Magnesium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mg dan nomor atom 12

5 min read

Magnesium

Magnesium

Magnesium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mg dan nomor atom 12. Ia berupa padatan abu-abu mengkilap yang memiliki kemiripan fisik dengan lima unsur lainnya pada kolom kedua (golongan 2, atau logam alkali tanah) tabel periodik: semua unsur golongan 2 memiliki konfigurasi elektron yang sama pada kelopak elektron terluar dan struktur kristal yang serupa.

Fisik Magnesium

Magnesium merupakan logam berwarna putih keperakan dan sangat ringan.

Magnesium dikenal untuk waktu lama sebagai logam ringan struktural dalam industri, karena bobotnya yang ringan serta kemampuannya membentuk paduan logam kuat.

Kegunaan Magnesium Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Senyawa magnesium digunakan sebagai bahan tahan api dalam tungku peleburan untuk memproduksi logam (besi dan baja), kaca dan semen.

Kegunaan lain magnesium meliputi untuk membuang sulfur dari besi dan baja, membuat pelat photoengraved dalam industri percetakan, agen reduktor untuk produksi uranium murni dan logam lainnya dari garamnya, serta piroteknik.

Logam magnesium juga digunakan dalam komponen elektronik. Cahaya dan sifat listrik yang baik membuat elemen baik untuk digunakan dalam kamera, ponsel, komputer laptop, dan komponen elektronik genggam lainnya.

Senyawa Magnesium

Magnesium membentuk berbagai senyawa yang penting untuk industri dan biologi, termasuk magnesium karbonat, magnesium klorida, magnesium sitrat, magnesium hidroksida (susu magnesia) magnesium oksida, magnesium sulfat dan magnesium sulfat heptahidrat) (garam Epsom).

Kegunaan, Manfaat Magnesium, Mg, Senyawa, Unsur Kimia – Magnesium digunakan terutama untuk membuat Aliase Magnesium + Aluminium yang dikenal dengan Magnalium. Paduan logam ini kuat dan ringan serta tahan korosi sehingga digunakan untuk membuat komponen pesawat terbang. Magnesium juga digunakan sebagai reduktor dan kembang api.
Senyawa magnesium yang penting antara lain adalah:
  • Mg(OH)2 untuk antasida (obat maag)
  • MgSO4.7H2O (garam inggris untuk zat pencahar)

Kation Mg2+ adalah kation kedua yang paling melimpah di air laut (sekitar ⅛ massa ion natrium dalam sampel tertentu), yang menjadikan air laut dan garam laut sumber komersial Mg yang menarik. Untuk mengekstraksi magnesium, kalsium hidroksida ditambahkan ke air laut untuk membentuk endapan magnesium hidroksida.

{\displaystyle {\ce {{MgCl2}+{Ca(OH)2}->{Mg(OH)2}+{CaCl2}}}}

Magnesium hidroksida tidak larut dalam air dan dapat disaring serta direaksikan dengan asam klorida untuk menghasilkan magnesium klorida pekat.

{\displaystyle {\ce {{Mg(OH)2}+{2HCl}->{MgCl2}+{2H2O}}}}
Magnesium
Bongkahan Magnesium 12Mg.

Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan

Magnesium adalah salah satu dari tujuh makrominerals esensial. Makrominerals ini adalah mineral yang perlu dikonsumsi orang dalam jumlah yang relatif besar – setidaknya 100 miligram (mg) per hari. Microminerals, seperti besi dan seng, sama pentingnya, meskipun orang membutuhkannya dalam jumlah yang lebih kecil.

Magnesium sangat penting untuk banyak fungsi tubuh. Mendapatkan cukup mineral ini dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit kronis, termasuk penyakit Alzheimer, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan migrain.

Bagian berikut membahas fungsi magnesium dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap kesehatan seseorang.

Baca juga: Rekomendasi Asupan Magnesium Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin

1. Kesehatan tulang

Meskipun sebagian besar penelitian berfokus pada peran kalsium dalam kesehatan tulang, magnesium juga penting untuk pembentukan tulang yang sehat.

Penelitian dari 2013 telah mengaitkan asupan magnesium yang cukup dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi, pembentukan kristal tulang yang lebih baik, dan risiko osteoporosis yang lebih rendah pada wanita setelah menopause.

Magnesium dapat meningkatkan kesehatan tulang baik secara langsung maupun tidak langsung, karena membantu mengatur kadar kalsium dan vitamin D, yang merupakan dua nutrisi penting lainnya untuk kesehatan tulang.

2. Diabetes

Penelitian telah mengaitkan diet magnesium tinggi dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Ini mungkin karena magnesium memainkan peran penting dalam kontrol glukosa dan metabolisme insulin.

Sebuah tinjauan 2015 di World Journal of Diabetes melaporkan bahwa sebagian besar, tetapi tidak semua, penderita diabetes memiliki magnesium rendah dan magnesium mungkin berperan dalam manajemen diabetes.

Kekurangan magnesium dapat memperburuk resistensi insulin, yang merupakan kondisi yang sering berkembang sebelum diabetes tipe 2. Di sisi lain, resistensi insulin dapat menyebabkan kadar magnesium rendah.

Dalam banyak penelitian, para peneliti telah mengaitkan diet magnesium tinggi dengan diabetes. Selain itu, tinjauan sistematis dari tahun 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan kadar magnesium rendah.

Namun, peneliti perlu mengumpulkan lebih banyak bukti sebelum dokter dapat secara rutin menggunakan magnesium untuk mengontrol glikemik pada penderita diabetes.

3. Kesehatan kardiovaskular

Tubuh membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan otot, termasuk jantung. Penelitian telah menemukan bahwa magnesium berperan penting dalam kesehatan jantung.

Sebuah tinjauan tahun 2018 melaporkan bahwa kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kardiovaskular. Ini sebagian karena perannya pada tingkat seluler. Para penulis mengamati bahwa kekurangan magnesium sering terjadi pada orang dengan gagal jantung kongestif dan dapat memperburuk hasil klinis mereka.

Orang yang menerima magnesium segera setelah serangan jantung memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Dokter terkadang menggunakan magnesium selama pengobatan gagal jantung kongestif  untuk mengurangi risiko aritmia, atau irama jantung yang tidak normal.

Menurut meta-analisis 2019, peningkatan asupan magnesium dapat menurunkan risiko seseorang terkena stroke. Mereka melaporkan bahwa untuk setiap peningkatan magnesium 100 mg per hari, risiko stroke berkurang 2%.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa magnesium berperan dalam hipertensi. Namun, menurut Office of Dietary Supplements (ODS), berdasarkan penelitian saat ini, mengonsumsi suplemen magnesium menurunkan tekanan darah “hanya sebagian kecil”.

ODS menyerukan penyelidikan yang “besar dan dirancang dengan baik” untuk memahami peran magnesium dalam kesehatan jantung dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Penyakit Jantung

4. Sakit kepala migrain

Terapi magnesium dapat membantu mencegah atau meredakan sakit kepala. Ini karena kekurangan magnesium dapat memengaruhi neurotransmiter dan membatasi penyempitan pembuluh darah, yang merupakan faktor yang dikaitkan dokter dengan migrain.

Orang yang mengalami migrain mungkin memiliki kadar magnesium yang lebih rendah dalam darah dan jaringan tubuhnya dibandingkan dengan orang lain. Kadar magnesium di otak seseorang mungkin rendah selama migrain.

Tinjauan sistematis dari tahun 2017 menyatakan bahwa terapi magnesium mungkin berguna untuk mencegah migrain. Para penulis menyarankan bahwa mengonsumsi 600 mg magnesium sitrat tampaknya merupakan strategi pencegahan yang aman dan efektif.

The American Migraine Foundation melaporkan bahwa orang sering menggunakan dosis 400-500 mg per hari untuk pencegahan migrain.

Jumlah yang mungkin mempengaruhi cenderung tinggi, dan orang hanya boleh menggunakan terapi ini di bawah bimbingan dokter mereka.

Baca lebih lanjut tentang magnesium untuk migrain.

5. Sindrom pramenstruasi (tanda-tanda yang muncul sebelum masa bulanan wanita)

Magnesium juga dapat berperan dalam sindrom pramenstruasi (PMS).

Studi skala kecil, termasuk artikel tahun 2012, menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium bersama dengan vitamin B-6 dapat memperbaiki gejala PMS. Namun, ulasan 2019 yang lebih baru melaporkan bahwa penelitiannya beragam, dan diperlukan studi lebih lanjut.

American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium dapat membantu mengurangi kembung, gejala suasana hati, dan nyeri payudara pada PMS.

Baca juga ? Nyeri Haid | Kram Menstruasi | Penyebab dan Pengobatan (Dismenore)

6. Kecemasan

Kadar magnesium dapat berperan dalam gangguan mood, termasuk depresi dan kecemasan.

Menurut tinjauan sistematis dari 2017, kadar magnesium yang rendah mungkin terkait dengan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Hal ini sebagian disebabkan oleh aktivitas dalam sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang merupakan sekumpulan tiga kelenjar yang mengontrol reaksi seseorang terhadap stres.

Namun, tinjauan tersebut menunjukkan bahwa kualitas bukti buruk, dan bahwa peneliti perlu melakukan penelitian berkualitas tinggi untuk mengetahui seberapa baik suplemen magnesium dapat bekerja untuk mengurangi kecemasan.

Sejarah Magnesium

Nama magnesium berasal dari kata Yunani untuk sebuah distrik di Thessaly yang disebut Magnesia. Ini terkait dengan magnetit dan mangan, yang juga berasal dari daerah ini, dan membutuhkan diferensiasi sebagai zat terpisah.

Pada tahun 1618, seorang petani di Epsom di Inggris berusaha memberikan air dari sumur di sana. Sapi-sapi tersebut menolak untuk minum karena rasanya pahit, namun petani tersebut menyadari bahwa air tersebut tampaknya dapat menyembuhkan goresan dan ruam. Zat ini menjadi dikenal sebagai garam Epsom dan ketenarannya menyebar. Garam tersebut akhirnya dikenal sebagai magnesium sulfat terhidrasi, MgSO4·7H2O.

Logam itu sendiri pertama kali diisolasi oleh Sir Humphry Davy di Inggris pada tahun 1808. Dia menggunakan elektrolisis pada campuran magnesia dan merkuri oksida. Antoine Bussy membuatnya dalam bentuk yang koheren pada tahun 1831. Nama yang diusulkan pertama kali oleh Davy adalah magnium, namun nama yang digunakan sekarang adalah magnesium.

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Medical News Today, WikipediaLenntechNational Center for Biotechnology InformationU.S. National Library of Medicine

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.