Zefanya (Zephaniah) Pasal 1-3

6 min read

Zafanya

Zefanya hidup pada masa di mana kerajaan Asyur di bagian barat sedang meluas. Hal ini menyebabkan perkembangan keagamaan juga perkembangan politik mengarah kepada kerajaan Asyur. Agama yang berkaitan dengan bintang-bintang juga berkembang menjadi sesuatu yang terkenal sehingga Manasye mendirikan sebuah altar dari raja Ahas untuk peribadahan kepada matahari, bulan, dan segala penghuni surga. Hal ini ditunjukkan dalam Zefanya 23:11.

Selain itu, ada juga suatu dorongan yang kuat sehingga diadakan peribadahan kepada salah satu ibu dewi dari orang Asyur dan Babel yang merupakan ratu surga. Dorongan kuat tersebut datang dari perkembangan kekuasaan kerajaan Asyur. Ibadah ini sangat terkenal sehingga banyak keluarga Yudea mengikutinya. Setiap anggota keluarga baik ibu, ayah maupun anak mengambil bagian dalam peribadahan tersebut. Hal inilah yang kemudian ditentang oleh Zefanya.

Zefanya melihat bahwa orang Israel membiarkan agama lain masuk dan akhirnya ikut dalam penyembahan tersebut. Hal ini menyebabkan peribadahan kepada YHWH: Yod Heh Wav Heh) ditinggalkan dan kultur dari Palestina tidak diterima. Namun, semua hal itu berubah ketika masa pemerintahan Yosia. Pada masa pemerintahan Yosia, kekuatan Asyur sedang menurun.

Zafanya Pasal 1 (Total ayat 18)

1) Inilah pesan yang diberikan TUHAN kepada Zefanya pada masa pemerintahan Yosia anak Amon, raja Yehuda. Zefanya anak Kusyi. Kusyi anak Gedalya. Gedalya anak Amarya. Amarya anak Hizkia.

2) [Hari Tuhan untuk Menghakimi Manusia] TUHAN berkata, “Aku akan memusnahkan segala sesuatu yang ada di bumi.

3) Aku membinasakan semua manusia dan hewan. Aku membinasakan burung-burung di udara dan ikan di laut. Aku membinasakan orang jahat dan segala sesuatu yang membuat mereka berdosa. Aku menghapus semua manusia dari muka bumi.” Demikian dikatakan TUHAN.

4) “Aku akan menghukum Yehuda dan semua penduduk Yerusalem. Aku akan membuang dari tempat itu tanda-tanda terakhir penyembahan Baal, imam-imam, dan semua orang yang

5) naik ke atap rumah untuk menyembah bintang-bintang. Orang akan melupakan semua imam-imam palsu. Ada orang yang berkata bahwa mereka menyembah TUHAN. Mereka berjanji untuk menyembah Aku, tetapi sekarang mereka menyembah dewa Milkom. Jadi, Aku akan mengusir mereka dari tempat itu.

6) Beberapa dari mereka berpaling dari TUHAN. Mereka berhenti mengikut Aku. Mereka berhenti minta tolong kepada TUHAN. Jadi, Aku akan mengusir mereka dari tempat itu.”

7) Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH sebab hari penghakiman TUHAN untuk manusia sudah dekat. TUHAN telah mempersiapkan persembahan kurban dan telah memberitahukannya kepada para undangan-Nya untuk bersiap-siap.

8) Tuhan berkata, “Pada hari kurban TUHAN, Aku akan menghukum anak-anak raja dan pejabat-pejabat lainnya. Aku akan menghukum semua yang mengenakan pakaian dari negeri-negeri asing.

9) Pada waktu itu Aku menghukum setiap orang yang melompati ambang pintu dan orang-orang yang memenuhi rumah tuannya dengan penipuan dan kekerasan.”

10) TUHAN juga mengatakan, “Pada waktu itu orang akan minta tolong di Pintu Gerbang Ikan di Yerusalem dan menangis di bagian kota yang baru. Mereka akan mendengar bunyi kehancuran bukit-bukit sekitar kota.

11) Kamu penduduk di bagian terendah kota itu akan menangis sebab semua pedagang dan orang kaya akan binasa.

12) Pada waktu itu Aku mengambil lampu dan memeriksa seluruh Yerusalem. Aku akan menemukan orang yang merasa puas dengan jalan hidupnya. Mereka berkata, ‘TUHAN tidak melakukan apa-apa. Ia tidak menolong dan tidak menyiksa.’ Aku akan menemukan mereka dan menghukum mereka.

13) Kemudian orang lain menjarah hartanya dan membinasakan rumah-rumahnya. Orang yang membangun rumah tidak akan menempatinya, dan orang yang menanami kebun anggur tidak akan meminum anggur.”

14) Hari penghakiman TUHAN yang istimewa sudah dekat. Hari itu sudah dekat dan segera datang. Orang akan mendengar suara yang sangat sedih pada hari penghakiman TUHAN yang istimewa itu. Bahkan tentara yang kuat akan menangis.

15) Tuhan akan menunjukkan kemarahan-Nya pada waktu itu. Hari itu adalah hari yang penuh dengan kesusahan dan penderitaan, hari kehancuran, hari kegelapan, dan hari yang mendung, gelap karena awan tebal.

16) Orang akan mendengar bunyi tanduk dan terompet dalam mempertahankan menara-menara dan kota-kota.

17) “Aku akan mendatangkan kesusahan kepada orang. Mereka berjalan seperti orang buta yang tidak tahu pergi ke mana sebab mereka telah berdosa kepada TUHAN. Darah mereka akan tumpah ke tanah dan tubuh mereka berserak seperti kotoran hewan di tanah.

18) Emas dan perak mereka tidak mampu menyelamatkannya. Pada hari itu, TUHAN sangat kecewa dan marah. Tuhan akan membinasakan seluruh dunia. Ia akan membinasakan setiap orang di atas bumi.”

Zefanya Pasal 2 (Total ayat 15)

1) [Allah Meminta supaya Orang Bertobat] Hai kamu yang tidak tahu malu, bertobatlah

2) sebelum kamu menjadi seperti bunga yang layu dan mati. Pada hari panas, bunga akan layu dan mati. Kamu akan seperti itu bila TUHAN menunjukkan marah-Nya yang mengerikan itu. Jadi, bertobatlah sebelum TUHAN menunjukkan kemarahan-Nya terhadap kamu.

3) Datanglah kepada TUHAN, hai orang yang rendah hati, taatilah hukum-Nya. Belajarlah melakukan yang baik, belajarlah rendah hati. Mungkin kamu akan luput pada saat TUHAN menunjukkan marah-Nya.

4) [Tuhan Akan Menghukum Tetangga Israel] Tidak ada yang akan tinggal di Gaza. Askelon akan dibinasakan. Pada tengah hari, orang di Asdod dipaksa keluar dan Ekron akan kosong.

5) Hai kamu orang Kreti, kamu yang tinggal di tepi laut, pesan itu berasal dari TUHAN tentang kamu. Hai Kanaan, tanah Palestina, kamu akan dibinasakan — tidak seorang pun yang tinggal di sana.

6) Tanahmu dekat laut menjadi ladang kosong untuk gembala dan dombanya.

7) Kemudian tanah itu menjadi milik orang yang selamat dari Yehuda. TUHAN Allah mereka akan mengingat orang Yehuda dan mengembalikan kekayaan mereka. Mereka membiarkan kawanan dombanya makan rumput di sana. Pada waktu sore mereka berbaring di rumah-rumah orang Askelon yang kosong.

8) Tuhan berkata, “Aku mengetahui yang telah dilakukan Moab dan Amon. Mereka menghina umat-Ku dan bagaimana mereka mengambil negerinya untuk memperbesar negerinya.

9) Oleh sebab itu, Aku bersumpah, Moab dan orang Amon akan Kubinasakan seperti Sodom dan Gomora. Aku TUHAN Yang Mahakuasa, Allah Israel, dan Aku berjanji negeri mereka akan dibinasakan selamanya. Tanah mereka akan ditumbuhi rumput liar. Tanahnya akan ditutupi oleh garam Laut Mati. Umat-Ku yang selamat akan mengambil tanah itu dan semua barang yang tersisa di dalamnya.”

10) Inilah yang akan terjadi terhadap orang Moab dan Amon karena mereka begitu sombong dan mereka begitu kejam terhadap umat TUHAN Yang Mahakuasa dan mereka merendahkan umat-Ku.

11) Mereka akan takut kepada TUHAN karena Dia akan membinasakan dewa-dewa mereka, lalu semua orang di seluruh negeri yang jauh akan menyembah Tuhan.

12) Kamu orang Etiopia, bahkan hal itu maksudnya adalah kamu. Pedang Tuhan akan membunuh bangsamu.

13) Dan Tuhan akan berpaling ke utara dan menghukum Asyur. Ia akan membinasakan Niniwe, kota itu akan kosong, kering seperti padang gurun.

14) Kemudian hanya kawanan domba dan binatang buas tinggal pada reruntuhan itu. Burung-burung hantu dan burung-burung gagak hinggap pada tiang yang tinggal. Nyanyian mereka terdengar dari jendela-jendela; burung-burung gagak hinggap di tangga-tangga. Burung bangau membuat rumahnya di rumah-rumah kosong.

15) Sekarang Niniwe sangat sombong seperti kota yang bahagia. Orang berpikir bahwa mereka aman. Mereka berpikir Niniwe ialah tempat yang terbesar di dunia, tetapi kota itu akan binasa, menjadi tempat yang sunyi, hanya binatang buas yang beristirahat di sana. Orang yang melewatinya bersiul dan menggeleng-gelengkan kepala ketika mereka melihat betapa buruknya kebinasaan kota itu.

Zefanya Pasal 3 (Total ayat 20)

1) [Masa Depan Yerusalem] Hai Yerusalem, pendudukmu berperang melawan Allah. Pendudukmu menyiksa orang lain, dan kamu telah tercemar oleh dosa.

2) Orang-orangmu tidak mendengarkan Aku. Mereka tidak menerima ajaran-Ku. Yerusalem tidak percaya kepada TUHAN. Yerusalem tidak pergi kepada Allahnya.

3) Para pejabatnya seperti singa yang mengaum. Para hakimnya seperti serigala yang lapar, yang datang pada waktu malam, dan tidak meninggalkan apa-apa di pagi hari.

4) Nabi-nabinya selalu melakukan rencana tersembunyi untuk mendapatkan lebih banyak. Imam-imamnya memperlakukan benda-benda kudus seperti sesuatu yang tidak kudus. Mereka mencemarkan ajaran Allah.

5) Namun, TUHAN selalu ada di kota itu dan Dia terus baik. Ia tidak pernah salah. Ia terus menolong umat-Nya. Pagi lepas pagi Ia menolong orang membuat keputusan yang baik kepada umat-Nya. Ia tidak pernah memberi keputusan yang tidak jujur atau sesuatu yang membuat malu.

6) Tuhan berkata, “Aku telah membinasakan semua bangsa dan menaranya. Aku membinasakan jalan-jalannya sehingga tidak ada orang yang melintas di sana lagi. Kota-kotanya kosong sehingga tidak ada lagi yang mendiaminya.

7) Aku memberitahukan hal itu supaya kamu mempelajarinya. Aku mau supaya kamu takut dan hormat kepada-Ku. Jika kamu melakukannya, rumahmu tidak binasa dan kamu tidak dihukum seperti yang Kurencanakan.” Namun, orang jahat hanya ingin terus melakukan kejahatan yang telah dilakukannya.

8) TUHAN berkata, “Jadi, tunggu sajalah. Tunggu Aku datang dan menghukum kamu. Aku berhak membawa orang dari banyak bangsa dan memakai mereka menghukum kamu. Aku memakai mereka untuk memperlihatkan amarah-Ku kepadamu. Aku memakai mereka untuk menunjukkan betapa kecewanya Aku dan seluruh negeri akan binasa.

9) Kemudian Aku memilih orang dari bangsa lain sehingga mereka dapat berbicara dengan jelas dan berseru kepada TUHAN. Mereka semua bersama-sama menyembah Aku, berdampingan menjadi satu.

10) Orang akan datang dari seberang sungai di Etiopia. Umat-Ku yang telah tercerai-berai akan datang kepada-Ku. Orang yang menyembah Aku datang kepada-Ku dan membawa persembahannya bagi-Ku.

11) Kemudian, hai Yerusalem, engkau tidak akan malu lagi karena segala kejahatan yang dilakukan oleh pendudukmu terhadap Aku, sebab Aku akan menyingkirkan orang-orang jahat dari Yerusalem. Aku mengusir semua orang sombong dan tidak ada lagi di gunung kudus-Ku.

12) Aku membiarkan hanya orang sabar dan rendah hati tinggal di kota-Ku. Mereka mempercayai nama TUHAN.

13) Orang Israel yang tersisa tidak akan melakukan kejahatan. Mereka tidak akan menipu orang dengan dusta. Mereka akan makan dan berbaring seperti domba di dalam damai — dan tidak ada orang yang mengganggunya.”

14) [Nyanyian Sukacita] Hai Yerusalem, bernyanyi dan bergembiralah. Hai Israel, bersorak-sorailah. Hai Yerusalem, bersukacita dan bersenang-senanglah.

15) TUHAN telah menghentikan hukumanmu. Ia telah membinasakan menara musuhmu yang kuat itu. Hai raja Israel, TUHAN bersamamu. Engkau tidak perlu khawatir terhadap hal yang buruk yang akan terjadi.

16) Pada waktu itu orang berkata kepada Yerusalem, “Kuatlah, jangan takut.

17) TUHAN Allahmu ada bersamamu. Ia seperti tentara yang berkuasa. Ia akan menyelamatkan engkau. Ia akan menunjukkan betapa Dia mengasihimu dan betapa senang Dia bersamamu. Ia akan tertawa dan senang terhadap engkau seperti orang berpesta.

18) Aku akan membuang yang memalukan engkau. Aku membuat mereka berhenti menyiksa engkau.

19) Pada waktu itu Aku menghukum orang yang menyiksa engkau. Aku akan menyelamatkan umat-Ku yang tertindas dan mengembalikan orang yang terbuang. Aku akan memberikan pujian dan hormat kepada mereka di mana-mana, bahkan di tempat mereka dipermalukan.

20) Pada waktu itu Aku membawamu pulang. Aku mengumpulkan kamu. Aku akan membuat orang di mana-mana menghormati dan memujimu. Kamu akan melihat Aku mengembalikan kepadamu semua berkat yang pernah kamu miliki.” Demikianlah firman TUHAN.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Pasang iklan gratis di toko pinter
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.