menyusut ke bawah (casing akan mengurangi diameter).

3. Pendanaan

Meskipun ada teknologi modern yang berpotensi meningkatkan pengeboran di luar batas yang ada, mereka dibatasi oleh faktor eksternal lain seperti ekonomi proyek dan pendanaan yang tepat untuk operasi rig eksplorasi tersebut.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Geek SwipeQuora

                             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-11-18T16:09:31+00:00 November 18th, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment