fbpx

Tor­ium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Th dan nomor atom 90

Tor­ium

Tor­ium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Th dan nomor atom 90.

 

Bentuk Fisik Torium

Ketika murni, thorium adalah logam putih keperakan yang ber-stabil dan mempertahankan kilau selama beberapa bulan. Ketika terkontaminasi dengan oksida, thorium perlahan tarnishes di udara, menjadi abu-abu dan akhirnya hitam. Thorium oksida memiliki titik leleh 3300 ° C, yang tertinggi dari semua oksida. Hanya beberapa elemen, seperti tungsten, dan beberapa senyawa, seperti tantalum karbida, memiliki titik leleh yang lebih tinggi.

 

Kegunaan Trorium

Sampai bahaya yang melekat terkait dengan radioaktivitasnya direalisasikan, torium dan senyawanya menemukan beberapa penggunaan ritel penting, yang paling dikenal yang berada di mantel gas, dan pasta gigi. Thorium masih digunakan sebagai unsur paduan magnesium, kawat mantel tungsten digunakan dalam peralatan elektronik, untuk mengontrol ukuran butir plutonium yang digunakan untuk lampu listrik.

dalam pembuatan bahan tahan api untuk industri metalurgi. Oksida thorium digunakan untuk high-temperatore cawan laboratorium, itu akan ditambahkan ke kaca untuk membuat gelas dengan indeks bias tinggi dan dispersi rendah (lensa untuk kamera dan instrumen ilmiah).

Seperti uranium, thorium bisa menjadi sumber jika bahan bakar nuklir. Thorium dapat dibakar dalam reaktor nuklir, tanpa menghasilkan plutonium. Uranium dan thorium telah digunakan untuk fosil hominid tanggal.

 

Struktur kristal thorium tetrafluorida

Struktur kristal thorium tetrafluorida. Th4+_♦_  /  F_♦_

 

Isotop Torium

Thorium alam adalah campuran isotop radioaktif, terutama yang paruh hidupnya sangat panjang thorium-232 (paruh 1,40 × 1010tahun), induk dari seri peluruhan radioaktif thorium. Isotop lainnya terjadi secara alami dalam uranium dan seri peluruhan actinium, dan thorium hadir di semua bijih uranium.

Thorium-232 berguna dalam reaktor peternak karena dapat menangkap pergerakan lambat dari neutron yang meluruh menjadi fisi uranium-233. Isotop sintetik telah disusun; thorium-229 (paruh 7880-tahun), terbentuk dalam rantai peluruhan yang berasal dari neptunium unsur aktinoid sintetis, berfungsi sebagai pelacak untuk thorium biasa (thorium-232).

Isotop Torium terstabil

Iso­top Kelim­pahan Waktu paruh (t1/2) Moda peluruhan Pro­duk
228Th sisa 1.9116 years α 224Ra
229Th syn 7340 years α 225Ra
230Th sisa 75380 years α 226Ra
231Th sisa 25.5 hours β 231Pa
232Th 100% 1.405×1010years α 228Ra
234Th sisa 24.1 days β 234Pa

 

Torium

Sampel Torium di ampul.

 

Sejarah Torium

Ditemukan oleh Jons Berzelius pada tahun 1828. Radioaktivitas torium ditemukan secara independen (1898) oleh kimiawan Jerman Gerhard Carl Schmidt dan oleh fisikawan Perancis Marie Curie.

Antara tahun 1900 dan 1903, Ernest Rutherford, seorang ahli kimia Inggris kelahiran Selandia Baru dan Frederick Soddy, kimiawan Inggris, menunjukkan bagaimana Torium meluruh pada tingkat tetap dari waktu ke waktu menjadi serangkaian unsur lainnya. Pengamatan ini menyebabkan identifikasi waktu paruh sebagai salah satu hasil dari eksperimen partikel alfa yang menyebabkan teori disintegrasi radioaktivitas.

Pada tahun 1925, proses bar kristal (atau proses Iodida) ditemukan oleh Anton Eduard van Arkel, seorang ahli kimia Belanda, dan Jan Hendrik de Boer, seorang ahli fisika dan kimia Belanda untuk menghasilkan kemurnian logam Torium tinggi.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Chemistry Explained

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T11:41:36+07:00 Mei 4th, 2016|IPA, Matematika|0 Comments

Leave A Comment