fbpx

William Edward Burghardt Du Bois – WEB du Bois – 1868-1963 – Filsuf Amerika Berkulit Hitam

William Edward Burghardt Du Bois

Terkenal untuk: WEB Du Bois memainkan peran utama dalam perjuangan untuk hak-hak sipil kulit hitam di Amerika Serikat. Orang Afrika-Amerika pertama yang mendapatkan gelar doktor di Universitas Harvard. Kepala Asosiasi Nasional untuk “Kemajuan Orang Kulit Berwarna” (Advancement of Colored People) pada tahun 1910.

William Edward Burghardt Du Bois (lahir di Great Barrington, Massachusetts, Amerika Serikat, 23 Februari1868 – meninggal di Accra, Ghana, 27 Agustus1963 pada umur 95 tahun) adalah seorang ahli sosiologi dari Amerika Serikat. Sebagai orang kulit hitam, Du Bois lebih beruntung karena mendapat kesempatan belajar di perguruan tinggi. Dia kuliah di Universitas Fisk dan mendapatkan gelar doktor dari Universitas Harvard.

 

WEB Du Bois sebagai Penulis dan Aktivisme

Karya klasik WEB Du Bois The Philadelphia Negro

Pada mulanya, Du Bois mengajar bahasa Yunani dan bahasa Latin di sebuah perguruan tinggi kulit hitam. Dia kecewa karena tidak dapat mengajar sosiologi. Du Bois pindah pada tahun 1896 ke Univesitas Pennsylvania untuk meneliti orang kulit hitam di Philadelphia. Penelitian itu menghasilkan satu buku klasik dalam sosiologi awal, yaitu The Philadelphia Negro. Setelah proyek itu selesai, Du Bois pindah ke Universitas Atlanta. Dia tidak pernah menjabat sebagai pengajar tetap di Pennsylvania dan hal itu merupakan salah satu hal yang mengecewakan hatinya.

Memoir Souls of Black Folk

Di Universitas Atlanta Du Bois mengajar sosiologi dari tahun 1897 sampai 1910 dan menangani berbagai penelitian mengenai kehidupan orang kulit hitam di Amerika. Pada saat itu dia menulis memoar autobiografinya yang pertama dan terpenting, yaitu the Souls of Black Folk. Selain bersifat sastra dan sangat pribadi, buku itu menampilkan teori umum yang memberi sumbangan besar untuk pemahaman atas orang kulit hitam Amerika dan hubungan antar ras.

WEB Du Bois juga menerbitkan sejumlah karya autobiografi seperti itu, serperti Darkwater: Voices from within The Veil, Dusk of Dawn: An Essay toward an Autobiography on a Race Concept, dan The Auto Biography of W. E. B. Du Bois: A Soliloquy on Viewing My Life from the Last Decade of Its First Century. Pendapat Du Bois tentang Dusk of Dawn adalah “Tulisan saya lebih berupa autobiografi suatu ras, bukan autobiografi saya sendiri”.

 

Kegiatan publik dan politik WEB Du Bois

Selama berada di Universitas Atlanta, Du Bois aktif dalam kegiatan publik dan politik. Tahun 1905, dia menghadiri satu acara di Buffalo, New York yang berhasil membentuk Pergerakan Niagara. Pergerakan itu adalah organisasi hak sipil antar ras yang mendukung penghapusan perbedaan derajat yang berdasarkan pada ras dan warna kulit.

Gerakan “Kemajuan Orang Kulit Berwarna”

Gerakan itu menjadi dasar bagi National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) pada tahun 1910. Kelak Du Bois menjadi direktur riset dan publikasinya. Dia menerbikan majalan NAACP yaitu the Crisis dan banyak menulis di majalah itu tentang kesenjangan taraf hidup orang kulit hitam di Amerika.

Du Bois menerima jabatan itu karena ada kesempatan untuk menyebarkan idenya. Apalagi karena dia satu-satunya penanggung jawab untuk pendapat editorial di majalah itu. Tetapi jabatannya di Universitas Atlanta tidak dapat dipertahankan karena perselisihan dengan Booker T. Washington.Waktu itu Washington sangat populer dan dipandang para pemimpin dan politisi kulit putih sebagai wakil bagi orang kulit hitam Amerika.

 

WEB Du Bois filsuf amerika

William Edward Burghardt Du Bois – WEB du Bois – 1868-1963 – Filsuf Amerika Berkulit Hitam. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Karya utama WEB Du Bois

  • The Philadelphia Negro (1896)

  • Souls of Black Folks (1903)

  • The Negro (1915)

  • The Gift of Black Folk (1924)

  • Black Reconstruction (1935)

  • The Color of Democracy (1945)

 

Ketahuilah Filsuf Lainnya yang Terkenal bersama Filosofinya

Filosofi, yang secara harfiah berarti “cinta kebijaksanaan,” adalah salah satu disiplin tertua dalam sejarah. Ada banyak gagasan tentang para filsuf dan apa yang mereka lakukan. Beberapa bahkan menganggap bidang itu sebagai ilmu yang berhubungan dengan logika dan alasan. Banyak filsuf terkenal telah membuat kontribusi mereka diketahui dunia melalui tulisan-tulisan mereka dan siswa mereka. Klik disini untuk mengetahui daftar filsuf terkenal.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: History

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-14T00:18:06+07:00 Juli 17th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment