fbpx

Tempat Paling Terkontaminasi Radioaktif di Dunia

10 Tempat Paling Terkontaminasi Radioaktif di Dunia

Dunia di sekitar kita secara alami terdapat radioaktif dalam banyak hal, tetapi ada daerah tertentu di bumi yang telah sangat tercemar dengan radiasi karena kegagalan, usaha buatan manusia atau bencana alam. Berikut adalah 10 tempat paling terkontaminasi radioaktif.

Tingkat radiasi yang diterima seseorang dari radiasi teresterial ini berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain bergantung pada konsentrasi sumber radiasi di dalam kerak bumi. Beberapa tempat di bumi yang memiliki tingkat radiasi diatas rata-rata misalnya Pocos de Caldas dan Guarapari di Brazil, Kerala dan Tamil Nadu di India, dan Ramsar di Iran.

Radiasi radioaktif bisa menjadi hal yang berbahaya. Ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan dalam dosis yang cukup tinggi, terbukti fatal. Dari beberapa situs penonaktifan nuklir ke lokasi bencana masa lalu, beberapa tempat di Bumi masih terlarang. Dan beberapa dari mereka tidak mungkin aman untuk dikunjungi dalam waktu dekat.

 

Urutan Nama Kota Negara Penyebab
1 Ramsar Iran Sumber air panas
2 Goiania Brazil Kecelakaan pada alat radioterapi
3 Mailuu-Suu Kirgizstan (ex Uni Soviet) Tempat tambang dan mengolah bijih uranium
4 Sellafield Inggris Limbah radiasi olahan uranium
5 Hanford Amerika Serikat Situs nuklir nonaktif
6 Chernobyl dan Pripyat Ukraina Ledakan situs pembangkit tenaga nuklir
7 Polygon Kazakhstan (ex Uni Soviet) Limbah plutonium
8 Mayak Rusia Tangki penyimpanan yang tidak terawat meledak
9 Semenanjung Pantai Somalia Afrika Timur Pembuangan sampah radioaktif
10 Fukushima Jepang Tsunami menghantam situs pembangkit tenaga nuklir

Kontaminasi radioaktif, juga disebut kontaminasi radiologi, adalah pengendapan, atau keberadaan zat radioaktif pada permukaan atau dalam zat padat, cairan atau gas (termasuk tubuh manusia), di mana keberadaannya tidak diinginkan atau tidak diinginkan.

 

Baril radioaktif

Baril kuning berlogo radioaktif. Ilustrasi foto artikel: Tempat paling terkontaminasi radioaktif. Sumber foto: János Korom Dr. / Wikimedia

Penjelasan lebih lanjut tentang tempat paling terkontaminasi radioaktif


1. Ramsar – Iran

Tempat pertama dalam daftar kami adalah kota Ramsar di Iran. Orang-orang di kota ini menerima dosis radiasi tahunan sebesar 260 millisieverts (mSv), yang jauh lebih tinggi dari 20 mSv yang diizinkan untuk pekerja radiasi setiap tahun. Rata-rata orang menerima 3,1 mSv setiap tahun.

Penyebab radiasi ini di Ramsar adalah dari 9 tempat sumber mata air panas, yang gelembung uraniumnya kaya dengan batuan beku terlarut dalam air tanah dari bawah permukaan. Radium dari mata air ini memasuki batu gamping, dari mana rumah-rumah dibangun, tetapi juga dapat ditemukan di tanaman dan air minum.

Sebuah penelitian pada tahun 2002 menemukan bahwa dosis ini telah menyebabkan 56 persen lebih banyak kelainan kromosom di 33.000 atau lebih penduduk kota. Para ilmuwan telah merekomendasikan bahwa penduduk pindah, tetapi itu tidak memiliki banyak pengaruh.

 

2. Goiania – Brazil

Kecelakaan akibat kontaminasi zat radio aktif ini terjadi pada 13 September 1987 di Goiania, Brazil. Kecelakaan ini tercatat sebagai salah satu bencana nuklir terburuk di dunia. Kecelakaan ini terjadi setelah sumber radio aktif dari alat radio therapy yang sudah tidak dipakai, diambil oleh pemulung dari sebuah rumah sakit yang sudah tidak beroperasi. Karena menghasilkan cahaya biru yang tampak indah, alat ini pun dibongkar dan diambil zat radio aktifnya. Radiasi pun menyebar ke seluruh kota. Kecelakaan ini menyebabkan 4 orang tewas dan 249 orang lainnya terkontaminasi serius. Sekitar 130 ribu orang membanjiri rumah sakit. Lapisan tanah paling atas harus segera diamankan karena terkontaminasi zat radio aktif, serta beberapa rumah dihancurkan. Semua benda dari dalam rumah dipindahkan dan diperiksa lebih lanjut untuk kemudian didekontaminasi atau dibuang sebagai limbah.

 

3. Mailuu-Suu – Kirgizstan (ex Uni Soviet)

Kota pertambangan ini di Kyrgyzstan selatan masih berurusan dengan konsekuensi program nuklir Uni Soviet. Itu digunakan untuk menambang dan mengolah bijih uranium dari 1946 hingga 1967, tetapi hari ini masih sangat berbahaya.

Banyak limbah dari penambangan terkubur di sepanjang sungai yang mengalir melalui kota. Sebuah laporan pada tahun 2010 mengatakan itu sangat membutuhkan pembersihan, sementara tingkat kanker yang tinggi dan sistem kekebalan yang buruk telah dilaporkan di antara orang-orang muda di sana.

Sekitar 20.000 orang masih tinggal di sini hari ini. Dump, yang dikenal sebagai pembuangan tailing, terus mengancam mencemari air minum. Tingkat radiasi telah ditemukan di luar batas aman, tetapi sementara beberapa keluarga telah direlokasi, yang lain tetap.

 

4. Sellafield – Inggris

Ditemukan di ujung barat Inggris, Sellafield adalah situs penonaktifan nuklir di mana Anda akan menemukan tingkat radiasi yang tinggi. Di sinilah sebagian besar limbah radioaktif dari 15 reaktor nuklir operasional Inggris disimpan, sementara itu juga memproses ulang bahan bakar nuklir dari luar negeri.

Limbah menghasilkan tingkat radiasi hingga 280 sievert per jam, yaitu 60 kali dosis yang fatal. Batang bahan bakar terlarut disimpan di kolam penyimpanan raksasa bawah tanah, yang disebut Gua End Head Shear. Hanya robot yang dikirim ke gua.

Situs ini cukup aman untuk bekerja di sana, tetapi karena bahan bakar nuklir terus disimpan di dalam gua, itu mungkin bukan tempat terbaik untuk dikunjungi.

 

5. Hanford – Amerika Serikat

Situs nuklir Hanford terletak di Sungai Columbia di negara bagian A.S. Washington, yang merupakan kompleks produksi nuklir yang dinonaktifkan, umumnya dikatakan sebagai tempat radioaktif terbanyak di AS. Dulu digunakan untuk memproduksi plutonium untuk Proyek Manhattan dan hari ini masih menyimpan 65% limbah radioaktif negara.

Pada Mei 2017, runtuhnya terowongan di pabrik menyebabkan kekhawatiran besar, dengan para pekerja disuruh mengungsi. Sejumlah besar tanah digunakan kembali untuk memblokir terowongan. Ada juga masalah lingkungan dengan lingkungan sekitarnya.

Baru-baru ini, pada Februari 2018, beberapa kendaraan yang digunakan di situs itu ditemukan mengandung Americium-241 dalam filter udara mereka. Kontaminasi juga telah ditemukan hingga 16 kilometer (10 mil) dari situs tersebut.

 

6. Chernobyl dan Pripyat – Ukraina

Pada 26 April 1986, Reaktor #4 di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl di dekat kota Pripyat, Ukraina, meledak. Ledakan itu terjadi pada 1:23 dini hari ketika warga kota tetangga Pripyat sedang tertidur. Dua pekerja tewas seketika. Lalu, 40 jam kemudian, penduduk Pripyat diperintahkan untuk mengungsi, dan dilarang untuk kembali ke daerah tersebut. Pada saat itu, banyak warga telah menderita keracunan radiasi berbagai tingkat.

Sekitar 116.000 orang dipindahkan sebagai akibatnya, termasuk mereka yang berasal dari kota terdekat Pripyat. Hari ini, Anda dapat mengunjungi Chernobyl, tetapi kantong radiasi di sekitar situs tetap ada.

Pada 2017, sebuah “makam baja besar” ditempatkan di atas reaktor yang rusak, yang sekarang akan menutupnya selama satu abad untuk mencegah kebocoran lebih lanjut. Tanaman itu sendiri tetap terlarang meskipun karena tingkat radiasi yang tinggi, dan mungkin beberapa dekade sebelum orang dapat kembali ke daerah sekitarnya.

Beberapa kilometer dari pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl Anda akan menemukan Rumah Sakit Pripyat, di mana responden pertama bencana Chernobyl diambil. Seperti yang dijelaskan Derek Muller dalam video yang luar biasa ini untuk Vertasium, rumah sakit ini masih mengandung beberapa tingkat radiasi tertinggi yang dapat Anda kunjungi di dunia.

Di sinilah para petugas pemadam kebakaran diambil setelah mereka melawan kobaran api di reaktor. Di ruang bawah tanah, pakaian mereka telah ditinggalkan begitu disadari betapa terkontaminasi itu. Pakaian ini tetap sangat radioaktif.

 

7. Polygon – Kazakhstan

“Polygon” adalah salah satu tempat paling terkontaminasi radioaktif. Di Polygon terdapat tempat pengujian utama untuk senjata nuklir Uni Soviet. Tempat ini terletak di padang rumput di timur laut Kazakhstan (kemudian SSR Kazakhstan), sebelah selatan lembah Sungai Irtysh. Bangunan-bangunan ilmiah untuk tempat uji terletak sekitar 150 km sebelah barat dari kota Semipalatinsk (yang berganti nama menjadi Semey), dekat perbatasan Provinsi Kazakhstan Timur dan Provinsi Pavlodar dengan sebagian uji coba nuklir yang terjadi di berbagai tempat lebih ke barat dan Selatan, dan beberapa ke daerah Karagandy.

Uni Soviet melakukan 456 uji coba nuklir di Semipalatinsk dari tahun 1949 sampai 1989 dengan tidak terlalu memperhatikan dampak terhadap masyarakat ataupun lingkungan setempat. Dampak dari paparan radiasi tersembunyi selama bertahun-tahun oleh otoritas Soviet dan terungkap sejak tempat uji ditutup pada tahun 1991. Situs ini telah digambarkan sebagai salah satu “tempat dengan radiasi terburuk di dunia”.

Dari tahun 1996 sampai 2012, sebuah operasi gabungan rahasia Kazakh, Rusia, ilmuwan nuklir Amerika dan insinyur mengamankan limbah plutonium di terowongan pegunungan.

 

8. Mayak – Rusia

Pada tahun 1957 Mayak adalah tempat terjadinya bencana Kyshtym, salah satu kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah. Selama bencana ini, tangki penyimpanan yang tidak dirawat dengan baik meledak, melepaskan 50-100 ton limbah radioaktif tingkat tinggi. Awan radioaktif yang dihasilkan terkontaminasi wilayah luas lebih dari 750 km² (290 sq mi) di Ural timur dengan konsekuensi sakit dan kematian akibat keracunan radiasi. Mayak merupakan salah satu tempat paling terkontaminasi radioaktif.

Rejim Soviet menyimpan rahasia kecelakaan ini selama sekitar tiga puluh tahun. Acara ini akhirnya dinilai pada 6 pada skala INES tujuh tingkat, ketiga dalam keparahan hanya untuk bencana di Chernobyl di Ukraina dan Fukushima di Jepang. Rezim Soviet menyimpan rahasia kecelakaan ini selama sekitar tiga puluh tahun. Acara ini akhirnya dinilai pada 6 pada skala INES tujuh tingkat, ketiga dalam keparahan hanya untuk bencana di Chernobyl di Ukraina dan Fukushima di Jepang.

 

9. Semenanjung Pantai Somalia – Afrika Timur

Garis pantai atau semenanjung Somalia di Afrika mungkin tampak seperti tempat yang aneh untuk menemukan unsur radioaktifitas. Tidak ada pabrik nuklir atau senjata di Somalia atau di negara-negara tetangganya. Namun, selama tahun 1980-an beberapa perusahaan Swiss dan Italia dan bahkan bagian tertentu dari mafia Italia mengambil keuntungan dari peraturan Somalia yang lemah dan diam-diam membuang sampah rumah sakit radioaktif, limbah nuklir dan logam beracun di pantai. Efek dari bahan radioaktif ini masih dapat dilihat sebagai cacat lahir dan kanker umum di daerah tersebut. Semenanjung Pantai Somalia merupakan salah satu tempat paling terkontaminasi radioaktif.

 

10. Fukushima – Jepang

Pada tahun 2011, gempa berkekuatan 9-9,1 menghantam pantai Pasifik Jepang menyebabkan tsunami yang menghancurkan PLTN Fukushima Daiichi di Okuma, Jepang. Situs PLTN telah diatur untuk secara otomatis mematikan dalam kasus peristiwa seperti itu, tetapi generator yang seharusnya memberikan kekuatan untuk mendinginkan reaktor gagal untuk menghasilkan listrik yang menyebabkan kehancuran nuklir.

Menyebabkan tiga dari enam reaktornya mengalami kehancuran. Sekitar 160.000 orang dievakuasi dari daerah sekitarnya sebagai hasilnya, dan mereka memiliki sedikit kesempatan untuk kembali.

Fukushima adalah salah satu tempat paling terkontaminasi radioaktif. Tingkat radiasi di dalam planet telah ditemukan setinggi 530 sievert per jam. Itu lebih dari cukup untuk membunuh manusia, dan itu menyebabkan banyak robot yang dikirim ke dalam gagal. Jepang telah menggunakan robot-robot ini untuk mencoba dan menemukan bahan bakar yang meleleh dari reaktor.

Selama setahun terakhir, mereka sedikit berhasil, menemukan bahan bakar di dua dari tiga reaktor. Setelah semua bahan bakar ditemukan, proses dekomisioning dapat dimulai. Ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar empat dekade, dengan biaya sekitar $ 188 miliar. Fukushima tidak akan menjadi tempat yang aman untuk dituju dalam waktu dekat.

 

Masker untuk radioaktif

Masker untuk radioaktif. Ilustrasi foto artikel: Tempat paling terkontaminasi radioaktif. Sumber foto: Pixabay

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: EcoloIFL ScienceWorld AtlasExplorediaCompeloThe Guardian

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-13T15:12:03+00:00 Juni 13th, 2018|Tak Berkategori|0 Comments

Leave A Comment