Tor­ium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Th dan nomor atom 90

5 min read

Torium

Tor­ium

Tor­ium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Th dan nomor atom 90.

Bentuk Fisik Torium

Ketika murni, thorium adalah logam putih keperakan yang ber-stabil dan mempertahankan kilau selama beberapa bulan. Ketika terkontaminasi dengan oksida, thorium perlahan tarnishes di udara, menjadi abu-abu dan akhirnya hitam. Thorium oksida memiliki titik leleh 3300 ° C, yang tertinggi dari semua oksida. Hanya beberapa elemen, seperti tungsten, dan beberapa senyawa, seperti tantalum karbida, memiliki titik leleh yang lebih tinggi.

Kegunaan Trorium

Sampai bahaya yang melekat terkait dengan radioaktivitasnya direalisasikan, torium dan senyawanya menemukan beberapa penggunaan ritel penting, yang paling dikenal yang berada di mantel gas, dan pasta gigi. Thorium masih digunakan sebagai unsur paduan magnesium, kawat mantel tungsten digunakan dalam peralatan elektronik, untuk mengontrol ukuran butir plutonium yang digunakan untuk lampu listrik.

dalam pembuatan bahan tahan api untuk industri metalurgi. Oksida thorium digunakan untuk high-temperatore cawan laboratorium, itu akan ditambahkan ke kaca untuk membuat gelas dengan indeks bias tinggi dan dispersi rendah (lensa untuk kamera dan instrumen ilmiah).

Seperti uranium, thorium bisa menjadi sumber jika bahan bakar nuklir. Thorium dapat dibakar dalam reaktor nuklir, tanpa menghasilkan plutonium. Uranium dan thorium telah digunakan untuk fosil hominid tanggal.

Struktur kristal thorium tetrafluorida
Struktur kristal thorium tetrafluorida. Th4+_♦_  /  F_♦_

Isotop Torium

Thorium alam adalah campuran isotop radioaktif, terutama yang paruh hidupnya sangat panjang thorium-232 (paruh 1,40 × 1010tahun), induk dari seri peluruhan radioaktif thorium. Isotop lainnya terjadi secara alami dalam uranium dan seri peluruhan actinium, dan thorium hadir di semua bijih uranium.

Thorium-232 berguna dalam reaktor peternak karena dapat menangkap pergerakan lambat dari neutron yang meluruh menjadi fisi uranium-233. Isotop sintetik telah disusun; thorium-229 (paruh 7880-tahun), terbentuk dalam rantai peluruhan yang berasal dari neptunium unsur aktinoid sintetis, berfungsi sebagai pelacak untuk thorium biasa (thorium-232).

Isotop Torium terstabil

Iso­topKelim­pahanWaktu paruh (t1/2)Moda peluruhanPro­duk
228Thsisa1.9116 yearsα224Ra
229Thsyn7340 yearsα225Ra
230Thsisa75380 yearsα226Ra
231Thsisa25.5 hoursβ231Pa
232Th100%1.405×1010yearsα228Ra
234Thsisa24.1 daysβ234Pa
Torium
Sampel Torium di ampul.

Sejarah Torium

Ditemukan oleh Jons Berzelius pada tahun 1828. Radioaktivitas torium ditemukan secara independen (1898) oleh kimiawan Jerman Gerhard Carl Schmidt dan oleh fisikawan Perancis Marie Curie.

Antara tahun 1900 dan 1903, Ernest Rutherford, seorang ahli kimia Inggris kelahiran Selandia Baru dan Frederick Soddy, kimiawan Inggris, menunjukkan bagaimana Torium meluruh pada tingkat tetap dari waktu ke waktu menjadi serangkaian unsur lainnya. Pengamatan ini menyebabkan identifikasi waktu paruh sebagai salah satu hasil dari eksperimen partikel alfa yang menyebabkan teori disintegrasi radioaktivitas.

Pada tahun 1925, proses bar kristal (atau proses Iodida) ditemukan oleh Anton Eduard van Arkel, seorang ahli kimia Belanda, dan Jan Hendrik de Boer, seorang ahli fisika dan kimia Belanda untuk menghasilkan kemurnian logam Torium tinggi.

Thorium

Ketika murni, thorium adalah logam putih keperakan yang stabil di udara dan mempertahankan kilaunya selama beberapa bulan. Ketika terkontaminasi dengan oksida, thorium perlahan menodai di udara, menjadi abu-abu dan akhirnya hitam. Torium oksida memiliki titik leleh 3300 °C, tertinggi dari semua oksida. Hanya beberapa elemen, seperti tungsten, dan beberapa senyawa, seperti tantalum karbida, memiliki titik leleh yang lebih tinggi.

Thorium secara perlahan diserang oleh air, tetapi tidak mudah larut dalam sebagian besar asam, kecuali klorida. Serbuk logam thorium sering bersifat piroforik dan harus ditangani dengan hati-hati. Ketika dipanaskan di udara, putaran thorium menyala dan terbakar cemerlang dengan cahaya putih.

Thorium ditemukan oleh Jöns Jacob Berzelius, seorang ahli kimia Swedia, pada tahun 1828. Ia menemukannya dalam sampel mineral yang diberikan kepadanya oleh Pendeta Has Morten Thrane Esmark, yang menduga bahwa itu mengandung zat yang tidak diketahui. Mineral Esmark sekarang dikenal sebagai thorite (ThSiO4).

Thorium dinamai Thor, dewa perang Skandinavia. Ini ditemukan di thorite dan thorianite di New England (AS) dan situs lainnya.

Thorium adalah sumber tenaga nuklir. Mungkin ada lebih banyak energi yang belum dimanfaatkan yang tersedia untuk digunakan dari thorium dalam mineral kerak bumi daripada dari kombinasi uranium dan sumber bahan bakar fosil. Sebagian besar panas internal bumi telah dikaitkan dengan thorium dan uranium.

Aplikasi

Sampai bahaya yang melekat terkait dengan radioaktivitasnya disadari, thorium dan senyawanya menemukan beberapa kegunaan eceran yang penting, yang paling terkenal adalah dalam mantel gas, dan dalam pasta gigi. Torium masih digunakan sebagai elemen paduan dalam magnesium, untuk melapisi kawat tungsten yang digunakan dalam peralatan elektronik, untuk mengontrol ukuran butir plutonium yang digunakan untuk lampu listrik. dalam pembuatan bahan tahan api untuk industri metalurgi.

Thorium oksida digunakan untuk cawan lebur laboratorium suhu tinggi, ditambahkan ke kaca untuk membuat kacamata dengan indeks bias tinggi dan dispersi rendah (lensa untuk kamera dan instrumen ilmiah). Seperti uranium, thorium bisa menjadi sumber bahan bakar nuklir. Torium dapat dibakar dalam reaktor nuklir, tanpa menghasilkan plutonium. Uranium dan thorium telah digunakan untuk menentukan umur fosil hominid.

Thorium di lingkungan

Thorium secara mengejutkan berlimpah di kerak bumi, hampir sama melimpahnya dengan timbal dan tiga kali lebih berlimpah daripada uranium. Ini ditemukan dalam jumlah kecil di sebagian besar batuan dan tanah. Granit mengandung hingga 80 ppm thorium. Karena oksida thorium sangat tidak larut, sangat sedikit elemen ini beredar melalui lingkungan. Thorium terjadi secara alami sebagai mineral thorite, uranothorite, thorianite, itu adalah komponen utama monasit dan hadir dalam jumlah yang signifikan dalam mineral zirkon, titanite, gadolinite dan betafite. Produksi dunia thorium melebihi 30.000 ton per tahun. Cadangan yang diketahui melebihi 3 juta ton. Jumlah thorium di lingkungan dapat meningkat secara kebetulan karena pelepasan yang tidak disengaja dari pabrik pengolahan thorium.

Efek kesehatan dari thorium

Orang akan selalu terkena sejumlah kecil thorium melalui udara, makanan dan air, karena ditemukan hampir di mana-mana di bumi.

Semua orang menyerap beberapa thorium melalui makanan atau air minum, dan jumlah di udara sangat kecil, sehingga penyerapan melalui udara biasanya dapat diabaikan.

Sejumlah besar thorium yang tidak terkendali dapat ditemukan di dekat lokasi limbah berbahaya di mana thorium belum dibuang sesuai dengan prosedur yang benar. Orang-orang yang tinggal di dekat lokasi limbah berbahaya ini mungkin terpapar lebih banyak thorium daripada biasanya karena mereka menghirup debu yang tertiup angin dan karena berakhir dengan makanan yang tumbuh di dekat lokasi.

Orang yang bekerja di industri pertambangan, penggilingan atau thorium atau laboratorium juga dapat mengalami paparan thorium yang melebihi paparan thorium alami.

Menghirup thorium di tempat kerja dapat meningkatkan kemungkinan perkembangan penyakit paru-paru dan kanker paru-paru dan pankreas bertahun-tahun setelah orang terpapar. Thorium memiliki kemampuan untuk mengubah materi genetik. Orang yang disuntik dengan thorium untuk sinar-X khusus dapat mengembangkan penyakit hati.

Thorium bersifat radioaktif dan dapat disimpan dalam tulang. Karena fakta ini ia memiliki kemampuan untuk menyebabkan kanker tulang bertahun-tahun setelah paparan terjadi.

Bernapas dalam jumlah besar thorium mungkin mematikan. Orang akan sering mati karena keracunan logam ketika paparan besar-besaran terjadi.

Efek lingkungan dari thorium

Stabilitas lingkungan: Thorium perlahan akan bereaksi dengan air, oksigen, dan senyawa lain untuk membentuk berbagai macam senyawa tungsten.

Pengaruh bahan pada tumbuhan atau hewan: Karena ukuran produk dan bentuk produk, tidak ada efek lingkungan yang diharapkan dari produk ini; namun, pelepasan thorium dalam jumlah besar dapat berbahaya bagi tanaman dan hewan yang terkontaminasi.

Pengaruh bahan kimia pada kehidupan akuatik: Karena ukuran produk dan bentuk produk, produk ini diperkirakan tidak menyebabkan efek merugikan.

dll pada kehidupan akuatik; namun, pelepasan thorium dalam jumlah besar ke badan air dapat berbahaya bagi tanaman dan hewan air.

Pembuangan limbah harus sesuai dengan peraturan federal, negara bagian, dan lokal yang sesuai. Produk-produk ini, jika tidak diubah karena penggunaan, dapat dibuang melalui pengolahan di fasilitas yang diizinkan atau seperti yang disarankan oleh otoritas pengatur limbah berbahaya setempat.

Semua praktik kerja harus ditujukan untuk menghilangkan pencemaran lingkungan.

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Chemistry Explained

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.