Astatin adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang At dan nomor atom 85

3 min read

Astatin kimia

Astatin

Astatin adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang At dan nomor atom 85.

Astatin-211 terkadang digunakan sebagai pelacak radioaktif dan pengobatan kanker. Seperti yodium, ia diketahui menumpuk di kelenjar tiroid.

Baca juga ? Jenis Kanker – Penjelasan Semua Tipe Kanker dan Namanya

Astatin adalah salah satu elemen paling langka di Bumi; hanya sekitar 25 gram terjadi secara alami di planet ini pada waktu tertentu. Keberadaannya diramalkan pada tahun 1800-an, tetapi akhirnya ditemukan sekitar 70 tahun kemudian. Puluhan tahun setelah penemuannya, sangat sedikit yang diketahui tentang astatin. Memang, fisikawan menyimpulkan banyak sifatnya – seperti sifat radioaktif, konduksi dan warnanya – berdasarkan anggota kelompok halogen lainnya.

Kegunaan Astatin

Astatin terlalu jarang untuk digunakan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan penggunaan medis. Astatin mirip dengan unsur-unsur di atasnya dalam golongan 17 (VIIA) dari tabel periodik, terutama yodium. Salah satu sifat yodium adalah cenderung terkumpul di kelenjar tiroid.

Tiroid adalah kelenjar di pangkal leher yang mengontrol banyak fungsi tubuh. Beberapa peneliti berpendapat bahwa astatin akan berperilaku seperti yodium. Jika demikian, ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit tiroid tertentu, seperti kanker tiroid. Saat tertelan, astatin akan masuk ke tiroid. Di sana, radiasi yang dipancarkannya akan membunuh sel kanker di kelenjar. Tidak lebih dari sepersejuta gram astatin pernah diproduksi di laboratorium.

Baca juga ? Kanker Tiroid – Tanda Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Tekanan uap

P (Pa)1101001 k10 k100 k
at T (K)361392429475531607

Isotop Astatin

Isotop astatin terstabil

Iso­topKelim­pahanWaktu paruh (t1/2)Moda peluruhanPro­duk
209Atsyn5.41 jamβ+209Po
α205Bi
210Atsyn8.1 hβ+210Po
α206Bi
211Atsyn7.21 hε211Po
α

SEMUA dua puluh isotop astatin bersifat radioaktif. Itu berarti mereka terurai secara spontan dan diubah menjadi elemen lain. Isotop adalah dua atau lebih bentuk suatu unsur. Isotop berbeda satu sama lain menurut nomor massanya.

Nomor yang tertulis di sebelah kanan nama elemen adalah nomor massa. Nomor massa mewakili jumlah proton ditambah neutron dalam inti atom suatu unsur. Jumlah proton menentukan unsur, tetapi jumlah neutron dalam atom salah satu unsur dapat bervariasi. Setiap variasi adalah isotop.

Isotop dengan waktu paruh terpanjang adalah astatin-209, astatin-210, dan astatin-211. Angka-angka setelah nama-nama di sini adalah berat atom isotop.

Isotop ini memiliki waktu paruh 5,5 hingga 8,3 jam. Waktu paruh isotop radioaktif adalah waktu yang dibutuhkan untuk setengah dari sampel elemen untuk terurai. Dalam 5,5 jam, hanya setengah dari sampel astatin-209 akan tetap menjadi astatin-209. 5,5 jam kemudian, hanya 25% yang tersisa.

Sifat atom
Bilangan oksidasi-1+1, +3, +5, +7
ElektronegativitasSkala Pauling: 2.2
Jari-jari kovalen150 pm
Jari-jari van der Waals202 pm
Astatin kimia
Struktur astatin monoiodida, salah satu interhalogen astatin dan interhalogen diatomik terberat yang diketahui. Sumber foto: Wikimedia Commons

Produksi dan Penggunaan Astatin

Satu-satunya cara praktis untuk memperoleh astatin adalah dengan mensintesisnya melalui reaksi nuklir. Astatin biasanya dibuat menurut persamaan umum: 209BI (α,xn)^(213-x)At

yang menunjukkan bahwa bismut-209 mengambil satu partikel alfa dan memancarkan x neutron untuk membentuk isotop astatin, yang berat atomnya bergantung pada jumlah neutron yang hilang. Bismut metalik dapat digunakan sebagai bahan target.

Dari sini, astatin dapat dengan mudah dihilangkan dengan distilasi di udara dari tabung baja tahan karat. Elemen bebas mulai distilasi pada 271 °C (520 °F, atau titik leleh bismut), tetapi operasi paling baik dilakukan pada 800 °C (1.500 °F) dengan redistilasi berikutnya.

Jika diinginkan larutan astatin berair, elemen dapat dipisahkan dengan mencuci dengan larutan berair yang sesuai. Sebagai alternatif, halogen dapat dihilangkan dari target dengan metode kimiawi, seperti melarutkan dalam asam nitrat, dengan yang terakhir dihilangkan dengan mendidihkan.

Prosedur lain melibatkan penggunaan target thorium logam, yang — setelah dibombardir — dilarutkan dalam asam klorida pekat yang mengandung hidrogen fluorida dan klorin.

Keberadaan di alam

Astatin muncul di kerak bumi ketika unsur radioaktif uranium dan thorium meluruh. Itu dapat dibuat secara artifisial hanya dengan susah payah. Diperkirakan, tidak lebih dari sepersejuta gram astatin pernah diproduksi di laboratorium.

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Pasang iklan gratis di toko pinter
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: ChemiCoolRoyal Society of Chemistry

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing