Tumor Protein p53 | Menjaga Sel Dari Mutasi Genetik Akibat Kerusakan DNA

1 min read

Tumor protein p53

Pengertian Tumor Protein p53

Tumor Protein p53 adalah faktor transkripsi yang mendapat julukan “the guardian of the genome” peran protein tersebut dalam menjaga sel dari mutasi genetik akibat kerusakan DNA.

p53 memiliki ekspresi yang beragam seperti berbagai fungsi selular, regulasi, apoptosis, replikasi DNA, proliferasi, dll. Dalam kondisi normal, jumlah konsentrasi p53 dalam sitoplasma sangat sedikit dan hanya teraktivasi saat sel mengalami stress.

Rendahnya asupan asam folat dan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko mutasi genetik pada p53 dan menginduksi kanker usus besar. Upregulasi p53 yang berlebihan, biasanya terjadi pada kasus kemoterapi kanker dengan penggunaan cisplatin, dapat meracuni ginjal, dan perlu diturunkan segera, misalnya dengan penggunaan pifithrin-α.

Gen ini mengkode protein penekan tumor yang mengandung aktivasi transkripsi, pengikatan DNA dan domain oligomerisasi.

Tumor protein p53
Representasi kompleks antara DNA dan protein p53. Sumber foto: Wikimedia Commons

Protein yang dikodekan merespon berbagai tekanan seluler untuk mengatur ekspresi gen target, sehingga menginduksi penangkapan siklus sel, apoptosis, penuaan, perbaikan DNA, atau perubahan dalam metabolisme.

Mutasi pada gen ini dikaitkan dengan berbagai kanker manusia, termasuk kanker herediter seperti sindrom Li-Fraumeni. Penyambungan alternatif gen ini dan penggunaan promotor alternatif menghasilkan berbagai varian transkrip dan isoform.


Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *