Yin Yang: Filosofi, Simbol, Makna, Asal-usul, Sejarah, Kesehatan, Makanan

Yin Yang

Yin Yang adalah 2 prinsip pelengkap filosofi Cina: Yin itu negatif, gelap dan feminin, Yang positif, cerah dan maskulin. Interaksi mereka dianggap menjaga keharmonisan alam semesta dan mempengaruhi segala sesuatu di dalamnya.

Yin-Yang juga disebut sebagai hukum kesatuan yang berlawanan. Yin-yang menggambarkan 2 kekuatan esensial yang melekat di seluruh alam.

Separuh putih dengan titik hitam melambangkan energi Yang, atau maskulin, sedangkan separuh hitam dengan titik putih melambangkan yin, atau energi perempuan.

Baca juga 👉 Cara Memilih Pintu Masuk Utama Rumah Menurut Feng Shui


Karakter Yin dan Yang

Karakteristik Yin: pasif, negatif, kegelapan, bumi, lereng utara, keruh, air, kelembutan, betina, lembab, waktu malam, pencarian ke bawah, kelambatan, konsumsi, dingin, angka ganjil, dan aspek jinak.

Karakteristik Yang: aktif, positif, kecerahan, surga, lereng selatan, sinar matahari, api, kekerasan, laki-laki, kekeringan, siang hari, pencarian ke atas, gelisah, berproduksi, panas, angka genap, dan aspek dominan benda.



Pemahan model Yin-Yang

Memahami model ini dapat memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang alam, diri kita sendiri, dan kesehatan kita. Arti asli dari Yang adalah “sisi gunung yang cerah”, sedangkan arti asli dari yin adalah “sisi gunung yang teduh.”

Kualitas Yang Kualitas Yin
Maskulin (pria) Feminin (wanita)
Panas / Hangat Dingin
Kering Lembab
Siang Malam
Musim panas Musim dingin
Luar angkasa Bumi
Activitas Istirahat
Fungsi Struktur
Meluas Mengerut
Keluar Ke dalam
Belakang tubuh Depan tubuh
Organ berongga Organ padat

Sisi mana yang buruk yin atau yang?

Yin, atau sisi gelap, dikaitkan dengan segala sesuatu yang keras, negatif, dingin, basah, dan feminin.

Yang, atau sisi terang, dikaitkan dengan hal-hal yang lembut, positif, hangat, kering, dan maskulin.

Tetapi bertentangan dengan penjajaran yang keras dari penampilan mereka, Yin-Yang bukanlah kebalikan total.


Legenda dan Sejarah

Menurut legenda, ☯ lahir dari kekacauan yang sama yang pada akhirnya akan menciptakan alam semesta. Saat elemen bergabung,  ☯ membentuk pusat bumi.

Dengan hidup berdampingan dalam harmoni dan keseimbangan yang sempurna, ☯ memungkinkan lahirnya Pangu (manusia pertama) serta Fuxi, Nuwa dan Shennong (dewa pertama).

Mitos menyatakan bahwa hal ini terus hidup berdampingan dalam harmoni yang membahagiakan di pusat bumi.

Bukti paling awal dari simbolnya muncul di berbagai sisa kerangka hewan yang digunakan di Tiongkok untuk ramalan. Tulang-tulang orakel ini telah digunakan setidaknya sejak abad ke-14 SM, tetapi bukti paling awal yang kita miliki saat ini tentang ☯ berasal dari abad ke-3 SM.

Untuk tujuan ramalan, ☯ berfungsi sebagai indikasi sederhana dari fenomena alam. Yin mewakili malam, atau kurangnya sinar matahari; yang mewakili hari, atau kurangnya kegelapan. Menurut kamus aksara Cina paling awal, yang berasal dari tahun 100 M, “yin mengacu pada ‘pintu tertutup, kegelapan dan tepi selatan sungai dan sisi utara gunung.’ Yang mengacu pada ‘ketinggian, kecerahan, dan selatan sisi gunung.

Contoh yin-yang yang paling awal diketahui ada di Shijing (Book of Songs), kumpulan puisi Cina yang disusun antara abad 11 dan 7 SM: “Melihat pemandangan di bukit, mencari ☯.

Ini menunjukkan bahwa Yang adalah sisi cerah dan yin adalah sisi bukit yang teduh. Efek matahari ini ada pada saat yang sama di atas bukit. ”

Meskipun jika dipikir-pikir, ayat ini mungkin tampak penuh dengan makna filosofis, pada saat itu kemungkinan besar hanya pergantian frasa yang puitis.


Filosofis Pertama Yang Diketahui Yin-Yang

Filsafat ☯ pertama kali muncul selama Dinasti Han; tetapi ini benar-benar menjadi miliknya sendiri selama Dinasti Zhou ketika dikaitkan dengan konsep qi (energi vital).

Memanfaatkan pandangan dunia metafisika baru ini, filsuf Cina, seperti Konfusius dan Lao Tze, menguraikan berbagai atributnya. Secara umum, penganut Konfusius lebih suka yang berapi-api sedangkan penganut Tao lebih suka aspek ☯ tenang dari simbolnya.

Dalam Tao Te Ching, Lao Tze mengatakan hal berikut tentang ☯:

Tao melahirkan Satu.
Yang Satu melahirkan Dua.
Dua melahirkan Tiga.
Ketiganya melahirkan semua ciptaan.

Semua benda membawa Yin
namun memeluk Yang.
Mereka memadukan nafas hidup mereka
untuk menghasilkan harmoni.


Asal-usul Simbol

Asal usul simbol ☯ ditemukan dalam sistem pengatur waktu Tiongkok kuno yang menggunakan tiang untuk mengukur perubahan panjang bayangan selama tahun matahari; itu ditemukan di Cina setidaknya sejak 600 SM.

Faktanya, beberapa orang berpendapat bahwa simbolnya mendekati representasi grafis dari perubahan harian panjang bayangan kutub selama tahun itu.

Yang dimulai pada titik balik matahari musim dingin dan menunjukkan awal periode ketika siang hari mendominasi kegelapan dan dengan demikian dikaitkan dengan matahari.

Yin dimulai pada titik balik matahari musim panas dan mewakili dominasi kegelapan di siang hari dan dikaitkan dengan bulan.

Hal ini uga mewakili pengamatan bayangan bumi di bulan, dan catatan posisi konstelasi Biduk sepanjang tahun.

Pengamatan ini membentuk empat titik kompas: matahari terbit di timur dan terbenam di barat, arah bayangan terpendek yang diukur adalah selatan, dan pada malam hari, bintang kutub menunjuk ke utara.

Jadi, pada dasarnya mereka terkait dengan siklus tahunan bumi mengelilingi matahari dan menghasilkan empat musim.


Siapa yang menemukan simbol yin yang?

Zhou Dunyi.

Hubungan timbal balik mereka kemudian digambarkan dalam taijitu, atau “Diagram dari Yang Tertinggi” – yang lebih dikenal oleh orang Barat sebagai simbol ☯, pertama kali muncul pada 1000-an M dan dikaitkan dengan filsuf Zhou Dunyi.

Dalam lambang tersebut, yin diwakili oleh warna hitam dan yang, putih.


Karakteristik Yin Yang

1. Berlawanan

Mereka berjuang dan mengontrol satu sama lain. Salah satu contohnya di alam adalah sistem tekanan tinggi dan rendah dalam meteorologi.

2. Saling ketergantungan

Mereka saling mendefinisikan. Tidak ada yang bisa ada tanpa yang lain. Tidak akan ada laki-laki tanpa perempuan. Tanpa siang, tidak akan ada malam.

3. Konsumsi bersama

Yang (aktivitas) mengkonsumsi yin (zat). Misalnya, kita membakar lemak dan mengeluarkan keringat saat kita berolahraga dan dibutuhkan energi (yang) untuk membuat dan menyimpan lemak (yin).

4. Antar-transformasi

Mereka menjadi satu sama lain. Titik di setiap setengah simbol mewakili “benih” dari yang lain. Yang mengandung biji yin dan sebaliknya. Malam berangsur-angsur berganti menjadi siang, yang berangsur-angsur berganti menjadi malam.

Jika kita mendorong terlalu keras dengan cara aktif (yang), keadaan gelisah (yin) akan mengikuti (kelelahan, kematian).


Penggunaan Medis

Prinsipnya adalah bagian penting dari Huang di Neijing atau Pengobatan Klasik Kaisar Kuning. Ditulis sekitar 2.000 tahun yang lalu, ini adalah buku pengobatan Tiongkok paling awal.

Dipercaya bahwa untuk menjadi sehat, seseorang perlu menyeimbangkan kekuatannya di dalam tubuhnya sendiri. Dan mereka termasuk masih penting hari ini dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Feng Shui.

Tubuh Manusia dalam Istilah  ☯

Semua fenomena di alam semesta dapat dijelaskan dalam istilah ☯. Pengobatan Tiongkok melihat tubuh manusia secara keseluruhan, bagian komponen yang semuanya dapat dianalisis dalam istilahnya. Misalnya, ada lima organ Yin dan enam organ Yang:

Organ YIN

  • Hati
  • Jantung
  • Limpa
  • Paru-paru
  • Ginjal

Organ YANG

  • Kantong empedu
  • Perut
  • Usus halus
  • Usus besar
  • Kandung kemih
  • Triple burner (organ fungsional yang tidak memiliki struktur fisik)
    Masing-masing organ ini mengandung aspeknya.

Dua zat utama tubuh manusia, Qi dan darah, juga dijelaskan dalam istilah Yin-Yang. Darah bersifat Yin: cair, bergizi, melembabkan, substansial.

Qi adalah Yang di alam: vital, aktif, energik, eterik. Ketidakseimbangannya menyebabkan perkembangan dan munculnya semua penyakit.

Sifat penyakit dan respons tubuh (atau kurangnya respons) dianalisis dalam istilah ini.

Manifestasi penyakit klinis yang jumlahnya tak terbatas pada akhirnya dipahami dan ditangani sesuai dengan sifat ☯ mereka.


Makanan Cina

Makanan Cina, juga, tidak lengkap tanpa pemahaman tentang nya. Makanan Yang adalah makanan yang pedas atau manis.

Seperti kehangatan Yang mengilhami, makanan Yang seringkali berwarna hangat seperti merah dan oranye.

Makanan yin adalah makanan yang asin atau pahit. Mereka berwarna sejuk, dan biasanya ditanam di air. Contohnya termasuk tahu dan kecap.

Bebek dingin, ayam panas. Teh hijau mendingin, teh hitam itu panas. Kepiting mendingin, udang panas. Bagi orang luar, klasifikasi ini mungkin tampak tak jelas seperti jenis kelamin mis. air itu feminin, susu itu maskulin.

Semua orang tahu tahu biasa bukanlah hidangan yang paling menggugah selera. Tapi pasangkan dengan beberapa cabai, ala ala Mapo, dan ini menjadi favorit di restoran Cina di seluruh dunia.

Meskipun secara keseluruhan, beberapa hidangan lebih dari satu daripada yang lain, elemennya harus ada di dalamnya.

Jenis Makanan Apa Yin itu, dan Jenis Makanan Apa Yang Itu?

Beberapa makanan dianggap terutama yin, atau pendinginan, sementara yang lain dianggap Yang, atau menghangatkan, sementara yang lain terdiri dari keseimbangan harmonis antaranya.

Orang China juga percaya bahwa penting untuk menyeimbangkannya dari dari tubuh, yang dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan Yang cenderung manis, pedas atau pedas, dan memiliki warna hangat seperti merah atau jingga. Seringkali, mereka kering dan berasal dari tanah. Beberapa contohnya antara lain kentang, pepaya, cabai, dan daging domba.

Sebaliknya, makanan yin bersifat pahit atau asin, umumnya memiliki kadar air lebih tinggi, dan cenderung berwarna hijau atau sejuk. Makanan yang tumbuh di air cenderung menjadi makanan Yin. Contohnya termasuk mentimun, tahu, teratai, dan kecap.

Selain itu, metode memasak yang berbeda juga memiliki asosiasinya. Menggoreng dan memanggang dianggap Yang, sedangkan merebus dan mengukus adalah yin.


Sifat Yin dan Yang

Tidak mungkin kita berbicara tentang hal ini tanpa referensi dari seseorang yang berpendapat lain, karena hal ini terikat bersama sebagai bagian dari keseluruhan (misalnya Anda tidak dapat melihat bagian bawah sebelum melihat bagian atasnya).

Terdapat sebuah ilustrasi menjelaskan ide tentang pendalilan antara kehidupan pria saja atau wanita saja.

Ras ini akan punah dalam satu generasi. Namun, pria dan wanita menciptakan generasi baru yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup. Interaksi dari keduanya dapat melahirkan ide-ide baru.

☯ Mengubah satu sama lain seperti arus di dalam laut. Setiap yang hidup akan mati, benih akan tumbuh dan kemudian akan mati.


Nama kota atau tempat di China yang mengandung kata Yin atau Yang

Banyak tempat di Tiongkok, seperti Luoyang, mengandung kata Yang, dan beberapa tempat seperti Huayin, mengandung kata Yin. Ini adalah cara yang sangat tradisional untuk menempatkan nama-nama tempat.

Yang berarti tempat ini berada di lereng bagian selatan gunung atau di tepi sungai utara.

Misalnya, Luoyang berada di tepi utara Sungai Luo. Yin berarti berada di lereng utara gunung atau berada di tepi selatan. Misalnya, Huayin berada di lereng utara Gunung Hua.


Feng Shui, Untuk Kebaikan Anda!

Mohon klik disini untuk mengetahui Feng Shui lainnya, seperti: cara mengatur kamar tidur, ruang tamu, pintu masuk utama, dll…


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Thoughtco, Britannica, Caring, The Culture Trip, Mosher

By | 2020-09-11T13:28:47+07:00 September 11th, 2020|Geografi & Sejarah, Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment