Suku Besemah: Suku bangsa yang mendiami di daerah Sumatra

2 min read

Suku Besemah Sumatra

Suku Besemah

Suku bangsa yang mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu dan di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo.

Suku bangsa ini juga banyak yang merantau ke daerah-daerah di provinsi Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumatra.

 

Bahasa Suku Besemah

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu Tengah. Bahasa Melayu Tengah adalah sebuah cabang dari bahasa Melayu yang digunakan di wilayah Sumatra Selatan, dataran tinggi tengah Bukit Barisan barat ke Samudra Hindia sepanjang pantai Bengkulu, timur ke lembah-lembah sungai Lematang dan Ogan; Muara Enim selatan dan Lahat bagian timur dan tenggara.

 

Suku Besemah
Kepala desa Muara Beliti dan keluarganya (1939)

 

Seperti Apa Kehidupan Suku Besemah?


Pertanian adalah kegiatan ekonomi prinsip dari suku Besemah dan didasarkan pada 3 tanaman utama: beras, karet dan kopi. Tanam dan panen dilakukan oleh kelompok-kelompok 5 sampai sepuluh orang yang bekerja dan diberi upah atau sistem berbagi tanam dan barter.

Sebagian besar rumah Besemah dibangun dari kayu dengan atap seng. Mereka biasanya memiliki 3 – 4 kamar termasuk dapur tertutup di bagian belakang rumah. Rumah tradisional suku Besemah dibangun di atas panggung 1,5 – 2,5 meter dari tanah.

Area di bawah rumah digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa di antaranya tempat untuk mendinginkan pada hari yang panas atau tempat untuk menyimpan alat-alat, makanan dan barang-barang lainnya.

 

Suku Besemah Sumatra
Wanita suku Besemah melakukan tarian.

 

Sumber foto: Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen (Wanita suku Besemah melakukan tarian), Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen (Kepala Desa)

Sumber bacaan: Edu Blogs, Besemah Blogspot, Praying for Indonesia, Pemkot PAGARALAM

 

                 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

www.PinterPandai.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.