Argon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ar dan nomor atom 18

4 min read

Spektrum = tabung pelepasan gas: gas mulia: argon Ar. Digunakan dengan 1,8kV, 18mA, 35kHz. ≈8 "panjangnya.

Argon

Argon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ar dan nomor atom 18. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!

Untuk apa Argon digunakan?

Argon sering digunakan saat dibutuhkan atmosfer yang tidak dapat beraksi. Ini digunakan dengan cara ini untuk produksi titanium dan elemen reaktif lainnya. Ini juga digunakan oleh tukang las untuk melindungi area pengelasan dan dalam bola lampu pijar untuk menghentikan oksigen dari korosi pada filamen.

Argon adalah salah satu gas Mulia. Ini adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang tidak bereaksi terhadap zat lain. Argon mendapatkan namanya dari kata Yunani untuk ‘malas’, yang mencerminkan betapa tidak reaktifnya hal itu, dan membentuk senyawa yang sangat sedikit.

Gas ini adalah unsur kimia dengan simbol Ar dan nomor atom 18, dan merupakan gas paling melimpah ketiga di atmosfer (dan paling melimpah di kerak bumi). Hampir semua argon yang ditemukan di atmosfer adalah argon-40 radiogenik dan, di luar angkasa, isotop argon yang paling umum adalah argon-36.

Paling umum, argon adalah salah satu elemen yang digunakan dalam industri pengelasan karena memberikan atmosfer inert di mana logam yang dilas tidak akan teroksidasi. Namun, gas argon dapat digunakan di berbagai industri untuk sejumlah aplikasi.

Industri Perawatan Kesehatan

Tahukah Anda bahwa argon digunakan secara luas dalam industri perawatan kesehatan? Laser argon digunakan dalam pengobatan ablasi retina dan fototerapi retina bagi mereka yang menderita diabetes; mereka juga digunakan dalam operasi untuk mengelas arteri dan menghancurkan tumor. Aplikasi untuk sistem laser argon terutama di bidang medis, karena mampu menargetkan area dengan presisi yang ekstrim.

Cryo-needles digunakan dalam pengobatan tumor ginjal, dan sebagai bagian dari prosedur, mereka didinginkan selama cryosurgery argon. Ini berarti jaringan yang sakit atau abnormal dihancurkan atau dihilangkan dengan pembekuan. Argon juga digunakan untuk mengobati masalah lebih lanjut, seperti aritmia jantung; perubahan ritme detak jantung.

Penggunaan dalam Pencahayaan

Argon digunakan dalam tabung neon dalam penerangan. Ketika listrik melewati argon, maka akan menghasilkan cahaya ungu-biru. Saat mengisi daya, ia mulai memancarkan cahaya pada tegangan yang jauh lebih rendah. Karena ini menghemat uang, dengan cepat mulai menjadi bahan bakar pilihan untuk tujuan ini.

Ini serupa dengan pencahayaan florescent juga. Argon digunakan dalam bola lampu pijar untuk mencegah oksidasi cepat pada filamen. Ini memperpanjang umur bohlam.

Industri Makanan dan Minuman

Karena kelembamannya, argon dapat ditemukan dalam industri makanan dan minuman. Di dalam minuman, argon ditambahkan ke tong anggur untuk menggantikan udara. Karena lebih padat dari udara, ia mengendap di atas cairan yang melindungi anggur dari asam dan oksidasi. Ini juga sama untuk anggur terbuka dan botol cair di bar dan restoran.

Industri manufaktur

Argon digunakan secara populer dalam industri pengelasan dan pengecoran, terutama dalam pembuatan paduan khusus dan pembuatan titanium. Ini juga digunakan sebagai gas pelindung selama pengelasan busur, karena melindungi logam yang sedang dikerjakan dari oksigen. TIG, yang merupakan singkatan dari ‘tungsten inert gas’, menggunakan campuran argon atau argon murni.

Dalam pembuatan baja dalam konverter, argon mengurangi kehilangan kromium, yang berarti kandungan karbon yang diinginkan dapat dipenuhi pada suhu yang lebih rendah dan lebih rendah. Dalam pembuatan aluminium, argon juga digunakan sebagai penghilangan dan degasifikasi hidrogen.

Pengawetan Dokumen

Salah satu penggunaan gas argon yang paling menarik adalah pengawetan dokumentasi lama. Sifat inert dari gas argon berarti dapat memberikan atmosfer pelindung. Ini mencegah degradasi dan kerusakannya selama penyimpanan dan tampilan.

Perlengkapan Rumah

Anda mungkin tidak pernah mengira gas ini seperti itu, tetapi argon sangat berguna di sekitar rumah juga! Ini digunakan untuk isolasi termal di jendela hemat energi – lebih khusus lagi, jendela kaca ganda yang sangat umum di Inggris menggunakan argon untuk mengisi ruang di antara panel.

Jika Anda ingin memeriksa apakah jendela Anda berisi gas ini, cari dua lubang kecil di sepanjang bahan spacer. Lubang-lubang ini diperlukan dalam produksi – satu untuk memompa argon, yang lain untuk memungkinkan udara didorong keluar saat gas masuk.

Selam scuba

Gas mulia ini dapat digunakan sebagai insulasi pakaian kering untuk penyelaman air dingin. Ini karena argon bersifat inert dan memiliki konduktivitas termal yang rendah. Ini juga dapat digunakan dalam bentuk argox, yang merupakan nama informal yang diberikan untuk gas pernapasan scuba diving yang terbuat dari argon dan oksigen. Namun aplikasi ini terbilang langka.

Penggunaan medis

Cryosurgery (prosedur bedah kryo) seperti kryoblasi menggunakan argon cair untuk menghancurkan jaringan seperti sel kanker. Dalam pembedahan, ini digunakan dalam prosedur yang disebut “koagulasi dengan argon” (bahasa Inggris: argon enhanced coagulation) yang merupakan suatu bentuk bedah elektron gelombang plasma argon. Prosedur ini mengandung risiko munculnya embolisme pada pasien dan dapat mengakibatkan kematian.

Laser argon biru digunakan dalam pembedahan untuk melakukan pengelasan arteri, menghancurkan tumor, dan memperbaiki kecacatan mata.

Argon juga telah digunakan secara eksperimental untuk menggantikan nitrogen pada pernapasan atau dekomposisi campuran yang dikenal sebagai Argoks, untuk mempercepat eliminasi nitrogen terlarut dalam darah.

Penerangan

Lampu pijar yang diisi dengan argon, untuk mengawetkan filamen dari oksidasi pada temperatur tinggi. Hal ini digunakan untuk cara tertentu mengionisasi dan memancarkan cahaya, seperti dalam lampu plasma dan kalorimetri pada percobaan fisika partikel.

Lampu pelepasan gas yang diisi dengan argon murni menghasilkan cahaya berwarna lilac/ungu, diisi dengan argon dan raksa menghasilkan cahaya biru. Argon juga digunakan untuk menciptakan cahaya laser biru dan hijau.

Spektrum = tabung pelepasan gas: gas mulia: argon Ar. Digunakan dengan 1,8kV, 18mA, 35kHz. ≈8 "panjangnya.
Spektrum = tabung pelepasan gas: gas mulia: argon Ar. Digunakan dengan 1,8kV, 18mA, 35kHz. ≈8 “panjangnya. Sumber foto: Wikimedia Commons

Penggunaan Umum Gas Argon Lainnya

Argon memiliki aplikasi yang sangat luas sehingga tidak mungkin untuk menyebutkan semuanya. Daftar berikut mencakup lebih banyak kegunaan untuk gas mulia ini, meskipun tidak lengkap:

  • Argon dapat digunakan sebagai gas pembawa dalam sinematografi
    Ini menawarkan atmosfer selimut untuk menumbuhkan kristal (dan dalam budidaya anggur, misalnya).
  • Gas mulia ini juga dapat ditemukan pada cryosurgery, refrigerasi, pemadam kebakaran, spektroskopi, dan pemompaan airbag.
    Dalam bentuk cairnya, argon sering digunakan sebagai target eksperimen neutrino dan pencarian langsung materi gelap.
  • Argon juga digunakan dalam lampu fluorescent glow.
  • Laser ion argon digunakan dalam aplikasi yang mencakup kedokteran forensik, pencetakan berkecepatan tinggi, holografi, pertunjukan laser dalam hiburan dan mikroskop.
  • Gas inert lainnya dapat memenuhi beberapa fungsi argon – namun, argon sangat menarik karena hemat biaya dan berlimpahnya. Gas ini membentuk hampir 1% atmosfer dan dapat diperoleh melalui produksi oksigen cair dan nitrogen cair.

Tekanan uap Argon

P (Pa)1101001 k10 k100 k
at T (K)4753617187

Isotop argon terstabil

Iso­topKelim­pahanWaktu paruh (t1/2)Moda peluruhanPro­duk
36Ar0.334%36Ar stabil dengan 18 neutron
37Arsyn35 dε37Cl
38Ar0.063%38Ar stabil dengan 20 neutron
39Arrenik269 yβ39K
40Ar99.604%40Ar stabil dengan 22 neutron
41Arsyn109.34 minβ41K
42Arsyn32.9 yβ42K

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Pasang iklan gratis di toko pinter
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Royal Society of Chemistry

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing