Jenis Tornado (Twister): Tali (Rope Tornado), Kerucut (Cone Tornado), Wedge, Multi-Vortex dan Satelit, Non-Supercell

Jenis Tornado

Tornado adalah salah satu kekuatan alam yang paling merusak dan bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Meskipun setiap tornado itu unik, ada kesamaan yang memungkinkan tornado dikategorikan berdasarkan ukuran, penampilan, dan bagaimana bentuknya. Terlepas dari jenis tornado, setiap tornado bisa berbahaya dengan angin yang merusak yang bisa membahayakan nyawa dan harta benda.

Tornado yang berada di tanah untuk jangka waktu yang lebih lama dapat beralih dari satu jenis ke jenis lainnya saat ia berubah ukuran dan bentuknya sepanjang siklus hidupnya.

1. Tornado Tali (Rope Tornado)

Bentuk angin puting beliung yang paling ramping tetapi berkekuatan lebih besar dari puting beliung biasa dan paling umum adalah jenis tornado tali (rope tornado). Sementara banyak twister berkembang menjadi bentuk yang lebih besar, sebagian besar dimulai dan diakhiri sebagai tornado tali, meskipun beberapa twister singkat mempertahankan penampilan seperti tali selama seluruh siklus hidupnya.

Baca juga 👉 Angin Puting Beliung (Dust Devil) – Penjelasan, Pembentukan Fenomena Alam

2. Kerucut Tornado (Cone Tornado)

Inilah yang digambarkan semua orang saat mendengar kata “tornado”. Mereka lebih lebar di pangkal daripada tornado tali, dan jauh lebih lebar di mana mereka bertemu badai, memberi mereka penampilan berbentuk kerucut.

Karena jejak dan jalur mereka lebih lebar, mereka dapat meninggalkan jejak kehancuran yang lebih besar. Bentuk serupa di mana lebar puting beliung di permukaan tanah dan di dasar badai serupa disebut tornado silinder atau pipa kompor.

3. Wedge Tornado

Lebih lebar dan lebih luas daripada tingginya, tornado baji adalah beberapa tornado terbesar dan termasuk yang paling merusak. Mereka biasanya dinilai di EF-3 atau lebih dan dengan lebar setengah mil atau lebih, dapat meninggalkan jejak kehancuran yang signifikan. Tornado El Reno Mei 2013 di Oklahoma memiliki lebar 4,2 km (2,6 mil) di puncak badai.

4. Tornado Multi-Vortex dan Satelit

Beberapa badai supercell menghasilkan banyak tornado pada waktu yang bersamaan. Multi-vortex menggambarkan tornado yang memiliki dua atau lebih subvorteks yang lebih kecil berputar-putar di sekitar pusatnya. Setiap subvortex dapat menghasilkan daerah terlokalisasi dengan angin yang jauh lebih tinggi daripada sirkulasi induk.

Hal ini dapat menyebabkan pola kerusakan ekstrim di samping kerusakan yang sangat kecil. Subvorteks biasanya tidak terlihat jelas karena kotoran dan puing-puing terbawa ke atas. Dalam kasus yang sangat jarang, tornado satelit dapat terbentuk di dekat tornado yang lebih besar dari badai yang sama. Ini terletak lebih jauh dari tornado utama dan dapat dibedakan dengan jelas. Mereka akan mengorbit tornado utama dan akhirnya menghilang atau bergabung.

5. Tornado Non-Supercell

Ini adalah sirkulasi yang tidak berasal dari rotasi badai yang terorganisir, melainkan berkembang dari bidang udara berputar vertikal yang terjadi di dekat tanah. Udara dingin yang turun dari Rockies ke udara kering dataran, misalnya, dapat memicu tornado non-supercell kecil di Colorado timur.

Landspouts dan waterspouts — corong kondensasi sempit yang terbentuk dari gerakan berputar yang berasal dari dekat permukaan sebelum mengembangkan awan petir di atas telah menciptakan updraft yang berputar — juga merupakan tornado non-supercell. Gustnado adalah contoh lain. Tornado non-supercell biasanya lebih lemah daripada tornado yang terbentuk dari badai petir supercell.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Air Worldwide, Accu Weather, NOAA National Severe Storms Laboratory,

By | 2020-10-24T23:11:26+07:00 Oktober 24th, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment