PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Bone Scan (Pemindai Tulang) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

4 min read

Pemindai tulang bone scan

Bone Scan (Pemindai Tulang)

Pemindaian tulang atau bone scan menggunakan sejumlah kecil bahan radioaktif (radiotracer) dan komputer untuk menghasilkan gambar kerangka. Gambar ini mengungkapkan perubahan atau kelainan pada tulang. Pemindaian tulang juga disebut pemindaian kerangka.

Untuk apa melakukan bone scan atau pemindaian tulang?

Pemindaian tulang membantu dokter mendiagnosis dan menilai berbagai penyakit dan kondisi tulang. Ini dapat digunakan untuk:

menemukan kanker tulang atau menentukan apakah kanker di area lain telah menyebar ke tulang
membantu mendiagnosis penyebab atau menentukan lokasi nyeri tulang yang tidak dapat dijelaskan;
membantu mendiagnosis patah tulang yang tidak jelas pada rontgen;
lihat seberapa jauh kanker telah menyebar;
menemukan kerusakan tulang yang disebabkan oleh infeksi atau kondisi tulang lainnya;
mencari tahu apakah pengobatan kanker berhasil atau untuk tindak lanjut.

Bagaimana pemindaian tulang dilakukan

Skintigrafi tulang biasanya dilakukan di departemen kedokteran nuklir sebuah rumah sakit, secara rawat jalan. Biasanya, tidak diperlukan persiapan khusus. Jika Anda sedang menyusui atau jika Anda sedang hamil, atau berpikir Anda mungkin hamil, penting untuk memberi tahu dokter atau staf kedokteran nuklir Anda sebelum melakukan tes.

Anda akan diminta untuk mengenakan pakaian tanpa ritsleting logam, ikat pinggang atau kancing. Anda juga akan diminta untuk melepas kacamata, perhiasan, dan semua atau sebagian besar pakaian Anda. Anda akan diberikan gaun rumah sakit kertas atau kain untuk dipakai selama tes.

Lengan Anda akan dibersihkan dan disuntik dengan sedikit radiotracer. Radiotracer berjalan melalui darah ke tulang dan organ. Dibutuhkan 3 hingga 4 jam untuk menumpuk di tulang Anda. Selama waktu ini, Anda mungkin diminta untuk minum 4 hingga 6 gelas air untuk mengeluarkan radiotracer dari tubuh Anda, yang tidak menumpuk di tulang Anda. Anda juga perlu mengosongkan kandung kemih sebelum ujian.

Saat menghilang, radiotracer memancarkan beberapa radiasi yang terdeteksi oleh kamera yang perlahan-lahan menyebar ke seluruh tubuh Anda. Tahap ini berlangsung kurang lebih 1 jam. Kamera dapat bergerak di atas dan di sekitar Anda saat Anda berbaring diam. Anda mungkin diminta untuk mengubah posisi Anda. Gambar dapat diambil segera setelah injeksi dan kemudian 3 hingga 4 jam kemudian.

Setelah pemeriksaan, radiotracer dengan cepat kehilangan efeknya. Ini dikeluarkan dari tubuh melalui urin atau tinja (tinja) selama beberapa jam atau hari pertama setelahnya. Dosis radiasinya rendah (mirip dengan yang digunakan untuk x-ray). Tidak apa-apa untuk menghubungi Anda setelah ujian.

Anda akan diberi tahu tindakan pencegahan khusus apa yang harus Anda ambil setelah ujian. Minum cairan membantu mengeluarkan radiotracer dari tubuh. Penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menggunakan toilet. Anda mungkin juga diminta untuk menyiram toilet dua kali segera setelahnya.

Efek samping bone scan

Tempat suntikan mungkin sakit atau bengkak. Dalam kasus yang sangat jarang, mungkin ada reaksi alergi terhadap radiotracer.

Apa artinya hasil dari bone scan?

Pemindaian tulang normal menunjukkan bahwa radiotracer telah menyebar secara merata melalui tulang, tanpa area yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Pemindaian tulang yang tidak normal menunjukkan area panas dan area dingin.

Hot spot adalah area tulang di mana radiotracer telah terakumulasi. Mereka dapat disebabkan oleh kanker tulang, radang sendi, infeksi, atau penyakit tulang.
Cold spot adalah area tulang yang tidak memiliki radiotracer. Mereka dapat disebabkan oleh jenis kanker tertentu, seperti multiple myeloma, atau kurangnya suplai darah ke tulang.
Apa yang terjadi jika hasilnya tidak normal
Dokter Anda mungkin merekomendasikan tes, prosedur, tindak lanjut, atau perawatan tambahan.

Pertimbangan khusus untuk anak-anak

Mempersiapkan anak untuk tes atau prosedur dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kolaborasi, dan membantu mengembangkan keterampilan mengatasi. Persiapan meliputi menjelaskan apa yang akan terjadi selama ujian, termasuk apa yang akan mereka lihat, rasakan dan dengar.

Anak-anak menanggapi tes dan pengobatan secara berbeda tergantung pada usia mereka, tahap perkembangan (yaitu, bagaimana mereka berperilaku dan apa yang dapat mereka pahami) dan kepribadian mereka. Beberapa anak bisa menjadi tergantung dan menuntut. Orang lain mungkin menyerahkan diri atau mengungkapkan frustrasi mereka dengan orang tua atau pengasuh mereka.

Persiapkan anak untuk tes atau perawatan

Berbicara dengan seorang anak tentang tes atau perawatan sebelum itu terjadi dapat membantu mereka mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Banyak keluarga merasa terbantu untuk mengunjungi ruangan di mana tes atau perawatan akan dilakukan dan bertemu dengan orang-orang yang akan melakukan prosedur. Dorong anak Anda untuk bertanya dan mencoba menjawabnya sejujur ​​dan sedetail mungkin. Jika memungkinkan, beri tahu anak Anda hal-hal berikut:

  • apa yang akan dia dengar, lihat, cium, alami, atau bahkan rasakan selama ujian
  • mengapa dia harus mengikuti tes ini atau menerima perawatan ini
  • siapa yang akan melakukan prosedur
  • di mana tes atau perawatan akan dilakukan
  • bagian tubuh mana yang akan diperiksa atau dirawat?
  • bagaimana tes atau perawatan akan dilakukan (termasuk peralatan yang akan digunakan atau suara yang akan didengarnya)
  • setiap langkah intervensi, jika ada lebih dari satu
  • apa yang akan dia rasakan selama tes atau prosedur (jelaskan mungkin)
  • berapa lama tes atau perawatan dapat berlangsung?

Mengobati rasa sakit selama pengujian dan pengobatan

Beberapa tes atau perawatan yang dilakukan dengan adanya kanker bisa jadi tidak menyenangkan atau menyakitkan. Menjadi stres tentang tes dapat membuat rasa sakit lebih buruk. Ada berbagai cara Anda dapat mengobati rasa sakit anak Anda atau membantu mereka rileks dan tetap tenang selama tes atau perawatan. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit atau stres tergantung pada situasinya. Metode nonmedicinal sering dikombinasikan dengan obat-obatan untuk mengobati rasa sakit anak.

Metode non-medis

Stres dapat memperburuk rasa sakit, jadi Anda dapat membantu anak Anda hanya dengan berbicara kepada mereka tentang stres atau kecemasan mereka. Anak-anak sering stres atau takut jauh sebelum tes atau pengobatan. Mempersiapkan anak untuk ujian atau perawatan harus dimulai dengan baik sebelum mereka memasuki ruang ujian. Ada sumber daya yang tersedia di rumah sakit untuk membantu Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengobati rasa sakit dengan terapi fisik, psikologis, atau komplementer.

Metode pengobatan

Sedasi atau anestesi dapat digunakan untuk mengontrol rasa sakit atau membantu anak tetap tenang selama tes atau perawatan. Selama sedasi, obat-obatan digunakan untuk menenangkan anak atau membantunya tidur. Obat-obatan digunakan selama anestesi untuk mematikan bagian tubuh (anestesi lokal) atau menyebabkan ketidaksadaran (anestesi umum).


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo ClinicThe Johns Hopkins Hospital

Sumber foto: Author: liz west / Flickr, Wikimedia Commons (CC BY 2.0)
Title: bone scan.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.